Berpetualang di Gua Seplawan Purworejo


Pemandangan jalan masuk goa seplawan purworejo

Inilah salah satu wisata yang berada di daerah Purworejo. Goa Seplawan ini terletak di desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing purworejo. Sekitar 30 menit dari kota Purworejo yang ditempuh dengan jalananan yang berliku-liku. Goa Seplawan ini berada di kaki pegunungan sehingga udara di sini terasa sejuk. 

Jika anda sudah  masuk ke Goa seplawan anda akan menikmati pemandangan luar biasa untuk masuk ke dalam goa seplawan. Dengan jalur anak tangga anda seolah-olah masuk ke dalam perut bumi. Goa plawan ini panjangnya sekitar 700 meter ke dalam namun jalannya tidak tembus sehingga ketika sudah sampai ujung kita harus kembali ke jalan tadi. Namun untuk masuk ke dalam goa butuh perjuangan yang panjang. Kondisi dalam goa yang masih ada air tanah yang mengalir serta jalan sempit yang tertutup dengan stalagtit goa menjadikan petualangan seru. Jika anda masuk ke goa ini sebaiknya membawa sandal yang tidak membuat licin karena medannya disini terasa licin. Namun petualangan itu terbayar dengan pemandangan di dalam goa yang begitu indah.

Pemandangan jalan pintu masuk goa seplawan purworejo

Pemandangan jalan pintu masuk goa seplawan purworejo

Pemandangan jalan masuk goa seplawan purworejo

Pemandangan jalan masuk goa seplawan purworejo

Di dalam goa kita bisa menikmati lukisan lukisan goa. Beberapa didalamnya kita bisa menikmati pembentukan goa seperti stalagtit, stalagmit, stone flow. Jalurnya sudah terang karena sudah ada lampu lampu penerang sehingga kita tidak perlu membawa senter penerangan. Selain itu ada anak kecil pemandu yang mau mengantarkan saya pas mengunjungi goa seplawan ini.

petualangan ke gua seplawan

petualangan ke gua seplawan

Goa ini dulu begitu terkenal ketika ditemukan patung emas dewa Syiwa seberat 1,5 KG di dalam goa tersebut pada tahun 1979. Bentuk patung dewa Syiwa tersebut dibuat patungnya di dekat pintu masuk goa seplawan. Sekarang patung emas itu berada di Monumen Nasional di Jakarta. Seketika itu juga goa Seplawan itu langsung dijadikan obyek wisata oleh pemerintah kota Purworejo.

bentuk patung emas yang ditemukan di goa seplawan purworejo

bentuk patung emas yang ditemukan di goa seplawan purworejo

Selain itu disekitar goa juga ditemukan lingga dan yona seperti halnya di candi candi hindu lainnya di Jawa. Karena dulunya goa ini adalah bekas untuk tempat bertapa. Sebenarnya sampai sekarang pun masih. Menurut keterangan bapak penjaga kamar mandi dan musholla di daerah goa ini.

Begitu kita keluar goa kita bisa menikmati pemandangan yang indah di luar goa. kita bisa menikmati pemandangan tumbuh-tumbuhan dan karang batuan hasil penciptaan alam yang indah. Selain itu jika kita tidak puas menikmati goa yang ada. kita bisa naik ke atas ke gardu pandang goa seplawan untuk melihat pemandangan dari puncak bukit. jaraknya tidak terlalu jauh. Jika cuaca cerah kita bisa melihat kota jogya, laut, gunung merapi dan merbabu dari puncak menara pandang ini. Indah bukan.

Pemandangan dari gardu pandang Goa Seplawan daerah purworejo

Pemandangan dari gardu pandang Goa Seplawan daerah purworejo

tiket masuk goa ini tergolong murah. kita cukup membayar 3ribu rupiah untuk menikmati goa ini. Namun yang susah adalah akses menuju goa ini karena tidak adanya transport umum ke goa ini. Saya bersama teman teman terpaksa menyewa angkot dari pasar kota untuk membawa saya pulang pergi ke goa ini sampai sore.

Selain itu jika kita ke goa seplawan kita bisa melihat rumah penginapan yang terbuat dari jati namun tidak terawat dan tidak terpakai lagi. sangat disayangkan. Sebenarnya bentuk rumahnya bagus. dari kayu jati dan beratapkan jerami. Namun tempatnya tidak terawat. Lantai sudah jebol dan tidak dipakai sama sekali.

Rumah penginapan di Gua Seplawan Purworejo

Rumah penginapan di Gua Seplawan Purworejo

Selama perjalanan ke goa ini. dari arah kiri kanan jalan banyak ditemukan pohon durian. Jika bertepatan dengan panen durian maka kita bisa mendapatkan durian yang murah disini.

Terima kasih teman saya @aritsantoso yang sudah mengantarkan saya dan teman-teman dari solo untuk menikmati wisata purworejo. dan terimakasih atas tumpangan menginapnya.

Lokasi Peta gua Seplawan Purworejo

Foto Foto seluruhnya:

About these ads

26 thoughts on “Berpetualang di Gua Seplawan Purworejo

  1. Pingback: Ranu Pani : Telaga sumber air di kaki gunung Semeru | @Aguswibisono

  2. betul mz sya jga org seplawan ,
    pemandangan di sana menang indah dan jgn lupa untuk berkunjung lagi ya..!

    Salam arwani

  3. siapa kah yg menemukan patung emas dewa shiwa ?? siapa yg menemukan pertama kali goa tsb ?? tolong sejarah penemu nya jgn di lupakan . tanpa sejarah kita takkan ada

  4. Pingback: Berita Lain - Lain - Menjelajahi Gua Seplawan, Purworejo | RemBlong | News Portal

    • ada dua jalur masuk gua seplawan. kalo yang kiri buat jalur umum. ada lampunya. tapi kalo jalur kanan, buat jalur para petapa. Gak ada lampunya. bawa lampu sendiri. mungkin yang suka tantangan bisa lewat sana. :D

  5. suka bgt jln2 ke goa seplawan.ciptaan Allah yg sgt luar biasa.kpn2 kalo plg ke purworejo pengen lg jln2 ke seplawan….:)

  6. Ini juga kunjungan pertama saya ke purworejo. Sayang sekali cuma sehari saja. jadi tidak bisa melihat bedug terbesar di alun-alun, Industri kambing etawa. dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s