Berburu buah Durian



Durian durian di daerah karanganyar dan sragen

Durian durian di daerah karanganyar dan sragen

Buah Durian merupakan buah yang rasa dan baunya begitu tajam dan menyengat. Bagi kebanyakan orang ada yang begitu suka dengan buah ini. Namun banyak pula yang tidak suka sekali dengan bau dan rasa Durian yang ada.

Buah Durian merupakan buah tumbuhan tropis yang ada di Asia Tenggara. Kebanyakan orang di Asian Tenggara termasuk Indonesia pasti mengenal buah ini. Teman saya dari Thailand juga begitu suka dengan buah ini. Buah Durian berduri  tebal dan tajam. Namun daging buah yang ada didalamnya begitu nikmat. Bagi turis mancanegara, Durian dianggap sebagai buah yang begitu menjijikkan.Termasuk teman-teman mahasiswa asing di UNS juga  bilang begitu. Pernah di salah satu acara fear factor Amerika, salah satu tantangannya adalah memakan buah Durian. Pasti kalo saya ikut saya langsung jadi pemenangnya.😛

Bulan desember sampai bulan februari merupakan bulan berbuahnya buah Durian. Di daerah saya Solo. daerah penghasil Durian berada di Karanganyar dan sebagian Sragen. Biasanya pada bulan panen, durian ini dijual dengan harga murah. Minggu kemarin saya juga merasakan nikmat buah durian ini di daerah Purworejo. Durian durian di sana dijual dengan harga kisaran Rp 5 ribu hingga Rp 25 Ribu. Murah sekali bukan.

durian ini di ambil di pasar durian purworejo

durian ini di ambil di pasar durian purworejo

Bagi yang suka durian ada cara memilih dan mengetahui bentuk durian yang bagus untuk dimakan yaitu dengan

  1. Cium dulu Duriannya. Kalo masak biasanya baunya terasa harum Durian.
  2. Lihat bagian bawah Durian. Pastikan belum terbuka atau tersobek.  Kalo sudah terbuka biasanya sudah busuk atau kadaluwarsa.
  3. Untuk mengetahui tebalnya daging buah, Coba lihat tangkainya. Jika tangkainya tebal dan pendek berarti daging buahnya juga terasa tebal. Begitu juga sebaliknya.

Cara membuka durian dengan pisau atau arit yang dengan melihat bagian samping durian yang menonjol. kemudian lihatlah bagian duri yang saling berhimpitan. Biasanya ruas-ruas antar bilik biji durian berada di situ. dipotong kemudian dibuka dengan tangan.

Cara menghindari Bau Durian

Biasanya setelah kita makan mulut dan tangan kita akan bau durian. Hal ini akan membuat kita dan orang lain akan terasa terganggu dengan bau durian yang ada pada kita. Ada cara menghilangkan bau durian tersebut. Cara untuk menghilangkan tangan yang bau durian yaitu dengan menggunakan kulit penutup durian tersebut. Taruh air buat cuci tangan di kulit durian yang berwarna putih (bagian yang dalam) kemudian kita cuci tangan di situ. Untuk bau mulut yang bau durian dengan cara taruh juga air buat kumur di kulit durian tersebut yang bagian dalam kemudian kita berkumur di situ.

Selamat menikmati durian.


32 thoughts on “Berburu buah Durian

  1. Ping-balik: GOA SEPELAWAN INDAH – rekreasi01

  2. Ping-balik: Berpetualang di Gua Seplawan Purworejo | Agus Wibisono

  3. Ping-balik: 1ndonesia – 1 Million Red White Photo Thumbnail Project « Hidup Itu Harus Dinikmati…

  4. Subhanallah… ternyata untuk menanggulangi persoalan bau yang dihasilkan buah durian solusinya ada di buah durian itu sendiri. Gak jauh-jauh dari daging buahnya!😀

  5. duren?
    *doyan banget >.<
    tapi kl ditawari makanan khas bengkulu yang terbuat dari duren, sy mlh ga doyan +.+ ..

    di cirebon jg ada pohonnya =D .. (kebunnya kakek).

  6. buah yg satu ini emang aromanya sangat menyengat, banyak yg jual di pinggir jalan neh buah, klo lewat bawaanya mo berhenti bentar seksdar nyium aromanya,, hehehe… segitunya🙄😀

    • kalo lagi pas musimnya banyak yang jualan di pinggir jalan.. tapi kalo pas gak musim. mau cari durian saja susah dan mahal.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s