Cave Tubing di Kali Suci Gunung Kidul : Menyusuri gua dan sungai dengan menggunakan pelampung ban


pintu keluar goa kalisuci

pintu keluar goa kalisuci

Gunung Kidul Daerah Jogjakarta memang memiliki keindahan ekologi. Pegunungan Karts atau pegunungan Kapur memang membuat daerah Gunung Kidul terkenal dengan pantai yang indah serta memiliki gua-gua yang ada. Salah satu gua yang ada di Gunung Kidul bisa dikunjungi untuk berpetualang maupun untuk berwisata. Ada gua Pindul, ada gua Jomblang, ada Gua Kalisuci. Gua gua ini yang menyebabkan air sungai masuk dan mengalir melalui gua hingga melalui bawah tanah. Pemandangan seperti ini bisa kita nikmati di gua Kalisuci. Setelah menikmati pantai daerah gunung kidul seperti Kukup, Krakal, sundak, drini dan pok Tunggal kita bisa mengunjungi ke cave tubing kalisuci ini. jaraknya tidak terlalu jauh sekitar setengah jam perjalanan. :D

Berpose dulu sebelum masuk ke air di kalisuci jogjakarta

Berpose dulu sebelum masuk ke air di kalisuci jogjakarta

Menyusuri Sungai Kalisuci dengan Pelampung Ban

Masyarakat di daerah Pacarejo, Kecamatan Semanu Gunung Kidul menyebut Kali Suci ini merupakan sungai yang selalu jernih walaupun tetep hujan. Dan Menurut kepercayaan masyarakat bisa menyembuhkan penyakit didalamnya. Namun sekarang Kali Suci ini tidak hanya untuk kebutuhan masyarakat sekitar namun juga untuk obyek wisata menyusuri Kalisuci termasuk masuk ke dalam goa.

Menyusuri Kalisuci memang menyenangkan. Tidak perlu khawatir. Dari sektrariat cave tubing Kalisuci sudah menyediakan pemandu, Jaket Pelampung dan helm keselamatan. Selain itu kita sudah diasuransikan jika ada sesuatu. Untuk mengikuti cave tubing ini harus tergantung pada cuaca sebelumnya jika hujan deras dan air naik maka cave tubing di Kalisuci tidak bisa dilakukan. Hal ini demi keselamatan peserta.

cavetubing kalisuci jogjakarta gunung kidul

cavetubing kalisuci jogjakarta gunung kidul

cave tubing kalisuci

cave tubing kalisuci. Menaiki pelampung sambil menikmati pemandangan yang ada disekitar yang masih alami

Cave tubing di Kalisuci memang melelahkan. Pertama kita turun dulu ke sungai dari Basecamp melewati jalan setapak. Lalu masuk ke sungai kalisuci. Masuk ke Gua kalisuci lalu menyusuri sungai lagi dengan air yang agak deras hingga masuk ke luweng atau Gua Glatik hingga keluar gua lalu menyusuri sungai lalu finish dan naiknya ke atas basecamp menanjak lagi hampir 70 derajat ketinggian.

Biaya  Rp 65.000,00
Fasilitas : Asuransi, makan, minum, Pemandu. 
lokasi : desa Pacarejo, Semenu Gunung Kidul Jogjakarta. Setelah gardu induk Semenu. 
kontak person : 087738794513 sdr MUSLAM WINARTO

Gua Kalisuci

Setelah turun dari basecamp kita akan menyusuri Gua Kalisuci. Bagi yang berani nanti kita bisa melompat dari tebing yang agak tinggi langsung ke sungai gua Kalisuci dengan ketinggian lebih dari 3 Meter. Tidak perlu takut. Sendiri juga sudah mencoba. Lumayan mengasikkan. Setelah bermain air sebentar disitu nanti ketika regu yang terdiri lebih dari 10 orang sudah berkumpul maka pemandu akan memandu kita memasuki gua Kalisuci sambil kita naik pelampung ban. Kedalaman sungai di Goa Kalisuci sekitar 2-3 Meter.

Gua ini lumayan gelap. Memang tidak disediakan lampu untuk menjaga ekosistem yang ada di gua ini seperti kelelawar dan burung kecil. Selain itu diatap atap gua yang lumayan tinggi kita bisa menikmati formasi batuan dengan berbagai stalagmit, stalagtit, formasi batuan gajah diatap gua. Guanya pun terlihat warna-warni. Gua ini panjangnya sekitar 600meter. Apalagi sambil dijelasin oleh para pemandu. Seolah-olah sedang tur.

melompat dari tebing kalisuci dengan ketinggian lebih dari 3 meter

melompat dari tebing kalisuci dengan ketinggian lebih dari 3 meter. Silahkan dicoba.

silahkan coba melompat ke tebing di kalisuci jogjakarta

silahkan coba melompat ke tebing di kalisuci jogjakarta

pemandu memberi istruksi sebelum masuk gua kalisuci

pemandu memberi istruksi sebelum masuk gua kalisuci

masuk ke goa kalisuci yang gelap

masuk ke goa kalisuci yang gelap

kondisi kalisuci gelap dengan panduan dari pemandu

kondisi kalisuci gelap dengan panduan dari pemandu

Gua kalisuci dengan pemandangan stalagtit yg indah

Gua kalisuci dengan pemandangan stalagtit yg indah

gua kalisuci dengan pemandangan yg indah

gua kalisuci dengan pemandangan yg indah

sungai kalisuci dengan susur sungai

sungai kalisuci dengan susur sungai

setelah masuk gua suci mengikuti arus sungai

setelah masuk gua suci mengikuti arus sungai

Susur Sungai KaliSuci

Setelah keluar dari Gua Kalisuci maka kita akan menyusuri sungai kalisuci yang agak deras. Tapi sebelum dimulai kita bisa foto-foto atau bermain air terlebih dahulu. Susur sungai ini memang menantang apalagi sama teman-teman kita. Apalagi ketika kita berbenturan dengan batuan-batuan disekitar kita.

arus sungai kalisuci yang menantang

arus sungai kalisuci yang menantang

perjalanan berikutnya menyusuri kalisuci

perjalanan berikutnya menyusuri kalisuci

Masuk ke Gua Glatik

Gua Glatik ini gua berikutnya yang dimasuki. Gua Glatik termasuk gua Horisontal. Orang jawa menyebutnya luweng Glatik. Luweng yang berarti gua. Gua ini berkelok kelok. dengan kondisi yang gelap. Jaraknya lebih pendek dari gua Kalisuci.

masuk ke gua lagi di kalisuci jogja

masuk ke gua glatik  lagi di kalisuci jogja

masuk ke luweng glatik kalisuci jogja

masuk ke luweng glatik kalisuci jogja

arus sungai gua glatik kalisuci jogja

arus sungai gua glatik kalisuci jogja

Setelah keluar dari gua Glatik sampai ke finishnya. Durasinya memang lama. sekitar 2 jam terasa menyusuri sungai. namun waktu disana terlalu cepat karena terlalu asyik bermain air. walaupun sungainya terasa dingin. :D

Finishnya berada sebelum masuk ke gua bawah tanah yang bermuara ke pantai Baron. digugusan pantai Gunung Kidul. Namun tidak bisa kita masuki karena arusnya yang deras serta masuk ke dalam bawah tanah dengan bebatuan yang besar.

Kita bisa bermain air sebentar di situ atau langsung naik. Kalo ingin naik siapkan fisik karena jalur naiknya tinggi dan licin. :D

sungai di kalisuci jogja

sungai di kalisuci jogja seetelah melewati gua glatik.

istrihat setelah cave tubing kalisuci

istrihat setelah cave tubing kalisuci

ban diangkut ke atas di kalisuci jogjakarta

ban diangkut ke atas di kalisuci jogjakarta. namun peserta harus jalan kaki sendiri ke atas. :D

gua bawah tanah di kalisuci jogjakarta

gua bawah tanah di kalisuci jogjakarta. kita tidak bisa masuk ke sana. terlalu berbahaya.

selamat berkunjung ke sana.

Silahkan Baca Juga :

16 thoughts on “Cave Tubing di Kali Suci Gunung Kidul : Menyusuri gua dan sungai dengan menggunakan pelampung ban

  1. bisa enggak mintak petunjuknya yg pas klo mo kesana,,dan berapa lama harus jalan kaki utkn kembali ke
    basecamp,tertarik banget nih….

  2. Mas setuju bgt sama cita2 mas buat keliling Indonesia.
    Selama ini saya kerja jd TKI di eropa dan beberapa kali saya ketemu dengan orang asing yg ternyata mereka sudah pernah ke Indonesia dan mengatakan betapa indahnya Indonesia. Dan yg memalukannya lg beberapa tempat yg mereka kunjungi belum pernah saya kunjungi…jd cuti kerja tahun ini saya akan memulai perjuangan untuk menelusuri negeri yg indah ini dan bisa mempromosikan Indonesia buat orang2 “BULE” bukannya diceritakan lg oleh mereka…soo…wish me luck ya mas :)

Leave a Reply

