Candi Cetho dan Puri Taman Saraswati


Kali ini saya bersama teman-teman angkatan 2005. Saya, Galih, Diesel dan Putri kali ini melakukan touring ke candi Cetho Karanganyar.  Memang touring kali ini tidak direncanakan alias secara dadakan. Rencana awal hanya berniat untuk bersilaturahmi ke rumah saya (Sragen). Namun beberapa teman saya yang datang penasaran dengan obyek wisata yang ada di Sragen. Alhasil karena Sragen bukanlah daerah pariwisata. Akhirnya kita berencana menuju ke daerah Kemuning, Candi Cetho dan Sukuh yang terletak di karanganyar, di bawah kaki gunung Lawu.

Perjalanan pertama memang menyenangkan. Jika kita dari arah Sragen maka kita akan melewati beberapa waduk yang berada di pinggir jalan. Kemudian beberapa kilometer kemudian kita akan menjumpai pemandangan hutan karet sepanjang kiri dan kanan jalan. Tidak hanya itu pemandangan sawah hijau dan jalan menuju ke kompleks candi Cetho pun berliku-liku. Apalagi setelah itu jika kita sudah mencapai daerah kemuning. Dimana kita akan melihat hamparan kebun teh yang hijau. Sehingga rasa perjalanan pun tidak akan terasa lelah.😀

Untuk daerah candi Cetho sendiri berada di daerah Jenawi karanganyar. Suasana di candi Cetho memang terasa dingin. Sering kali kabut pun turun walalupun itu siang hari.  Namun begitu kabut hilang kita sudah bisa melihat suatu panorama alam yang indah. Pemandangan yang dilihat di candi Cetho ini memang bagus. Kita bisa melihat pemandangan cakrawala langit dan daerah-daerah di sekitar gunung lawu yang tampak jelas dilihat dari candi Cetho tersebut.

pemandangan Sebelum menuju ke candi cetho

perjalanan sebelum ke candi cetho

Candi Cetho memang satu komplek dengan candi Sukuh yang jaraknya tidak beberapa jauh. Untuk informasi mengenai sejarah candi Cetho bisa dilihat di blognya teamtouring.  Saya memang sudah beberapa puluh kali datang ke candi Cetho ini. Namun yang saya baru sadari ternyata di belakang candi Cetho ini ternyata terdapat beberapa candi lagi yang digunakan untuk beribadah umat Hindu yaitu puri Taman Saraswati can Candi Kethek.

Untuk masuk ke puri Taman Saraswati kita harus melepas alas kaki kita. jaraknya dari candi Cetho tidak terlalu jauh. Tinggal jalan kaki beberapa ratus meter ke atas candi Cetho. Untuk masuk ke Puri Taman Saraswati kita harus melepas alas kaki kita. Sehingga kondisi di sana jadi terlihat bersih.

Patung di Puri Taman Saraswati

Tidak hanya itu jika kita terus ke arah candi kethek maka kita akan menemukan air terjun kecil yang mengalir melalui sungai di antara bukit-bukit. Namun kita gagal menuju ke candi kethek karena medan yang ditempuh terlalu terjal dan berliku.😀 .

air terjun di belakang candi Cetho

Memang perjalanannya ke sana terasa lelah dan lama. Namun rasa itu terbayar dengan kondisi pemandangan yang ada selama di Candi Cetho. Daerah tersebut memang banyak yang tidak tahu. Saya sendiri yang sudah beberapa kali ke sana baru tahu  saat itu. Penasaran?? Silahkan datang ke sana.

~wibisono~

8 thoughts on “Candi Cetho dan Puri Taman Saraswati

  1. Ping-balik: GOA SEPELAWAN INDAH – rekreasi01

  2. Ping-balik: Enjoy Gunung Lawu | Rekreasi Alam

  3. Ping-balik: [Catatan Perjalanan 2013] Pendakian Gunung Lawu Lewat Jalur candi Cetho | @Aguswibisono

  4. Ping-balik: Goa Seplawan « Indonesia berhemat dan anti polusi

  5. Ping-balik: Menikmati Air Terjun Parang Ijo Karanganyar | Agus Wibisono

  6. Ping-balik: Berpetualang di Gua Seplawan Purworejo | Agus Wibisono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s