[Catatan Perjalanan] Pendakian Gunung Semeru jalur Ranu Pani 2013


sebelum puncak pendakian gunung semeru mahameru

Semeru dan Mahameru di Tahun 2013

Tidak terlintas di tahun 2013 ini untuk mendaki gunung Semeru. Gunung Semeru merupakan Resolusi di tahun 2014. Bermula dari ajakan teman di Jakarta. Begitu melihat bahwa bulan September ada tiket Kereta Api Promo, negosiasi dengan teman-teman kos berbuah hasil. 4 orang ikut mendampingi rombongan utama mendaki gunung Semeru. Kita dapat tiket berangkat tanggal 25 September dan pulang 30 September 2013 dengan tempat duduk kereta terpisah pisah.

Hari Keberangkatan Rabu 25 September 2013

Dengan menggunakan kereta Malabar Berangkat dari stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Malang. Memang rencana mampir ke tempat saudara dulu di Malang selama sehari. Untuk wisata ke Malang. Setelah itu mendaki bersama rombongan dari Jakarta.

Sampai di Malang kita menyiapkan segala keperluan untuk pendakian besok. Mulai logistik hingga peralatan pendakian yang kurang. Ada saudara saya yang menyertakan mas ade (Ranger Semeru) untuk mendampingi pendakian kami. Yang menyediakan peralatan pendakian yang kurang dan mendampingi kami selama pendakian.

berangkat dari solo pendakian gunung semeru mahameru

berangkat dari solo pendakian gunung semeru mahameru

Hari I Kamis 26 September 2013

Meeting Point

Berangkat pagi pukul 08.00 pagi dari sekitar daerah Landungsari menuju pasar tumpang. memang daerah malang sering macet saat pagi. rombongan teman-teman Jakarta sudah sampai stasiun Malang.  Meeting pointnya pasar Tumpang. Ketemu di sana.  Kalo yang dari Stasiun bisa carter angkot untuk sampai ke daerah Tumpang.

Tumpang

Daerah tumpang ini Merupakan terminal transit kendaraan menuju desa ranu pani. Desa yang menjadi basecamp pendakian gunung Semeru. Di terminal Tumpang bisa mencarter jeep, truk, motor untuk bisa sampai ke Desa Ranu Pani. Di Tumpang kita belanja sayuran untuk logistik pendakian ke Semeru. Cuma beli beberapa bumbu dapur, Sawi, Makaroni, Pisang. Kalo belum mengurus surat keterangan sehat buat syarat pendakian bisa diurus di puskesmas tumpang.

pasar tumpang sewa jeep pendakian gunung semeru mahameru

pasar tumpang sewa jeep pendakian gunung semeru mahameru

Pukul 10.00 Tim pendakian gunung Semeru berkumpul jadi satu. Rombongan dari jakarta 12 Orang. Rombongan dari Solo 4 Orang dan Pemandu mas ade dari Malang.  Total 17 Orang. Bukan Jumlah yang sedikit dalam satu tim.

Pukul 11.00 Pagi berangkat menggunakan jeep yang sudah dibooking sebelumnya. Pas mau berangkat Jeep yang dinaiki kehabisan solar. Terpaksa nunggu lagi untuk mengisi Solar.

naik jeep dari tumpang pendakian gunung semeru mahameru

naik jeep dari tumpang pendakian gunung semeru mahameru

Karena tadi jeepnya kehabisan solar, jeep yang ditumpangi mengalami yang namanya “masuk angin”. Lebih dari 6 Kali jeepnya mogok selama perjalanan. Tiba di Ranu Pani pukul 13.30 Siang.

jeep rusak mogok menuju ranu pani pendakian gunung semeru mahameru

jeep rusak mogok menuju ranu pani pendakian gunung semeru mahameru

Jeepnya turun sekitar 5 KM dari desa Ranu Pani. Ada perbaikan jalan. Untuk bisa sampai ke Ranu Pani harus naik ojek motor yang sudah jadi mata pencarian penduduk setempat.

naik ojek menuju ranu pani pendakian gunung semeru mahameru

naik ojek menuju ranu pani pendakian gunung semeru mahameru

Ranu Pani

Ranu Pani merupakan desa yang menjadi basecamp pendakian Semeru.  Terdapat telaga di Ranu Pani dan Ranu Regulo di tempat ini. Foto-foto Ranu Pani bisa dilihat di tulisan saya sebelummnya atau di sini.

telaga ranu pani sebelum pendakian gunung semeru mahameru

telaga ranu pani sebelum pendakian gunung semeru mahameru

Begitu sampai ke desa ranu pani kita langsung ke basecamp pendakian Semeru dan mencari warung makan yang ada. Kita makan di warung depan basecamp. Ada yang packing peralatan tim.  ada juga yang mengantri mengurus kelengkapan surat surat pendaftaran pendakian Semeru.

warung depan basecamp pendakian gunung semeru mahameru

warung depan basecamp pendakian gunung semeru mahameru

di Sekitar Basecamp Ranu Pani ini tersedia juga kamar mandi, Mushola dan pondok gratis bagi yang ingin menginap di Ranu Pani.

Basecamp Ranupani (Resort Ranu Pani)

Syarat pendaftaran gunung Semeru yaitu

  • Surat keterangan sehat (masing-masing anggota)
  • Fotokopi Ktp (masing masing anggota)
  • Materai 6000 (surat pernyataan)
  • Ceklist peralatan dan perlengkapan yang dibawa (tinggal ngisi form)
  • Biaya pendaftaran @Rp10.000
  • Biaya tenda masing-masing tenda Rp20.000
resort ranu pani pendakian gunung semeru mahameru

resort ranu pani pendakian gunung semeru mahameru

Setelah Syarat syarat dan pendaftaran semua kelar kita langsung berangkat. Jam 15.30 Kita baru berangkat dari Basecamp Ranu Pani.

lapor ke basecamp pendakian gunung semeru mahameru

lapor ke basecamp pendakian gunung semeru mahameru

tanda bukti pendakian gunung semeru mahameru

tanda bukti pendakian gunung semeru mahameru

hal yang dipatuhi pendakian gunung semeru mahameru

hal yang dipatuhi pendakian gunung semeru mahameru

aturan pendakian gunung semeru mahameru

aturan pendakian gunung semeru mahameru

Berangkat Pendakian

Setelah administrasi selesai. Pukul 15.00 Kita berangkat pendakian. Target hari ini adalah menuju Telaga Ranu Kumbolo. Membuat tenda disana.

jalur pertanian warga pendakian gunung semeru mahameru

jalur pertanian warga pendakian gunung semeru mahameru

Jalur pertama pendakian ini melewati jalan beraspal menuju jalan ladang penduduk. Sampai gapura selamat datang di pendakian gunung Semeru.  Masuk ke gapura lalu beberapa ratus meter ambil jalan kiri. Tanjakan pertama untuk pemanasan.

selamat datang pendaki pendakian gunung semeru mahameru

selamat datang pendaki pendakian gunung semeru mahameru

Track dari basecamp menuju pos 1 lumayan enak dengan medan yang jelas, sudah ada pavingnya dan trek lintasan yang naik turun tidak membuat capek. Cuma jaraknya lumayan, 1,5 jam perjalanan.

aturan kawasan hutan lindung pendakian gunung semeru mahameru

aturan kawasan hutan lindung pendakian gunung semeru mahameru

Tumbuhan ilalang banyak dijumpai disekitar kiri perjalanan. Perhatikan juga diatas kepala kita banyak ranting-ranting. Patok penunjuk jalan jelas terlihat.

tugu penunjuk jalan pendakian gunung semeru mahameru

tugu penunjuk jalan pendakian gunung semeru mahameru

jalur semeru ranu pani pendakian gunung semeru mahameru

jalur semeru ranu pani pendakian gunung semeru mahameru

Pos 1 Landeng Dowo

Jaraknya cuma 3 KM menuju Watu Rejeng (mungkin perhitungan jarak penduduk). Landeng Dowo menuju Watu rejeng ini di tempuh selama 1 Jam perjalanan. Treknya masih lumayan enak. naik turun tidak terlalu landai. sebelah kiri juga bisa melihat pemandangan semeru dan bukit-bukit yang indah.

jalur landeng dowo pendakian gunung semeru mahameru

jalur landeng dowo pendakian gunung semeru mahameru

jalur jambangan pendakian gunung semeru mahameru

jalur jambangan pendakian gunung semeru mahameru

Pos 2 Watu Rejeng

jalur watu rejeng malam hari pendakian gunung semeru mahameru

jalur watu rejeng malam hari pendakian gunung semeru mahameru

Sampai Watu Rejeng jam 18.20 malam. Jaraknya 4,5 KM. Treknya juga masih sama. naik turun. Cuma pas sampai shelter yang rubuh, ambil jalur nanjak ke atas. naik ke sebelah kanan.  Jangan ambil jalur yang lurus. kalo gak salah yang lurus jalur ke arah Lumajang. Jalur di Watu Rejeng memang panjang. Usahakan jangan sampai malam di Watu Rejeng. Sebelah sampingnya jurang dan memang dilalui jalur angin. Selain itu pos Watu Rejeng banyak “temennya”.

Pos 3 Ranu Kumbolo

ngecamp di ranu kumbolo pendakian gunung semeru mahameru

ngecamp di ranu kumbolo pendakian gunung semeru mahameru

Setelah melewati Watu Rejeng kita sampai ke Shelter Ranu Kumbolo. Kita sampai Ranu Kumbolo jam 20.00 malam. kemarin kesana akan terlihat pantulan cahaya bulan dari telaga Ranu Kumbolo.  Ranu Kumbolo ini biasanya jadi tempat buat mendirikan tenda. Sumber air di sini banyak. Sumber air bersih dengan luas 14 Hektar pada ketinggian 2400 MdpL. Di Ranu Kumbolo ini terdapat prasasti peninggalan jaman Majapahit. Memoriam pendaki yang sudah meninggal juga terdapat di Ranu Kumbolo.

memoriam ranu kumbolo pendakian gunung semeru mahameru

memoriam ranu kumbolo pendakian gunung semeru mahameru

Berlanjut ke Halaman dua

107 thoughts on “[Catatan Perjalanan] Pendakian Gunung Semeru jalur Ranu Pani 2013

  1. Ada yg planing tgl 1 mei k mahameru?, ane sama temen 3 org mau daki. Klo mau bareng bisa hub 085861585625. Sekalian nambah temen bro.😁

  2. ane ada rencana naek ke semeru tanggal 14 desember 2015,,baru berdua aja dari jakarta dan dari bogor.
    yg mau gabung silahkan invite pin ane 269FEDA6/wa 085711337147

  3. Tanggal 20 juli setelah lebaran 4 hari sy mau ke mahameru, sy dari jakarta,barangkali ada yang mau bareng silahkan hub 081299266339 terima kasih ^^

    • Ane juga tanggal 20 gan. Bngkat dr tangerang tgl 18. Invite bang pin ane 28709CAB. Tar bareng dsna

    • Saya dari jogja bang 5 orang berangkat tgl 20 juli 2015 meeting point solo jebres jam 1 dini hari/stasiun malang jam 8 pagi, barangkali ada barengan bisa sms ke nomer saya 087839156215/pin:57e005d5

  4. saya bulan juli ini mau nanjak semeru. mksih infonya gan. sangat membantu. PA yogya . yg mau gabung bisa brngkt breng. 085742875550 saya cuma bertiga.

  5. Wah keren dan membantu sekali catatan perjalanannya. Rencananya aku mau naik semeru tahun ini. Boleh minta info soal ranger dan transportasi di sana? Terima kasih🙂

  6. saya pengen banget naik gunung semeru…tapi kan harus nyertain ktp tuh,

    masalahnya saya masih umur 16th kelas 1sma….

    boleh gak sih mas mas?

    • saya tgl 24 pagi baru sampai mas dari jogja..ayok barengan yuk kalo ada yg mau naik tgl 24 pagi saya 4 cowok 1 cewek 0816699541

  7. Pengen ke mahameru tapi kurang temen buat kesana,, kalo ada yang mau ke mahameru hubungi ane dong 0896 2096 9163,,, supaya dapet temen baru juga

  8. sipp… jd pngen kesana.. tp usia dah hampir kepala 5.. jd cuma pngen aja dech.. Posting terus keindahan Alam Indonesiaku..

  9. Jika mempunyai niat dan tekad kuat untuk berpetualang /mendaki ngapain takut, tidak perduli itu laki – laki atau perempuan jika kamu yakin alam adalah sahabatmu untuk dijaga oleh kamu, bukan musuhmu yang untuk ditaklukanmu. Maka jangan takut
    jika kamu menjaga alam pasti alam akan menjagamu..

    Salam Eaglet adventure (7 Summit Indonesia)

  10. Mas, saya dri makassar, mau nanjak semeru agustus nnti, tp ngg punya temen apalagi sy cwek, takut knpa” klo sndirian, ada yang mau nanjak semeru ngga??sapa tau bisa barengan.info yah ni 081242533426 makasih:)

  11. perlu di mengerti dan di amati lagi jalur kalimati arcopodo di perbarui melalui jalur baru di samping pos kalimati jalur lama sudah tidak layak lagi untuk di lalui,.. dan perlu di ingat disorientasi,. sekian trimakasih… monggo di lanjut perjalanannya…

  12. Seruu bgt mas.. Indonesia ituu sangat indah… Saya ga mau ke luar negri sebelum jelajah indonesiaa… Pengenn banget kesanaa… Kontak donk mas klo mau pergi naik lagii

  13. Wey , gue pengenye mey ini naik, tapi kawan gue yang di jogja ngajak 17 agustus, gue di lampung si , jadi lumayan, gue dah minat bangett nihh ,, pin:2a1f68bb yang mao ngajakin gue naik .heee

  14. hello mau nanya, rombongannya ada yg cewe ngga?
    kebetulan saya rencananya akhir mei 2014 ini mau naik. tapi saya cewe, masih ngga yakin kuat atau ngga.. kira2 dengan medan seperti itu cewe kuat ngga ya sampe ke mahameru?
    thanks ya

  15. Wiiiihh baru baca…
    Saya jg اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ mei tahun ini 14 mo kesana, doain saudara-saudari biar sampai puncak dan selamat rombongan kami sampai dirumah
    آمِيـنَ

  16. Wiiihhhh… merinding gan ane ngebacanya…

    jadi kebelet pengen kesana, apalagi 3 hari lalu baru baca novelnya “5cm”
    tambah kepingin😡

    do’ain ane gan ya biar bisa terwujud keinginan ane :)))
    soalnya ane skarang kelas 3 sma. rencananya 2014 ini bisa kesana :)))

    • semeru jalurnya enak. lebih enak semeru. cuma pas mau summit attck ke puncak aja yang sangat susah. kalo sampai kalimati treknya enak.

  17. permisi mau tanya, kalo kita mendaki semeru akhir bulan desember skitar tgl 23, apakah diperbolehkan untuk mendaki sampai ke puncak semeru ny ???

    • aturannya tetep sampai kalimati. Kalo sampai puncak resiko tanggung sendiri.

      akhir bulan desember cuaca gak enak gan disana.

  18. keren post nya, bikin makin tertarik..
    kebetulan 30 Jan – 2 Feb aku mudik ke tumpang, kalo ada yang ke semeru ajak² dong pliiiss..
    makasih sebelumnya🙂

  19. Ping-balik: [Catatan Perjalanan 2013] Pendakian Gunung Lawu Lewat Jalur candi Cetho | @Aguswibisono

  20. mas mau tanya. saya ada rncana bulan desember mau ke sana, kira2 aman gak ya mas? berhubung lgi musim hujan, dan kita pemula dlam mendaki.
    trus kalau penyewaan alat di sana ada ya? atau mas punya saran?

  21. bagus banget mas catatan nya, saya ada ada rencana muncak mahameru sekitar bulan juni tahun depan,. saya jadi punya pandangan lebih,, terima kasih info nya,,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s