Car Free Day Sragen


suasana car free day sragen di depan alun-alun

aktivitas olahraga masyarakat Sragen di hari minggu bisa digalakkan lagi di acara Car Free Day yang diadakan tiap minggu pagi di depan Alun-alun Sragen.

Sebelum car free day terkenal akhir-akhir ini, sejak jaman saya waktu SMP dulu acara car free day setiap minggu pagi diadakan di Sragen. Hal itu terjadi sekitar tahun 2000-an. Masyarakat Sragen dan didukung pemerintah daerah sudah melaksanakan kegiatan di sekitar alun-alun Sragen tersebut. Jalan Sukowati sebagai jalan utama Sragen, antara depan perempatan Polres sampai di depan pertigaan Garuda pada waktu ditutup setiap ada car free day. Memang istilah Car Free Day baru terkenal waktu itu di Jakarta. Ketika jalan utama Jakarta ditutup untuk aktivitas warga.

komunitas sepeda sragen yang turut meriahkan car free day Sragen

komunitas sepeda sragen yang turut meriahkan car free day Sragen

Bagi warga Sragen dulu, aktivitas Car Free Day hanya diisi kegiatan joging pagi, sepakbola di Alun-alun, Badminton dan kegiatan olahraga kecil lainnya. Namun ketika sudah mendekati jam enam pagi, ada kegiatan senam kesehatan jasmani lengkap dengan instruktur dan panggung buat senam. Setelah selesai senam, aktivitas bagi yang olahraga ditutup dengan dibagikannya bubur kacang ijo gratis bagi warga baik yang tidak ikut senam maupun yang ikut.

Kegiatan Car Free Day Sragen tersebut sempat berhenti sekitar tahun 2006 ke atas. Saya tidak tahu kapan tepatnya. Setelah tahun tersebut saya tidak pernah ikut lagi olahraga di Alun-alun Sragen. Minggu lebih saya isi di Solo maupun tidur di rumah.

baliho car free day sragen di CFD

baliho car free day sragen di CFD yang berada di alun-alun sragen

Baru akhir ini, tahun 2012 ini kegiatan Car Free Day Sragen kembali digalakkan. Dengan dukungan pemerintah daerah dan antusias para penggiat komunitas, acara Car Free day ini bisa dilaksanakan. Jadwalnya masih tetap. Setiap hari minggu pagi. Intinya masih sama. Masyarakat berolahraga di jalan utama Sragen tersebut. Namun setiap minggu di Car Free Day sekarang diisi dengan aktivitas yang lebih menyenangkan. Misal tempat berkumpulnya komunitas sepeda Sragen. Baik itu sepeda tua maupun sepeda yang sering dipakai. Selain itu ada parade musik, Marching band dari tk dan SD.Pembagian Bubur gratis ternyata masih ada ketika saya ke sana kemarin.

suasana parade marching band anak-anak abis car free day

suasana parade marching band anak-anak abis car free day sragen

Semoga acara car free Day Sragen tetap berlanjut terus dan lebih seru. Selamat berakhir pekan semuanya.:D

aktivitas foto-foto di car Free Day Sragen.

6 thoughts on “Car Free Day Sragen

  1. di purworejo ga ada, kota kecil, kota pensiunan. klo minggu pagi alun2 emang rame, tapi campur tumpek blek. yg jalan2 ada, lari, senam, sepeda, skateboard, sepakbola, makan pagi, nongkrong sampe pacaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s