[Catatan Perjalanan 2013] Pendakian Gunung Lawu Lewat Jalur candi Cetho


Puncak Hargo Dumilah 3265 mdpl

Hargo Dumilah Merupakan puncak tertinggi gunung Lawu dengan ketinggian 3265 mdpl. Kita berangkat pukul 6.30 pagi. Berangkat dari Mbok Yem. Tas kerir yang besar kita tinggal di Mbok Yem.  Ada banyak jalur menuju puncak Hargo Dumilah. Kita ambil jalur kiri dari warung Mbok Yem.

sunrise di mbok yem pendakian gunung lawu dari cetho

sunrise di mbok yem pendakian gunung lawu dari cetho

puncak hargo dumilah dari pendakian gunung lawu dari cetho

puncak hargo dumilah dari pendakian gunung lawu dari cetho

tim pendaki pendakian gunung lawu dari cetho 2013

tim pendaki pendakian gunung lawu dari cetho 2013

Setelah 30 menit pendakian yang terjal. Alhamdulillah sampai juga kita di Hargo Dumilah. Puncak Tertinggi Gunung Lawu.

Kita hanya 10 Menit di puncak Hargo Dumilah. foto-foto, menikmati pemandangan lalu turun ke Sendang Drajat untuk mengambil air.

Sendang Drajat

Sendang Drajat merupakan Sumber mata air bagi pendaki. Jaraknya sekitar 15 menit dari Mbok Yem. Kalo kita mendaki melalui Cemoro Sewu, maka kita akan melewati Sendang Drajat. Terdapat warung juga dan tempat penginapan juga seperti mbok Yem. Sendang Drajat juga cocok dijadikan tempat untuk ngecamp.

tulisan jawa di sendang derajat pendakian gunung lawu dari cetho

tulisan jawa di sendang derajat pendakian gunung lawu dari cetho

sendang derajat kering pendakian gunung lawu dari cetho

sendang derajat kering pendakian gunung lawu dari cetho

sendang derajat mata air pendakian gunung lawu dari cetho

sendang derajat mata air pendakian gunung lawu dari cetho

Saat ambil air di Sendang Derajat. Air ternyata habis di musim kemarau. hanya ada lumpur yang tercampur dengan air. Akhirnya kita menyaring lumpur tersebut hanya mendapatkan 1, 5 liter air minum. Kita Saring dan kita rebus dulu airnya di Mbok Yem.

Setelah packing dan masak sarapan. akhirnya kita turun melalui jalur Cetho lagi. Kita turun jam 9 pagi. Rencana kita turun dengan santai mendokumentasikan perjalanan yang kemarin belum sempat foto-foto sama sekali.

Hargo Puruso

Kita turun Mbok Yem menuju pasar Setan atau Pasar Dieng. Setelah sampai kita salah ambil jalur. Di pasar Dieng ini banyak percabangan. hati-hati. Tanpa kita sadari kita mengarah ke puncak Hargo Puruso. Puncak tertinggi kedua. Yang ada tower pemancar TVRI. kalo dari puncak hargo Dalem terlihat puncak yang ada towernya. Itulah puncak Hargo Puruso.

Hargo Puruso ini berada disebelah kirinya hargo Tulling, Kalo jalur Asli yang turun lewat jalur Cetho ambil yang paling kanan dari pasar Setan.

Sebelum hargo puruso ini juga terdapat rambu bendera merah putih. yang naik terjal kemudian turun terjal sampai ke bawah. Akhirnya kita tidak sampai mengikuti jalur yang turun ke bawah. Terlalu berbahaya kayaknya.

sabana luas pendakian gunung lawu dari cetho

puncak yang ada tower pemancar TVRInya pendakian gunung lawu dari cetho

Hargo Tulling

Karena bingung disorientasi, akhirnya kita sampai juga di Hargo Tulling. Hargo tulling ini kayaknya puncak tertinggi ketiga setelah Hargo Dumilah dan Hargo Puruso. Bentuknya seperti punden berundak. Dengan batuan yang disusun seperti candi. Terdapat shelter juga di sini tapi shelternya belum jadi. Di puncaknya terdapat tempat pertapaan dengan banyak sesaji yang ada disana.

shelter yang belum jadi hargo tullung pendakian gunung lawu dari cetho

shelter yang belum jadi hargo tullung pendakian gunung lawu dari cetho

tempat bersemedi pendakian gunung lawu dari cetho

puncak hargo tulling tempat bersemedi pendakian gunung lawu dari cetho

Setelah melihat dari Puncak Hargo Tulling terlihat jelas jalur yang menuju ke candi Cetho. Jalur sabana. Akhirnya kita melanjutkan turun.

turun melalui Candi Cetho

Saat turun perhatikan juga percabangan jalannya. banyak jalan percabangannya. Apalagi saat sudah sampai pos 2 menuju pos 1. Kita turun salah ambil jalur. Akhirnya kita sampai ke daerah Jenawa. Sampai ke Perkebunan. Begitu tanya warga kita sudah sampai Daerah Jenawi. Disorientasi sekitar 7 KM dari Candi Cetho. Terpaksa kita jalan sampai candi Cetho Kembali.

Yang perlu diperhatikan Selama Mendaki Lawu Lewat Jalur Cetho:

  1. Jangan Mendaki lewat Jalur Cetho saat musim Hujan. Licin. Kalo badai daerah jalur cetho sangat parah. Punggungan gunung semua.
  2. Jalurnya sangat sepi. Jarang orang lewat. Usahakan naik lapor terlebih dahulu.
  3. Yang belum pernah mendaki lewat jalur ini, usahakan bawa teman atau porter yang sudah tahu jalur ini.
  4. Perhatikan percabangan di bulak peperangan (pos 4) jangan ambil jalur ke kiri. Ke arah Ngawi.
  5. Lewat pasar Setan / Pasar dieng sangat menyesatkan. Usahakan menghapal jalan dan memperhatikan rambu.
  6. Usahakan memperhatikan rambu selama pendakian.
  7. Sumber air di basecamp dan selama jalur pertanian  menuju pos 1 ambil seperlunya. jangan mengharap air di sendang Tapak Menjangan.
  8. Usahakan mendaki Siang hari. Kalo udah malam ngecamp saja di pos 3.
  9. Hati-hati ngecamp di pos 2. *banyak temennya.
  10. Jangan meninggalkan sampah.

Transport dan Harga:

  1. naik motor dari Solo bensin PP 20ribu.
  2. Registrasi basecamp udah termasuk masuk candi cetho @Rp3000.
  3. Kalo naik transportasi umum estimasinya :
  • Bus Solo- Tawangmangu turun terminal Karangpandan. Rp 8.000
  • Bus Karangpandan-Kemuning turun terminal Kemuning Rp 10.000
  • Naik Ojek Terminal Kemuning sampai Candi Cetho Rp 15.000

Itenarary Cetho tanggal 10 -11 Oktober 2013 Kemarin :

  • Pukul 12.00 Berangkat Naik motor dari Solo.
  • Pukul 13.30 Sampai Candi Cetho
  • Pukul 13.30 – 14.00 Registrasi dan persiapan basecamp
  • 14.00- 14.30 Basecamp sampai pos 1 Rejo Kethek
  • 15.00 Sampai Pos 2 Brak Seng
  • 16.00 Sampai pos 3 Cemoro Dowo
  • 17.30 Sampai Pos 4 Penggik
  • 18.30 sampai Pos 5 Bulak Peperangan
  • 20.00 Sampai Pasar Setan Pasar Dieng
  • 20.30 Sampai Hargo Dalem
  • 20.45 Sampai tempat Mbok Yem
  • 06.30 Berangkat ke Hargo Dumilah

Terima kasih :

  1. Allah SWT
  2. Basecamp jalur Cetho
  3. Mbok Yem
  4. mas abe partner pendakian

Halaman Berikutnya untuk melihat seluruh foto foto

40 thoughts on “[Catatan Perjalanan 2013] Pendakian Gunung Lawu Lewat Jalur candi Cetho

    • Saya PAK RASKIM LAPUN ingin berbagi komentar kepada anda bahwa bagi anda yang pencinta togel nomor “GHOIB” hasil ritual 2D 3D 4D HK/SGP dijamin 100% tembus silahkan hub AKI RONGGENG DI 085=256=200=352 karna saya sendiri sudah melihat buktinya dan saya sudah menang 5 kali PUTARAN,berkat bantuan AKI saya sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya dan saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna sudah bisa meringankan beban orang tua saya dan kini saya juga sudah bisa buka toko kecil-kecilan itu semua atas bantuan AKI sekali lagi makasih yaa AKI..nomor ritual AKI RONGGENG memang selalu tepat dan terbukti.TRIMA KASIH….?

  1. Tahun 2009 dulu ak berdua ma temenku juga udah pernah ke lawu via cetho. Dan rencananya kang..tanggal 21 Juni ini aku mau ke lawu lagi nia cetho.kira2 kondisi terakhirnya gimana ya kang? Thanks bagi2 infonya..

  2. Saya tahun 1996 sempat naik, cuma waktu itu malam hari sehingga tidak bisa menyaksikan panorama alamnya, serta tidak bisa mengabadikan bangunan yg ada. saya waktu itu hanya menemukan bangunan seng dan ada plang bertulis HARGODALEM, tapi kok tidak ada bangunan itu ya…??? sebelah mananya Om.. ingin lagi rasanya ke sana…

  3. Mas saya plan berdua sama temen mau ke Lawu lewat Cemoro Kandang,kita blm pernah n masih baru dlm hal daki mendaki jd perlu guide gak ya mas?takut tersesat.Berani gak ya mas gak bawa tenda,kan ada penginapannya 🙂 thx sebelumnya 🙂

    • jarak ke cemoro kandang ke penginapan mbok yem sekitar 8 jam. bisa diplanning sampai segitu? mending lewat jalur cemoro sewu saja. Jalurnya tidak terlalu menyesatkan. nanti turunnya lewat cemoro kandang.

  4. mas saya rencana mau kelawu .tapi disayangkan saya sendiri dari jakarta di pos perizinan mendaftar sendiri di bolehkan ga ya mas ?kl di gede pangrango kan ga boleh tuh .mudahan saya ada barengan pas sampai base camp

  5. wah karanganyar emang seru, beberapa bulan yang lalu saya kesini sama istri mas, mantep dah pemandangannya tour berdua 🙂

    • jilid dua ada dibawah mas. postnya aku pecah jadi 3. 😀

      kalo hujan jadi jalur air mas. trus karena jarang yang lewat, beberapa jalur udah sedikit tertutup. mending bawa warga mas lewat jalur situ. atau ikut orang yang sudah pernah ke situ.

    • paling menantang gan dari jalur cemoro sewu dan kandang. isinya punggungan gunung terus. Pemandangannya bervariasi. pertama punggungan, bisa lihat sunset jelas karena berada disebelah barat puncak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s