[Catatan Perjalanan] Pendakian Gunung Semeru jalur Ranu Pani 2013


Hari ke III Sabtu, 28 September 2013

Summit Attack

Setelah bangun tidur segera nyalakan nesting, masak buat tenaga pendakian puncak Mahameru. Setelah makan dan brifing singkat. kita berangkat pagi dini hari jam 12.30. Kerir dan perlengkapan ditinggal di tenda. Bawa perlengkapan seperlunya. Webbing, Air, makanan cemilan.

Tim yang tersisa 12 orang melanjutkan perjalanan ke puncak Mahameru. Malamnya cuaca cerah tapi sangat terasa dingin.

Dari Kalimati menuju puncak memerlukan waktu 5-6 jam perjalanan.  Semua barang bawaan ditinggal saja di tenda. Bawa seperlunya. Pendakian dilakukan pagi hari karena udara masih segar. kondisi dingin pagi hari juga bisa menghemat penggunaan air minum. Targetnya puncak sebelum jam 8 pagi. Takutnya diatas jam 8 pagi angin yang membawa gas beracun bertiup menuju ke arah jalur pendakian. Selain itu sekitar puncak siang hari sering terjadi badai pasir yang menyulitkan pendaki.

Arcopodo

Dari Kalimati menuju Arcopodo memerlukan waktu setengah jam. Arcopodo berupa hutan cemara yang bercampur dengan debu letusan gunung. Sebaiknya di daerah ini menggunakan masker.

Menurut cerita Arcopodo terdapat dua Arca peninggalan majapahit. Arco yang berarti patung. Podho itu berarti kembar. Ada dua arca dewa Hindu. Setelah membaca di Internet, ternyata Arcopodo ini ditemukan di jalur yang lama. Arcopodho yang sekarang ini adalah jalur Arcopodho yang baru.

rambu ke puncak pendakian gunung semeru mahameru

rambu ke puncak pendakian gunung semeru mahameru

Jalur Arcopodho ini memiliki lintasannya lumayan nanjak penuh dengan debu.

Setelah melewati batas vegetasi dengan debu dan batu vulkanis nanti sampai daerah Kelik. selang berjalan beberapa menit nanti sampai daerah yang bernama cemoro tunggal. Dulu ada satu pohon cemara yang masih berdiri disini. Sekarang di sini diganti dengan tugu triangulasi peringatan jalur turun. Di daerah ini harus hati-hati karena jika disorientasi sedikit saja bisa masuk ke Blank75.

Blank 75

Blank 75 merupakan daerah jurang yang dalam. Banyak pendaki yang terjebak di daerah Blank 75 karena jalur turun dari puncak yang membingungkan. Kurang waspada sedikit saja bisa terperosok yang menyebabkan kematian.

Saat itu daerah Blank 75 diberi rantai penghalang yang sudah longsor sedikit rantainya. mungkin beberapa bulan lagi rantainya akan tertutup oleh tumpukan pasir.

Puncak Mahameru

Jalur ke puncak  merupakan jalur terberat selama pendakian. kondisi trek yang pasir halus dan mudah longsor. Serta kondisi kemiringan lintasan yang terjal. Terjal sekitar 60 derajat kemiringan. Begitu kita satu langkah naik. kita langsung turun satu langkah. Bahkan sampai dua langkah tiga langkah turun.

Mental dan fisik benar benar diuji jalur terakhir sebelum sampai puncak. Jaraknya dekat. cuma 1,5 KM. Namun membutuhkan waktu 3-4 jam untuk berjuang sampai atas.

foto seperti 5 cm pendakian gunung semeru mahameru

foto seperti 5 cm pendakian gunung semeru mahameru

Waktu menunjukkan pukul 06.00 pagi. Perjalanan untuk mencapai puncak tinggal beberapa ratus meter lagi. Beberapa pendaki banyak yang mengejar target puncak. Yang kelelahan akibat berjalan juga banyak. Air sudah minim. Perlu dihemat agar Sampai puncak.  Pemandangan sebelum Puncak memang indah. Barisan dan jejeran pegunungan yang hijau terlihat dengan matahari terbit mengintip sebelah kanan.

sebelum puncak pendakian gunung semeru mahameru

sebelum puncak pendakian gunung semeru mahameru

Pukul 07.30 pagi. Namun puncak terlihat masih tinggi. Beberapa orang sudah ada yang turun dari puncak. Salah seorang ada yang menganjurkan untuk tidak ke puncak saat itu juga. Takut arah angin berbalik arah ke pendaki membawa gas yang mematikan dari letusan kawah Jonggring Saloko. Kita tidak putus asa. Seperti menganggap angin berlalu. Kita melanjutkan langkah kita ke puncak lagi.

sunrise matahari terbit sebelum puncak pendakian gunung semeru mahameru

sunrise matahari terbit sebelum puncak pendakian gunung semeru mahameru

Selang beberapa puluh langkah ke depan. Ranger kita, pendamping kita mas Adi menyatakan sudah tidak bisa melanjutkan lagi. Takut terjadi apa-apa di puncak. Akhirnya dengan kerelaan hati, dengan mengubur mimpi mencapai puncak. Tahun depan lagi akan ku kejar ke puncak Mahameru ini.

foto bareng sebelum puncak pendakian gunung semeru mahameru

foto bareng sebelum puncak pendakian gunung semeru mahameru

Turunnya terasa cepat. Bak bermain ski pasir. Tinggal mengayunkan kaki maka pasir menurun membawa kita. Namun saat turun hati-hati jangan sampai terlalu kanan atau nanti masuk ke daerah kematian Blank 75.

jalur turun yang curam pendakian gunung semeru mahameru

jalur turun yang curam pendakian gunung semeru mahameru

Kalimati

Akhirnya setelah turun dengan air habis kita kembali ke kalimati. Tempat kita ngecamp dan menaruh kerir yang tidak dibawa ke puncak. Turun sampai Kalimati pukul 10.00 pagi. Agendanya masak dan bikin minum hangat setelah turun dari puncak. Dilanjutkan istirahat tidur sampai pukul 12.00 siang. Habis itu langsung turun ke Ranu Kumbolo.

Ranu Kumbolo

Niatnya semalam lagi ngecamp di Ranu Kumbolo. Tapi begitu melihat Ranu Kumbolo di malam minggu begitu ramai sekali. Tenda-tenda sudah berjejer jejer. Orang orang ada yang bermain air ada yang cuma ngobrol di dekat Ranu Kumbolo.

ranu kumbolo habis turun dari pendakian gunung semeru mahameru

ranu kumbolo habis turun dari pendakian gunung semeru mahameru

ranu kumbolo gunung semeru saat turun dari puncak

ranu kumbolo gunung semeru saat turun dari puncak

Karena kondisi yang ramai, Kita hanya masak dan istrirahat sebentar di Ranu Kumbolo. Sorenya langsung turun sampai Ranu Pani. Untuk menginap di basecamp.

Ranu Pani

Setelah lelah berjalan, Kita sampai Ranu Pani jam Delapan Malam.  Dari Ranu kumbolo kita berangkat pukul Lima Sore. Di Ranu Pani kita tinggal di salah satu basecamp Pecinta alam mas Ade. Ranger kita. Di dalam rumah mendirikan tenda dan memasak minuman hangat dan Istrirahat.

Berlanjut ke Halaman 4

107 thoughts on “[Catatan Perjalanan] Pendakian Gunung Semeru jalur Ranu Pani 2013

  1. Ada yg planing tgl 1 mei k mahameru?, ane sama temen 3 org mau daki. Klo mau bareng bisa hub 085861585625. Sekalian nambah temen bro.😁

  2. ane ada rencana naek ke semeru tanggal 14 desember 2015,,baru berdua aja dari jakarta dan dari bogor.
    yg mau gabung silahkan invite pin ane 269FEDA6/wa 085711337147

  3. Tanggal 20 juli setelah lebaran 4 hari sy mau ke mahameru, sy dari jakarta,barangkali ada yang mau bareng silahkan hub 081299266339 terima kasih ^^

    • Ane juga tanggal 20 gan. Bngkat dr tangerang tgl 18. Invite bang pin ane 28709CAB. Tar bareng dsna

    • Saya dari jogja bang 5 orang berangkat tgl 20 juli 2015 meeting point solo jebres jam 1 dini hari/stasiun malang jam 8 pagi, barangkali ada barengan bisa sms ke nomer saya 087839156215/pin:57e005d5

  4. saya bulan juli ini mau nanjak semeru. mksih infonya gan. sangat membantu. PA yogya . yg mau gabung bisa brngkt breng. 085742875550 saya cuma bertiga.

  5. Wah keren dan membantu sekali catatan perjalanannya. Rencananya aku mau naik semeru tahun ini. Boleh minta info soal ranger dan transportasi di sana? Terima kasih 🙂

  6. saya pengen banget naik gunung semeru…tapi kan harus nyertain ktp tuh,

    masalahnya saya masih umur 16th kelas 1sma….

    boleh gak sih mas mas?

    • saya tgl 24 pagi baru sampai mas dari jogja..ayok barengan yuk kalo ada yg mau naik tgl 24 pagi saya 4 cowok 1 cewek 0816699541

  7. Pengen ke mahameru tapi kurang temen buat kesana,, kalo ada yang mau ke mahameru hubungi ane dong 0896 2096 9163,,, supaya dapet temen baru juga

  8. sipp… jd pngen kesana.. tp usia dah hampir kepala 5.. jd cuma pngen aja dech.. Posting terus keindahan Alam Indonesiaku..

  9. Jika mempunyai niat dan tekad kuat untuk berpetualang /mendaki ngapain takut, tidak perduli itu laki – laki atau perempuan jika kamu yakin alam adalah sahabatmu untuk dijaga oleh kamu, bukan musuhmu yang untuk ditaklukanmu. Maka jangan takut
    jika kamu menjaga alam pasti alam akan menjagamu..

    Salam Eaglet adventure (7 Summit Indonesia)

  10. Mas, saya dri makassar, mau nanjak semeru agustus nnti, tp ngg punya temen apalagi sy cwek, takut knpa” klo sndirian, ada yang mau nanjak semeru ngga??sapa tau bisa barengan.info yah ni 081242533426 makasih:)

  11. perlu di mengerti dan di amati lagi jalur kalimati arcopodo di perbarui melalui jalur baru di samping pos kalimati jalur lama sudah tidak layak lagi untuk di lalui,.. dan perlu di ingat disorientasi,. sekian trimakasih… monggo di lanjut perjalanannya…

  12. Seruu bgt mas.. Indonesia ituu sangat indah… Saya ga mau ke luar negri sebelum jelajah indonesiaa… Pengenn banget kesanaa… Kontak donk mas klo mau pergi naik lagii

  13. Wey , gue pengenye mey ini naik, tapi kawan gue yang di jogja ngajak 17 agustus, gue di lampung si , jadi lumayan, gue dah minat bangett nihh ,, pin:2a1f68bb yang mao ngajakin gue naik .heee

  14. hello mau nanya, rombongannya ada yg cewe ngga?
    kebetulan saya rencananya akhir mei 2014 ini mau naik. tapi saya cewe, masih ngga yakin kuat atau ngga.. kira2 dengan medan seperti itu cewe kuat ngga ya sampe ke mahameru?
    thanks ya

  15. Wiiiihh baru baca…
    Saya jg اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ mei tahun ini 14 mo kesana, doain saudara-saudari biar sampai puncak dan selamat rombongan kami sampai dirumah
    آمِيـنَ

  16. Wiiihhhh… merinding gan ane ngebacanya…

    jadi kebelet pengen kesana, apalagi 3 hari lalu baru baca novelnya “5cm”
    tambah kepingin 😡

    do’ain ane gan ya biar bisa terwujud keinginan ane :)))
    soalnya ane skarang kelas 3 sma. rencananya 2014 ini bisa kesana :)))

    • semeru jalurnya enak. lebih enak semeru. cuma pas mau summit attck ke puncak aja yang sangat susah. kalo sampai kalimati treknya enak.

  17. permisi mau tanya, kalo kita mendaki semeru akhir bulan desember skitar tgl 23, apakah diperbolehkan untuk mendaki sampai ke puncak semeru ny ???

    • aturannya tetep sampai kalimati. Kalo sampai puncak resiko tanggung sendiri.

      akhir bulan desember cuaca gak enak gan disana.

  18. keren post nya, bikin makin tertarik..
    kebetulan 30 Jan – 2 Feb aku mudik ke tumpang, kalo ada yang ke semeru ajak² dong pliiiss..
    makasih sebelumnya 🙂

  19. Ping-balik: [Catatan Perjalanan 2013] Pendakian Gunung Lawu Lewat Jalur candi Cetho | @Aguswibisono

  20. mas mau tanya. saya ada rncana bulan desember mau ke sana, kira2 aman gak ya mas? berhubung lgi musim hujan, dan kita pemula dlam mendaki.
    trus kalau penyewaan alat di sana ada ya? atau mas punya saran?

  21. bagus banget mas catatan nya, saya ada ada rencana muncak mahameru sekitar bulan juni tahun depan,. saya jadi punya pandangan lebih,, terima kasih info nya,,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s