Waktu Saya Masih SD


Rasanya baru kemarin saya selesai sekolah dasar. Sekitar 18 tahun yang lalu. Saya masuk SD tahu 1992 dan lulus tahun 1998. Saya bersekolah di SDN 6 Sragen. Dekat dengan rumah, sekitar 2 KM dari rumah. Yang menjadi ciri khas dulu waktu kecil adalah orang bersekolah SD itu adalah anak-anak yang rumahnya dekat dengan SD tersebut. Makanya teman-teman SD saya dulu adalah tetangga rumah saya juga. Tidak seperti sekarang, pendidikan yang diutamakan.

Saya ingat pertama kali masuk SD, teman-teman SD saya banyak yang saya kenal karena hampir semua tetangga saya. Dengan murid satu kelas yang saat itu berjumlah 40 lebih siswa. Saya lupa jumlahnya karena dulu jaman saya, satu meja kelas itu bisa ditempati tiga murid sekaligus.

Berangkat sekolah setiap hari jalan kaki, kadang diantar ayah ke SD. Namun ketika pulang sekolah selalu jalan kaki. Setelah pulang sekolah saya tidak langsung pulang ke rumah. Kadang main ke tempat teman, bermain layangan di Sawah, atau bermain di sungai dekat tempat guru saya.

Huft.. berusaha mengingat memori beberapa tahun lalu, sejujurnya saya sudah tidak terlalu ingat masa-masa saya di bangku SD. Tapi demi tugas yang sudah di amanatkan kepada saya tentang PR SD.

Guru Favorit Saya:
Guru favorit saya waktu SD adalah Almarhum bapak Munandar. Beliau mengajar Bahasa Indonesia. Beliau menjadi favorit saya karena beliau mengajarkan kosa-kata dan pengetahuan umum yang lumayan banyak. Sehingga saya banyak berwawasan luas dari beliau.

Guru Killer:
Tidak ada guru Killer sebenarnya di SD saya. Tapi beberapa teman saya ada yang takut dengan guru olahraga yang bernama pak Edi. Sebenarnya dia tidak galak dan tidak killer namun gaya bicaranya yang agak keras membuat teman-teman saya takut.

Teman Bolos:
Waktu SD saya belum kenal yang namanya bolos. Namun ketika waktu istirahat. Banyak teman yang pulang ke rumahnya masing-masing.

Teman Berantem:
Saya dulu juga termasuk orang yang sering berantem. Sama teman SD saya sendiri tiba-tiba bercanda lalu ada yang marah lalu pukul-pukulan sampai salah satu menangis atau mengalah. Namun tidak sampai berdarah. Dan saya sering berantem juga sama kakak kelas saya. Namun kedepannya justru kakak kelas saya tersebut menjadi teman saya.😀

Makanan Favorit:
Tiap hari waktu SD saya dikasih uang saku 500 Perak. Itu pun sudah bisa beli banyak mendoan, Pentol dan jajan kantin. Makanan favorit saya waktu SD adalah Mendoan di satu-satunya kantin SD. Waktu itu harganya Cuma seratus perak.

Minuman Favorit:
Waktu kecil minuman yang dijual adalah es kucir, Es Serut, Es marimas, Es Gabus. Minuman Favorit saya adalah Es serut dan es Kucir.

Sepatu Favorit:
Saya tidak mempersoalkan sepatu buat penampilan. Namun dulu ibu saya membelikan saya sepatu proATT. Naik kelas empat dibelikan sepatu Kasogi.

Tas Favorit:
Tas Favorit waktu SD yang saya pake tas jinjing mereknya Eksport berbahan kain jins. Saya suka sekali tas tersebut. Apalagi warnanya merah.

Permainan Favorit:
Layangan, Kelerang, Kartu Kwartet, Kartu bergambar, Kansas (permainan bungkus Rokok), Tazoz (dari chiki, chitato), Game arcade pake uang 100 perak. Juga permainan anak-anak kecil seperti jamuran, Ular tangga, Monopoli, lompat tali dll.

Acara TV Favorit:
Masih ingat nggak dengan acara TV seperti Ksatria Baja Hitam (dulu saya sudah beli Kasetnya juga), Mojacko, Jiban, Winspektor, Teko Ajaib, Doraemon, Ninja Bayang Merah, Remi, Sailormoon dll. Juga termasuk acara TV seperti mcgyver, The A team, Knight Rider, Air Wolf dll.

Itulah masa kecil saya dulu yang akan tetap jadi kenangan tersendiri di hati saya. Terima kasih mas Ipoers yang telah mengingatkan masa-masa kecil saya. Mungkin Teman-teman semua ada yang ceritanya sama seperti saya waktu SD.

36 thoughts on “Waktu Saya Masih SD

  1. Ping-balik: Kue Rangi | Agus Wibisono

  2. Ping-balik: Postingan Rekap Bulan November 2011 Kemarin | Agus Wibisono

  3. haha.. sudah lupa saya.. yg inget dan paling inget ya..pas sakit di rumah,,, guru menjenguk.. wuiiihhhhh baik hati banget guru ku satu ini.. ehhhh ternyata eh ternyata.. “nagih” uang spp..:mrgreen: .. haha turun dah appreciate saya ke beliau..:mrgreen: nggaaak banget…

  4. sama deh dengan aku.. sekolahnya juga deket rumah, jadi temen2nya ya tetangga 2-3 gang bersampingan.. tapi walaupun deket rumah sekarang susah loh ketemuan dengan mereka.. sampe sekarang masih berhubungan baik cuma tersisa 2 orang aja.. beda dengan SMP dan SMA yang sekolahnya jauh tapi rata2 masih berhubungan baik semuanya😀

    • es kucir tuh es yang diikat pake karet bagian ujungnya.. kalo es gabus tuh es kucir yang dalamnya ada rasa seperti campuran es dan rbentukk seperti gabus.

  5. Hy salam kenal tadi di blog headernya sempat liat gambar pantai wahh kerenn bangetttt, salam kenal yaa dari blogger amatiran lombok lombok utara, thanks kalo sempat berkunjung balik.

  6. acara dragon ball belum disebutkan tuch…
    pertama kali tayang tiap malem minggu jam 18.00-19.00
    kalo sinetron ya si doel anak sekolahan…
    kalo acara kuis, Apa ini Apa itu sama Rahasia Keluarga…

    saat SD juga, tonggak perjuangan SINETRON mulai ditancapkan, dimulai dengan sinetron “noktah merah perkawinan”
    hingga saat ini perkembangan sinetron yang semakin gak jelas dan sering menyesatkan.

    ketoe ngunu kui mas..

  7. Alhamdulillah saya sudah bisa menyelesaikan PR SD ini mas.🙂
    Kisah kita hampir sama ya?, tapi bedanya saya gak suka berantem. He.he . . . Peace!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s