Palav – Makanan Turkmenistan dan Negara Sekitarnya


Agenda les gratis belajar bahasa Rusia kali ini adalah acara makan-makan di kos-kosan mahasiswa asing yang mengajari bahasa Rusia. Bahram namanya. Acara les bahasa Rusia kali ini spesial dikarenakan akan dimasakkan makanan khas Turkmenistan dan sekitarnya. Masakan yang dibuat oleh temen-temen kosnya yang berasal dari Turkmenistan, Tajikistan, dan beberapa negara sekitarnya.

Palav, Makanan khas turkmenistan dan sekitarnya

Palav, Makanan khas turkmenistan dan negara sekitarnya

Di negara mereka, tidak ada pembeda gender dalam hal masak-memasak. Itu artinya cowok dan cewek harus bisa masak. Mereka akan merasa malu dalam kehidupan di negaranya jika mereka tidak bisa memasak. Berbeda dengan tradisi yang ada di negara kita Indonesia yang hanya wanita yang harus dituntut untuk bisa memasak.

Kali ini setelah les bahasa Rusia  akan memasakkan kita makanan yang bernama Palav. Dalam bahasa Sirilik ditulisnya  палав yang dibacanya palav. Makanan ini merupakan makanan dari Turkmenistan dan Tajikistan dan negara-negara sekitarnya.

Palav sendiri merupakan nasi yang dimasak dengan potongan kecil-kecil Wortel atau labu sehingga warna nasinya berubah sedikit merah-kemerahan dan bumbu bumbu yang lain seperti santan.  Kemudian di masak menggunakan minyak sayur. Kemudian diberi ayam atau lauk yang lain yang dimasak secara bersama-sama.

Menurut saya, rasa nasi ini seperti rasa nasi yang ada di Indonesia. Rasanya seperti Nasi liwet khas Solo cuma rasa wortelnya terasa sekali.

Yang unik dari makanan khas turkmenistan adalah setiap kali mereka makan, mereka selalu menyediakan salad dengan apapun makanannya. Salad merupakan sayuran yang terdiri dari potongan tomat, mentimun dan mayonaise. Salad merupakan makanan yang wajib bagi negara mereka. Ketika makan, maka salad yang dibuat harus dihabiskan. Itulah yang menjadi tradisi mereka.

Tradisi makan Palav

Tradisi makan Palav. Sarung makan juga tersedia untuk alas makan. Tidak boleh melewati sarung. Itu sesuai dengan tradisinya

Selain itu cara makan di negara mereka juga berbeda. Mereka biasanya menyediakan sarung untuk menjadi landasan makan. Makannya dilakukan dilantai dengan berlandaskan sarung. Sarung itu buat dasar makan agar nasi-nasi dan makanan tidak tumpah ke lantai. Seperti halnya di Indonesia, Ketika kita mau lewat kita tidak boleh melewati makanan.

Untuk minuman khas mereka saya belum merasakannya. Pas kemarin hanya minum es jeruk. Katanya mereka minuman khas Turkmenistan juga dari teh juga. Mungkin untuk kesempatan yang akan datang akan ada acara minum minuman khas mereka.

34 thoughts on “Palav – Makanan Turkmenistan dan Negara Sekitarnya

  1. Ping-balik: Pecel Gendar dan Nasi Jagung: Makanan Tradisional yang jarang ditemukan « @Aguswibisono

  2. Ping-balik: UNS International Cultural Night 2012 : Ajang penghargaan keberagaman berbagai Negara di UNS | Agus Wibisono

  3. Ping-balik: Postingan Rekap Bulan November 2011 Kemarin | Agus Wibisono

  4. Pertama kali kenal makanan Rusia, PALAV mirip nasi lemak ya?
    Bisa nambah wawasan ttg Rusia tp bikin perut laper neh..

  5. Wahhh, berarti semua rakyatnya pinter masak semua ya kang?
    Saya bisanya masak air sama Mie telo aja, he . . .😀

  6. Setiap negara dan daerah memiliki citra rasa tersendiri dalam penyajian masakan dalam beraneka ragam rasa dan model makanan. karena suatu perbedaan merupakan kekayaan yang paling berharga dalam suatu kehidupan.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s