Pilih Teduh atau Pilih Aman


Pilih teduh atau aman

Pilih teduh atau aman.

Dulunya pohon ini begitu tinggi dan menjulang. daun dan rantingnya pun terlihat rindang dan menyejukkan di daerah sekitar yang ada. Lokasinya pohon ini berada di depan sebuah jurusan perkuliahan di UNS. Karena kesejukannya, mahasiswa sering duduk ngobrol di bawah rindangnya pohon. Memang para mahasiswa yang habis kuliah atau sedang menunggu untuk berkonsultasi dengan dosennya pun menjadikan tempat di bawah pohon ini menjadi tempat favorit. 

Sudah lama pohon ini tumbuh subur di situ. Seiring dengan banyaknya pengguna parkir mobil dan keterbatasannya tempat parkir mobil menjadikannya daerah disekitar pohon itu menjadi parkir untuk dosen. Karena teduh mobil-mobil banyak yang parkir di tempat tersebut.

Musim penghujan kemarin itu sering terjadi angin kencang. Kerap kali ranting-ranting pohon patah dan jatuh. Puncaknya angin kencang tersebut ketika hujan deras di siang hari membuat ranting-ranting jatuh dan menimpa sebuah mobil. Menurut keterangan beberapa teman, kaca mobil dan beberapa bodi mobil peyok tertimpa ranting.

Takut menimpa mobil dan orang yang berada disitu, keputusan dari fakultas dan dengan pertimbangan masukan beberapa dosen pun segera diputuskan. Ditebanglah pohon tersebut, tapi dengan menyisakan batang utamanya. Dengan berharap pohon itu tumbuh lagi.

Namun, justru yang terjadi adalah setelah beberapa hingga musim kemarau ini pohon itu tidak sesegera tumbuh. Terlihat tidak adanya ranting dan daun yang ada. padahal itu selangnya udah beberapa bulan.

Setelah ditebang, kini mobil-mobil aman untuk di parkir di tempat tersebut. Namun kondisi yang ada adalah tempat tersebut terasa panas terkena terik matahari langsung. Tanpa peneduh. Karena panas, mahasiswa enggan untuk duduk dan ngobrol di daerah tersebut. Mereka pindah ketempat lain yang lebih teduh. Padahal tempatnya lebih jauh dari tempat ruang dosen yang berada dekat dengan pohon tersebut.

Mungkin pohon tersebut tidak merasa menjadi pihak yang disalahkan. Yang menjadi masalah adalah terjadinya beda kepentingan. Jika dilihat manfaatnya, pohon rindang tersebut lebih baik jangan ditebang. Kampus terlihat lebih rindang. Mungkin solusinya dulu seharusnya parkir mobil saja yang dipindah.😀

Bagi saya, jangan ditebang pohonnya. eman-eman.

22 thoughts on “Pilih Teduh atau Pilih Aman

  1. pohon teduh yg baik pohon tranbesik , flamboyang,sakura selain menghasilkan oksigen banyak dapat mepercantik kota dengan kembangnya…..! juga baik untuk di kawasan hutan

  2. jangan ditebang donk! Agar tidak roboh kan bisa diakalin misalnya pakai penyangga beton yang kokoh, jadi sampai pohonnya busuk pun betonya tidak akan ikut busuk kan? selamat mencoba !🙂

  3. Ping-balik: Posting Rekap bulan Oktober Kemarin | Agus Wibisono

  4. Workshop Bisnis Online. Malang, 29-30 Oktober 2011. Peserta terbatas 30 orang. Tempat LAB Statistik FE UIN Malang.

    Materi UTAMA : Membangun TOKO ONLINE, Riset PRODUK, Teknik JITU Promosi dan Marketing INTERNET.

    Materi TAMBAHAN : Optimasi Blackberry+Facebook+Twitter Untuk BISNIS Online.

    Garansi 1 BULAN Jualan.

    Info Lengkap: http://www.GuruBisnisOnline.com | PIN BB 2310BF87 | 0856 4960 8915.

  5. Seingatku ada pernah kejadian di salah satu kampus di kotaku. Seorang mahasiswa meninggal akibat tertimpa pohon yang rebah.
    Hmm… pilih teduh atau pilih aman?😀

  6. Mungkin harusnya “dirapikan” saja, kalau musim penghujan memangkas pohon tanpa menyisakan daun, memang akan cepat tumbuh tunas baru, musim kemarau, pohonnya juga kepanasan tanpa daun😦

  7. Semua tergantung situasi dan kondisi yang mengharuskan memelihara ataupun menebangnya. Kalau sudah ada korban akibat terkena jatuhannya , tentunya akan merepotkan semua. Namun kalau bisa yang parkir di arahkan di tempat yang lebih aman, dan di beri peringatan berbahaya apa tetap saja di bawahnay jadi pilihan favorit berteduh ya ??

    Salam hangat serta jabat erat sellau dari Tabanan

    • kalo buat berteduh sih tidak menimbulkan bahaya. soalnya jatuhnya ranting itu pas waktu angin kencang dan hujan. pasti yang berteduh pada minggir semua. kalo mobil mungkin bisa dicari alternatif lain tempat parkir.😀 semoga.

  8. beberapa bulan kemaren, pohon mangga di depan rumah juga di tebang.
    gara2 ulat bulu.
    padahal udah enak kalo dijadiin tempat duduk2, teduh semriwing :))
    sekarang jadi panas kering kerontang😦

    • sekarang udah gak musim lagi ulat bulu. mungkin sebagai gantinya ditanam aja mas tanaman yang rindang dan cepet tumbuh selain mangga.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s