Patung Jendral Sudirman di Pacitan


Ada patung yang lebih besar lagi jika dibandingkan dengan patung jendral sudirman yang ada di Jakarta. Mungkin yang ini juga termasuk patung jendral Sudirman yang paling besar di Indonesia. Patung Jendral Sudirman itu terdapat di daerah Pacitan. Patung Jendral Sudirman ini lebih tepatnya berada di desa Pakis kecamatan Nawangan Pacitan. Dekat dengan perbatasan Wonogiri. Hawa sejuk pegunungan juga terasa di desa Pakis ini.

patung jendral sudirman di pacitan 01

patung jendral sudirman di pacitan 01

Patung jendral Sudirman ini terdapat dalam kompleks Monumen jendral Sudirman yang didalamnya tidak hanya terdapat patung jendral Sudirman yang mempunyai tinggi puluhan meter tapi juga terdapat berbagai diorama yang menceritakan perjuangan pergerakan jendral Sudirman melawan penjajah Belanda saat itu. Tidak hanya itu, cerita mulai dari kecil sampai meninggalnya jendral Sudirman juga digambarkan kedalam keseluruhan diorama yang berjumlah 60-an tersebut. Kompleks Jendral Sudirman itu juga sangat luas memang saat saya ke sana (2011) beberapa fasilitas bangunan belum sepenuhnya selesai. Seperti perpustakaan dan ruang aula yang masih kosong, hanya berbentuk bangunan. Tidak sepenuhnya terisi dengan berbagai buku buku dan fasilitas.

patung jendral sudirman di pacitan 01

Berbagai Diorama terdapat dalam kompleks jendral Sudirman ini

Banyak orang yang tidak tahu mengenai obyek wisata ini, maklum saja Obyek wisata ini baru saja diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008. Kurang lebih tiga tahun yang lalu. Apalagi letak daerahnya ini juga terlalu jauh dengan obyek wisata lainnya yang terkenal di Pacitan seperti Gua Gong, Pantai Telengria, Pantai Klayar. Memang saya menempuhnya lewat jalur Wonogiri melalui kecamatan Purwantoro. Karena jaraknya lebih dekat.

Memang lokasi ke obyek wisata ini agak terpencil. Sebelum masuk ke obyek wisata ini kita akan disambut dengan berbagai tulisan dari gapura yang terdiri dari berbagai tulisan nasionalisme. Setelah itu dari bukit itu kita akan mencapai kompleks monumen jendral Sudirman ini. Untuk tiket masuknya kita membayar seiklasnya kepada petugas.

Ketika memasuki kompleks ini yang terlihat adalah bangunan yang belum selesai. Banyak fasilitas di sini yang tertunda penyelesaiannya. Semisal perpustakaan. Namun kita bisa menikmati pemandangan dan hawa sejuk dari obyek wisata ini.

patung jendral sudirman di pacitan 01
Patung Jendral Sudirman dari Kejauhan
patung jendral sudirman di pacitan 01

patung jendral sudirman di pacitan

patung jendral sudirman di pacitan 01
Beberapa kompleks bangunan yang terdapat dalam Monumen jendral Sudirman
patung jendral sudirman di pacitan 01

Pemandangan yang terlihat di sekitar monumen jendral Sudirman

Bagaimana menurut anda. Menarik bukan?? silahkan kunjungi saja.

About these ads

30 thoughts on “Patung Jendral Sudirman di Pacitan

  1. Pingback: Pantai Srau Pacitan | Agus Wibisono

  2. Pingback: Menjelajahi Keindahan Pantai Klayar Pacitan | Agus Wibisono

  3. Pingback: Masakan Thailand | Agus Wibisono

  4. Mau ke sanaaaa!

    Tiap hari yang dilihat cuma Patung Jenderal Sudirman yang di jalan Sudirman, ples pemandangan macetnya ibukota, pulak! :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s