Madre


Novel Madre Karya Dewi Lestari

Madre merupakan buku karya Dee atau Dewi Lestari yang ketujuh. Buku ini terdiri dari 13 kumpulan karya fiksi dan prosa pendek selama lima tahun terakhir. yang terbit tahun 2011 ini. Ini merupakan buku yang ketujuh dari karyanya yang lain. Sebut saja karya sebelumnya yang sudah kita kenal seperti perahu kertas, Filosofi Kopi, Recto Verso. Belum semuanya karya Dewi Lestari sudah saya baca.

Bagi yang suka membaca novel dan kumpulan pendek, tidak ada salahnya membaca buku ini. Kumpulan cerita dan prosa yang ada di dalam buku ini menarik untuk dibaca. cerita yang paling aku suka adalah cerita Madre itu sendiri, yang terdapat pada cerita pertama di buku tersebut. Cerita pertama berjudul Madre, sekaligus menjadi judul dari buku tersebut. Madre kayaknya menjadi tulisan yang paling lama dan paling bagus diantara tulisan cerita yang terdapat dalam buku ini. Namun cerita yang lain juga tidak kalah menariknya. Coba baca saja, “Have you ever?” atau yang “Menunggu Layang-Layang”.

“saya cari di Google, kata “Madre” itu ternyata berasal dari bahasa Spanyol, artinya ‘ibu’. Madre, Sang Adonan Biang, lahir sebelum ibu kandung saya. Dan dia bahkan sanggup hidup lebih panjang dari penciptanya.

-salah satu tulisan dalam dari cerita madre

Yang paling saya suka adalah cerita Madre itu sendiri. Madre bercerita tentang jati diri seseorang yang kembali muncul begitu dia mendapatkan warisan sebuah toko roti yang sudah tutup dan sebuah adonan biang roti yang akan dibuat untuk membuat roti yang sudah berumur puluhan tahun. Dari situlah dia mengenal silsilah pemberi waris yang ada hubungan darah dengannya. Dari situlah dia tahu mengenai kehidupan sesungguhnya nenek dan ibunya. Dari roti itulah dia berkenalan dengan para pegawainya yang akan mengembangkan usaha rotinya. hingga dia berkenalan dengan seorang wanita yang akan membantu usahanya. Mending baca sendiri saja novelnya daripada saja jelaskan disini.

Saya tidak tahu tingkatannya gaya penulisan dalam sebuah buku, tapi menurut saya, selama tulisannya mudah dipahami dan dengan penggambaran plot yang bagus. Terima kasih buat mbak kiki yang sudah meninggalkan bukunya semalam sehingga saya bisa membacanya sampai selesai.

bagaimana menurut anda?? suka dengan bukunya??

4 thoughts on “Madre

  1. salah satu grup musik favorit saya adalah RSD,
    dan dewi ini tak diragukan lagi kualitas seninya.
    sepertinya saya mesti sekali-kali melirik novel dewi ini.
    dah lama gak baca novel

Tinggalkan Balasan

