Wisata Murah di Solo


Rasanya sudah lebih dari lima tahun saya tinggal di Solo. Menempuh kuliah di teknik industri UNS yang berada di Surakarta. Orang lebih suka menyebutnya Solo. Selama itu pula banyak kesan dan pesan saya yang tertinggal terhadap kota Solo. Menurut saya, jika orang ingin mengetahui sifat karakteristik dan tingkah laku orang Jawa itu cobalah untuk tinggal di Solo. Mungkin anda akan merasa betah dan terkesan di Solo, walaupun anda tinggal di Solo hanya beberapa hari.  Ramah tamah, sopan santun dan tentu saja banyak yang bilang orang Solo itu pemalu. itulah menurut saya tetapi juga banyak orang yang bilang seperti itu. Itu juga berlaku untuk orang orang yang tinggal di Solo dan sekitarnya.
Untuk tempat wisata sendiri, Solo banyak menawarkan tempat wisata dan tempat untuk refreshing. Di Solo ini, saya juga mempunyai beberapa tempat yang saya sukai untuk menghabiskan waktu dan untuk nongkrong.
Pasar Ngarsopuro
Pasar Ngarsopuro terletak di antara keraton Mangkunegaran dengan jalan Slamet Riyadi. Di sini ada pasar yang menjual aneka Suvenir cindera mata dan batik khas Solo. Di depan pasar ini banyak terdapat berbagai daya tarik seni. Lihat saja sepanjang jalan ini terdapat berbagai hasil seni yang unik dan menarik. Lokasi ini memang cocok untuk menghabiskan waktu dengan menikmati berbagai seni yang ada. Jika anda menyukai hobi fotografi, lokasi ini bagus bagi para pecandu kamera.
Sangkar Burung Pasar Ngarsopuran

Sangkar Burung Pasar Ngarsopuro, terdapat beberapa di ngarsopuro. Bagus bagi untuk fotografi

City Walk

City Walk Solo

City walk Solo terletak di koridor sebelah kanan sepanjang jalan Slamet Riyadi. Mulai dari  Purwosari sampai  Benteng Vastenburg dan pasar Gede. Kawasan Slamet Riyadi adalah salah satu aset yang dibanggakan oleh masyarakat Solo. Kawasan tersebut merupakan suatu kawasan yang memiliki unsur budaya yang melekat pada jati diri kota Solo karena banyak warisan bangunan yang bernilai sejarah. kawasan Loji Gandrung,  Sriwedari, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Kuno Danarhadi, Kawasan Ngarsopuran Mangkunegaran, Kampung batik Kauman , Gladhag, Alun-Alun Utara, Masjid Agung Solo, kawasan keraton Kasunanan, benteng Vastenburg. Tidak hanya bangunan bersejarah. Area pertokoan dan pusat belanja juga banyak terdapat di Slamet Riyadi. Solo Grand Mall, Pusat Grosir Solo dll.

Car Free Day

Hari bebas asap kendaraan bermotor ini dilaksanakan di sepanjang jalan Slamet Riyadi setiap hari Minggu pukul 05.00 – 09.00. Bagi yang ingin berolahraga di minggu pagi bisa menjadikan jalan sepanjang Slamet Riyadi ini sebagai lokasi untuk berolahraga. Tidak hanya sekedar berolahraga, karena selama acara Car Free Day ini juga banyak berbagai komunitas yang menampilkan aksinya. Mulai dari pengguna Sepeda, Sky Crapper, Pecinta Anjing. Selain itu banyak terdapat kuliner pagi yang siap dinikmati.

dsc_0165

Acara sehat. Car free day. Berolahraga, kemudian mencari sarapan. tentu saja banyak masyarakat dan komunitas yang terlibat. Terdapat di Sepanjang slamet riyadi.

Taman Balekambang

Merupakan salah satu tempat ruang publik yang terdapat di Solo. Taman Balekambang berada di belakang Stadion Manahan Solo. Di sini kita bisa menikmati sejuknya suasana yang alami, rindangnya pepohonan dan juga kita bisa menikmati kolam ikan yang membuat kita merasa refresh.  Beberapa Rusa juga ada di Taman Balekambang ini.

Taman Balekambang

Taman Balekambang. Surga bagi para pencari ketenangan dan bagi yang berpacaran. 😀

Untuk masuk ke Taman Balekambang kita tidak perlu membeli tiket masuk. Taman ini terbuka gratis untuk siapa saja. kecuali jika ada acara tertentu. Banyak warga solo yang menikmati keindahan dari taman Balekambang tersebut. Kadang kita juga bisa menjumpai taman Balekambang untuk dijadikan lokasi outbond.

Taman Balekambang

Taman Balekambang

Acara Event Solo – Solo Batik Karnaval

Agenda setiap tahun, Solo Batik Karnaval menampilkan berbagai parade busana dan karnaval kesenian yang unik. Saya sendiri setiap tahun selalu menyaksikan acara ini. Berbagai ide kustom kreatif yang terbuat dari batik tertampil pada acara ini. Karnaval ini dilaksanakan sepanjang  jalan Slamet sampai ke Balai kota, Gladak.  Jangan sampai melewatkan acara ini. Untuk tahun ini akan dilakukan pada bulan 25 Juni 2011.

dsc07170

Banyak agenda wisata tahunan di Solo. Salah satunya yang menarik adalah Solo batik karnaval. Banyak hal yang unik di sini.

Sekaten Solo

Sekaten bertepatan dengan maulud  Nabi Muhammad SAW. Salah satu dari acara Sekaten adalah terdapatnya pasar malam  Sekaten. Berbagai wahana hiburan dan souvenir ada dalam pasar malam ini.  Saya sangat suka mengunjungi pasar malam sekaten ini. Kita bisa menikmati berbagai wahana yang ada. walaupun usia saya sudah dewasa, berkunjung ke pasar malam sekaten ini saya tidak merasa bosan bosannya. Apalagi menikmati berbagai wahana. salah satu wahana yang saya sukai adalah naik ombak banyu.

dsc_0186

Salah satu dari acara tahunan Solo yaitu Sekaten Solo. Ada juga pasar malam. Banyak berbagai wahana hiburan dan menantang.

Dengan membayar uang lima ribu rupiah kita bisa menikmati berbagai wahana termasuk juga naik ombak banyu. Ada ketegangan sendiri kita menaiki wahana ini. apalagi penggerak wahana ini masih bersifat manual. ada orang yang memutarnya dengan tenaga sambil berlari lari, kemudian berayun-ayun sehingga wahana ini berputar sambil naik turun. Itulah kenapa wahana ini diberi nama ombak banyu.

dsc_0158

Ombak Banyu. Begitu masyarakat solo menyebutnya. salah satu wahana pasar malam di Sekaten yang paling saya sukai. Seru!!!!

Dengan majunya perkembangan jaman, mungkin kehadiran pasar malam ini kurang begitu diminati oleh anak-anak sekarang. Padahal acara seperti ini lebih seru daripada menonton TV di rumah atau bermain game. Semoga kedepannya hiburan seperti ini tetap ramai.

dsc_0081

anak-anak sedang mengantri Jinontrol. sebutan untuk komedi putar vertikal.

Selain tempat di atas,  masih banyak tempat wisata yang ada. Saya hanya menulis berdasarkan tempat-tempat yang sering saya kunjungi bersama teman-teman. Memang untuk berwisata itu tidak perlu mengunjungi tempat tempat yang mahal. Bagaimana menurut anda??  semoga solo menjadi semakin lebih maju dibidang pariwisatanya. Karena dari pihak pariwisata, banyak orang yang diuntungkan. Maju terus Kota Solo.

Pekan Informasi Nasional

dalam rangka mengikuti lomba Pin. Doakan Saya menang.

3 thoughts on “Wisata Murah di Solo

  1. Ping-balik: Panduan Wisata di Sragen | Agus Wibisono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s