[Film] Inception


Film Inception 2010 Agus wibisonoInilah film box office yang layak untuk ditonton. Film terbaru Leonardo Dicaprio yang bertema science fiction ini disutradarai oleh Kristophen Nolan. Film ini layak untuk ditonton. Pantas saja rating film di IMDB mencapai 9 dari 10 (9/10). Seperti halnya film Leonardo Dicaprio yang sebelumnya yaitu Shutter Island. Film ini menurut saya merupakan film yang cerdas. Lihat saja kerumitan dan ide cerita yang lumayan bagus. Agar anda bisa memahami cerita yang dimaksud dalam film ini, anda harus memperhatikan secara serius detail dan percakapan dalam film ini.

dream within a dream [mimpi di dalam mimpi]

Film ini mengisahkan mengenai seorang Domm Cobb (Leonardo DiCaprio) yang pekerjaan menjadi extractor, yaitu mencuri ide-ide dan pemikiran seseorang dengan cara melalui mimpinya. Cobb ini dapat masuk ke dalam mimpi melalui alat yang dipakainya. kemudian mengambil ide tersebut. Saito (Ken Watanabe) yang tertarik dengan keahliannya Cobb tersebut ingin agar Cobb melakukan Inception, yaitu menanamkan suatu pemikiran ke dalam pikiran seseorang melalui mimpinya. Ada pun Saito ingin menanamkan sebuah pemikiran kepada Robert Fischer, Jr (Cillian Murphy) agar menutup perusahaan yang diwariskan oleh ayahnya.

Maka dari itu, Cobb membentuk sebuah tim dengan berbagai kemampuan khusus untuk melakukan aksi Inception tersebut. Namun selama melakukan aksi tersebut ke dalam mimpi. Pikiran Cobb sering terganggu oleh pikiran dan ingatan dari Istrinya yang telah meninggal sehingga terkadang hal tersebut mengganggu pelaksanaan tugas Cobb.

Cerita di dalam film ini menggunakan konsep mimpi di dalam mimpi. Untuk bisa menanamkan pikiran yang kuat terhadap Robert Fischer maka Cobb harus masuk ke dalam level yang terendah dalam mimpi [mimpi di dalam mimpi]. Dalam perjalannya, karena terjadi perubahan rencana maka  Cobb berencana masuk lagi ke alam mimpi buangan yang disebut dengan limbo. Di bagian inilah  lebih banyak menjelaskan mengenai kepribadian Cobb, hubungan percintaan antara Cobb dan Mal di masa lalu dan menjelaskan bagaimana sebenarnya hubungan mereka yang menyebabkan Cobb selalu dihantui oleh bayang-bayang Mal. Dapat dimengerti mengapa Nolan masih bersusah payah untuk memasukkan unsur kisah cinta yang sebenarnya tidak akan berdampak banyak pada kisah utama film ini. Kisah cinta Cobb dan Mal ada untuk semakin memperumit kepribadian Cobb – sekaligus sedikit mengalihkan perhatian para penonton dari kisah cerita utama yang sedang berjalan.

Ending

Seperti film Leonardo sebelumnya, Shutter Island. Ending dari film ini menimbulkan penasaran penonton. Akhir dari film ini membuat penonton menimbulkan pertanyaan bagi penonton endingnya itu di dunia mimpi atau di dunia kenyataan. Saya punya jawaban sendiri. Namun tidak saya jawab di sini. Silahkan anda tonton saja agar penasaran anda hilang.

ending film Inception

saito meninggal dalam mimpinya pada tingkatan mimpi pertama karena terkena tembak. Karena penggunaan obat tidur yang kuat maka pikiran saito terbawa ke Limbo. Maka dari itu cobb (leonardo) pergi menyelamatkan saito setelah berada di Limbo cobb. setelah itu percakapan antara saito tua dan Cobb maka tiba-tiba saito dan cobb terbangun dari tidurnya. dilanjutkan dengan cobb pulang dan ketemu dengan anak anaknya. yang jadi masalah itu mimpi atau nyata:

Mimpi
mimpi karena totem yang digunakan (putaran) tersebut terus berputar. Selain itu setelah bertemu dengan Saito yang tua tidak ditampilkan lagi proses kembali ke dunia nyata.

Nyata
nyata karena setiap kali anaknya cobb yang dilihat dalam mimpinya selalu dalam menghadap ke belakang. maka setelah menyelamatkan saito kembali pulang.

Menurutku :

Menurut saya sih, Si Cobb ini walaupun itu mimpi atau nyata si cobb tidak mempermasalahkan yang penting Si cobb kembali ke realita bisa pulang ke rumah dan bertemu dengan anak-anaknya. hehehhe

bagaimana menurut anda??

Bagaimana mana menurut anda Film ini?? Mari menonton Film.

~wibisono~

22 thoughts on “[Film] Inception

  1. cobb secara tidak langsung dituduh membunuh istrinya – yg lompat sendiri dari jendela karena pengaruh kelamaan di dunia mimpi – ga bisa bedain lagi mana mimpi mana bukan.
    cobb melarikan diri dan sembunyi dari hukum – ga bisa bebas ketemu anaknya – yg dititipin di rumah orang tuanya
    Saito sendiri orang yg punya kekuasaan. Dia bisa menghapus kasus cobb, asal cobb mau bantu melakukan inception ini. – jadi dia bisa bebas ketemu dan hidup bareng anaknya lagi.

    Sepertinya ini cerita paling waras dari keseluruhan cerita.

    *tiba tiba muncul*
    ayo mas, diskusi film lagi

    • ayo.. diskusi lagi.
      itu cerita intinya. tapi Cobb juga terlempar ke limbo untuk menyelamatkan saito dan ketemu istrinya. akhirnya cobb berhasil keluar dari limbo tapi tidak tahu apakah cobb berhasil keluar dari mimpi atau tidak. tahunya kan dari totem yang kayak gansingan itu. tapi totemnya tidak berhenti. hayo, itu endingnya masih mimpi atau tidak??

  2. ni film buat saya males banget buat ditonton, kalo emang ceritanya serumit itu. meningan nonton film ‘the reader’ yang walaupun lambat tapi jelas dan tidak membuat yang menontonnya puter otak.

  3. filmnya keren, awalnya aq bingung ama jlan ceritanya .. agak ruwet , tapi klo nonton scra seksama ,ya sedikit tidaknya ngert jalur ceritanya .
    adegan yg paling q suka waktu cobb dan semua timnya kembali ke alam sadar , bner2 menegangkan , 3 tingkat mimpi berjalan sekaligus ..
    dan ending top dah ….
    kasian jg si cobb trus d hatui ma proyeksi istrinya, sampe2 dy ga tw apa itu nyata atw mimpi….
    over all is good .. ^^

  4. hmmm
    ada yang kurang tepat nih
    ending film ini emang gantung, tapi untuk pernyataan bahwa itu mimpi, yang tentang usia anak2 itu salah

    mreka kan emang gk tua2, karena si Cobb baru pergi brapa bulan, blm smpe setahun
    makanya perawakan si anak2nya emang cma sgitu2 aja.

  5. like this film very much,padahal di awal 20 menit film, sempat ga ngerti ini film macam apa. eh ternyata, imajinasinya luar biasa eksekusinya. sampai suatu saat selepas nonton film itu, kebawa mimpi pula mencapai mimpi 3 lapisan,hehehe

    • betul mas. aku habis nonton masih kepikiran terus nontonnya. sampai aku ulangi nonton yang kedua kalinya.😀
      filmnya sangat berimajinasi.

    • saito meninggal dalam mimpinya pada tingkatan mimpi pertama karena terkena tembak. Karena penggunaan obat tidur yang kuat maka pikiran saito terbawa ke Limbo. Maka dari itu cobb (leonardo) pergi menyelamatkan saito setelah berada di Limbo cobb. setelah itu percakapan antara saito tua dan Cobb maka tiba-tiba saito dan cobb terbangun dari tidurnya. dilanjutkan dengan cobb pulang dan ketemu dengan anak anaknya. yang jadi masalah itu mimpi atau nyata:

      Mimpi
      mimpi karena totem yang digunakan (putaran) tersebut terus berputar. Selain itu dari tahun tahun anaknya yang ditinggal usia nya masih sama (dilihat dari bentuk fisiknya).

      Nyata
      nyata karena setiap kali anaknya cobb yang dilihat dalam mimpinya selalu dalam menghadap ke belakang. maka setelah menyelamatkan saito kembali pulang.

      Menurut saya sih, Si Cobb ini walaupun itu mimpi atau nyata si cobb tidak mempermasalahkan yang penting Si cobb kembali ke realita bisa pulang ke rumah dan bertemu dengan anak-anaknya. hehehhe

      bagaimana menurut anda??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s