Kedewasaan


tawadhuSetiap manusia pasti akan mengalami yang namanya kedewasaan. Suatu pencapaian di mana  manusia ber-metamorphosis dari yang namanya anak anak menjadi dewasa. Sebelumnya kita harus bisa membedakan dulu antara urutan perkembangan fisik manusia. Mulai dari lahir, balita, anak-anak, remaja, kemudian berkembang terus menjadi tua dan akhirnya mati. Namun usia fisik manusia tersebut apakah menjadi tolak ukur kedewasaan kita?? Apakah tua berarti dewasa??

Saya tidak setuju kalau tua itu menjadi patokan dewasa. Kadang saya juga melihat ada orang tua yang bertingkah laku seperti kekanak-kanakan. Dewasa itu menurut saya bertambah pengalaman hidupnya.  Semakin banyak masalah-masalah hidup dan sekitarnya akan menambah pula kedewasaannya. Itulah jalan untuk menjadi dewasa. Namun semua itu harus kembali kepada diri kita pribadi. Mungkin pendapat anda berbeda dengan pendapat saya mengenai proses kedewasaan.

Kedewasaan dalam menyikapi suatu masalah misalnya. Kita harus menerima, bersabar kalau perlu dan menyelesaikan masalah tersebut. Itulah yang disebut dengan dewasa.  Atau apa yang terjadi semisal  ketika kita mendapat suatu masalah dan cobaan. Apakah kita akan lari. Atau kita akan mengeluh kesal. Tidak!!. Kita harus bersyukur karena kita masih diberi masalah. terima kasih yang telah memberikanku sebuah masalah dan kerepotan karena saya dapat mengambil hikmah dari itu. jadi sekarang jangan mulai mengeluh kesal saudara. Bersyukurlah kita masih diberi masalah.

nb: bukan berarti saya lebih dewasa dari anda. Namun saya akan berusaha untuk menjadi lebih dewasa dalam memaknai hidup. saya jadi teringat mengenai sebuah Quote yang bagus. Jika anda tidak bisa mendapatkan apa yang anda inginkan. Bersyukurlah anda tidak mendapat apa yang anda tidak inginkan.

~Wibisono~

sumber gambar dari ekoalkautsar.blogspot.com

2 thoughts on “Kedewasaan

  1. Manusia akan menjadi tua itu memang pasti, namun tak setiap manusia bisa menjadi dewasa.. . salam kenal agan :D, ditunggu kunjungan baliknya, TQ

  2. Ping-balik: Tweets that mention Kedewasaan | AGUS WIBISONO -- Topsy.com

Tinggalkan Balasan

