Menyalakan Laptop melalui Baterai luar


charging-laptop-baterai-eksternalini beberapa percobaan yang saya lakukan untuk menyalakan laptop menggunakan baterai. Semisal terjadi pemadaman listrik dari PLN yang sering mati atau sulit untuk mencari sumber listrik AC.  Adapun prinsipnya yaitu arus listrik dari Baterai luar digunakan untuk menhidupi power yang ada di Laptop termasuk juga dengan baterai internal laptop itu sendiri. Sistem ini menggunakan sistem direct (langsung) jika antara tegangan baterai luar dengan tegangan baterai dalam hampir bernilai sama (Dalam hal ini sama bernilai 12 Volt). Namun untuk tegangan yang berbeda perlu membuat pengatur tegangan output untuk menyesuaikan agar bernilai tegangan  hampir sama.  Kalo penasaran lihat saja berapa tegangan yang ada di spesifikasi baterai luar.

dsc00249

Laptop bisa menyala

Baterai luar ini menggunakan baterai kering yang berbahan baterai yaitu timbal (Pb). Dengan tegangan outputnya sekitar 12 V dan 2,3 Ampere Hour (AH). Adapun daya tahan baterai ini saat digunakan sekitar satu jam. Namun itu sudah termasuk charging baterai laptop. Sehingga kalo diperkirakan tanpa beterai laptop bisa mencapai dua jam lebih. Hampir sama dengan waktu nyala baterai laptopnya sendiri.

Laptopnya sendiri menggunakan Netbook Gigabyte touchscreen M912 dengan tegangan powernya sekitar 12 V. Untuk Colokan dan kabelnya sendiri bisa beli di toko-toko elektronik. Sedangkan aki ini bersifat rechargeable atau dapat diisi ulang juga.

dsc00251

menggunakan satu beterai dengan tegangan realtime masih 11,86 Volt

Menurut saya untuk ketahanan komponen dalam laptop kayaknya tidak berpengaruh asalkan tegangannnya sama dan arus yang digunakan dibawah batasan. Baik batas atas maupun batas bawah. Namun jika baterai luar ini sudah mau habis segera dicabut karena ampere ini berbanding lurus dengan tegangan jika Ampere Hournya semakin habis maka tegangan semakin berkurang maka dapat juga menyebabkan kerusakan dalam komponen. Usahakan tegangan baterai luar tetap diatas 10.8 V. Jika sudah mendekati itu segera lepas baterainya.

Silahkan mencoba. Bagaimana menurut anda??

~wibisono~

19 thoughts on “Menyalakan Laptop melalui Baterai luar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s