Merantau lah


Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman
Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang
Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan
Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan
Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, kan keruh menggenang

Singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa
Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran

Jika matahari di orbit tidak bergerak dan terus diam
Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum di gali dari tambang
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan.

Imam Syafii -sepenggal puisi dari Novel negeri 5 Menara-

*****

Merantau. Pasti ada yang tidak terbayangkan dalam benak dan pikiran anda. Apakah anda suka sesuatu yang baru?? ataukah anda ingin mendapatkan sebuah tantangan. Cobalah. Setelah beberapa hari di Jakarta kini saya akan segera bertolak ke Batam. Lebih tepatnya untuk beberapa bulan. Kedua kota ini memang tidak pernah terfikirkan oleh saya. Apalagi selama ini saya hanya mengunjungi kota-kota yang dekat dengan tempat tinggal saya. Lebih tepatnya Solo dan sekitarnya.

Jakarta dan Batam merupakan kota yang unik bagi saya. Jakarta sendiri memiliki keunikan sebagai kota yang penuh dengan kesibukan dan apapun bisa dilakukan untuk mendapatkan uang. Ironis sekali. Selain itu, Jakarta, yang berbeda dari tempat tinggal saya di Sragen adalah kemacetan. Menurut saya, pasti waktu yang paling banyak dihabiskan warga di Jakarta selama ini paling ya di transportasi umum.

picture-065

view jakarta

Setelah beberapa hari di Jakarta. Mungkin akan segera bertolak ke Batam. πŸ˜€

Selamat Merantau. Bagaimana menurut anda??

~Wibisono~

Tinggalkan Balasan

