Hari Buku Dunia 2010 : Mari Membaca


Hari ini tanggal 23 April 2010 yang jatuh pada hari jumat bertepatan dengan hari Buku Dunia. Sebenarnya hari ini adalah hari buku dan hak cipta dunia. Hari dimana kita memperingati pentingnya akan membaca buku. Sebuah buku dan catatan yang menjadi sesuatu penemuan yang besar. Dimana ilmu pengetahuan menjadi berkembang, ide dan gagasan menjadi menyebar.

Menurut Wikipedia asal mula tanggal 23 April ditetapkan sebagai hari Buku yaitu

ada hubungan kaitan antara tanggal 23 April dengan buku pertama kali terjadi di Spanyol untuk menghormati seorang penulis, Miguel De Cervantes yang meninggal saat itu. Ini juga menjadi  tradisi perayaan hari Saint George di Catalonia, dimana tradisi ini seorang laki-laki memberikan sebuah mawar kepada seseorang yang dicintainya dan wanita memberikan sebuah buku untuk ditukar.

Namun pada tahun 1995, UNESCO baru mengesahkan tanggal 23 April sebagai hari Buku dan Hak Cipta (CopyRight) Dunia karena untuk memperingati tradisi festival Catalonia tersebut dan sebagai perayaan kelahiran dan kematian dari William Shakespeare, kematian dari Miguel de Cervantes, Inca Garcilaso de la Vega dan Josep Pla, kelahiran dari Maurice Druon, Vladimir Nabokov, Manuel Mejia Vallejo dan Halldor Laxness.

Acara hari buku dilaksanakan serentak di seluruh dunia. Untuk Indonesia sendiri pada tahun 2010 ini mengadakan perayaan hari buku dunia dengan tema ,” kepergok membaca”. kita dapat berpartisipasi dalam Kampanye 1000 Foto Kepergok Membaca dengan mengirimkan foto Kepergok Membaca hasil jepretan Anda. Foto-foto yang terpilih bisa diterbitkan dalam buku 1000 Foto Kepergok Membaca. Sehingga diharapkan dari acara tersebut dapat menimbulkan minat membaca buku bagi masyarakat. Semakin banyak kita membaca buku maka kita akan menjadi pintar. Betul!!

Perpustakaan Alexandria

Anda pasti sudah mengenal perpustakaan Alexandria yang terletak di Yunani. Sebuah pusat belajar besar pertama di dunia, bahkan mungkin dianggap sebagai universitas pertama di dunia dimana tempat lahirnya ilmu pengetahuan modern. ilmu pengetahuan ini bersumber pada buku. Buku merupakan media menyimpan sejarah, literatur, drama, kajian matematika serta ilmiah.  Bahkan diperkirakan perpustakaan Alexandria mempunyai setengah juta koleksi. Bahkan karya – karya pemikir bersar Yunani masuk kedalam koleksinya. Sebut saja Aristoteles, Plato, Socrates, rumus-rumus Archimedes  dan juga koleksi Auclid sang penemu Geometri.

Namun bagaimana ketika perpustakaan ini terbakar habis oleh Julius Caesar. Para ahli begitu sangat menyayangkan terbakarnya perpustakaan tersebut. Padahal buku-buku itu terkandung suatu pengetahuan yang mungkin sampai saat ini belum terbuka rahasianya.😀

Iqro, Bacalah

Bagi yang muslim, membaca merupakan perintah yang wajib. Surat al-alaq, yang merupakan surat kali pertama  yang Allah turunkan kepada Rasulullah saw, ketika itu Rasullullah saw masih belum bisa membaca. Namun malaikat yang membawa wahyu tersebut memeluk dan mendekapnya lagi sambil membacakan surat Al-Alaq ayat 1-5. Ini betapa pentingnya kita untuk membaca. maka para ulama menafsirkan kata Iqro ini bisa diartikan membaca kitab, menelaah,melakukan penelitian,berexperimen,membaca segala sesuatu yang di sekitar kita.

*****

Pada jaman sekarang ini membaca juga harus diartikan sebagai belajar dan berkembang. Sedangkan buku merupakan media untuk belajar. Buku tidak hanya diartikan sebagai kertas yang berisi dengan tulisan, bisa termasuk internet, media televisi koran komik, dll. Semoga diharapkan kesadaran membaca buku masyarakat tinggi. Selamat hari Buku. Bagaimana menurut anda?? sudahkah anda membaca buku hari ini.

~Wibisono~

2 thoughts on “Hari Buku Dunia 2010 : Mari Membaca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s