Hari Bumi 2010: selamatkan Bumi


tepat saat ini tanggal 22 April 2010 merupakan hari hari Bumi. Di mana hari bumi sebagai peringatan semua manusia di bumi untuk kesadaran terhadap planet tempat kita. Tempat tinggal kita.

Menurut Wikipedia, Hari bumi yaitu :

Hari Bumi diperingati pada tanggal 22 April secara Internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat diatas khatulistiwa yang sering disebut Maret Equinox.

Jika bicara mengenai Bumi, jika diibaratkan bumi itu manusia dia pasti sedang sekarat. Banyak sekali kerusakan dan bencana-bencana yang timbul di Bumi kita tercinta ini. Karena di sayangkan penyebab utama kerusakan utama di bumi ini adalah manusia. Bagi yang Muslim, pasti tahu firman Allah mengenai :

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari perbuatan mereka, agar mereka kembali.” (QS. AR-Ruum [30]: 41).

Bukannya manusia diberi amanah untuk menjaga dan melestarikan bumi. Lalu kenapa masih ada banyak melakukan aksi-aksi kerusakan terhadap bumi.  Kita juga tidak ingin terjadi bencana-bencana akibat alam murka karena ulah kita sendiri.

Mari bersama-sama untuk menjaga bumi dengan gerakan 3M. Mulai dari diri sendiri. Mulai dari yang kecil-kecil. Dan mulai saat ini juga.

Ada Slogan yang saya suka dari teman saya dari ITB,  Bumi itu tidak butuh diselamatkan. Akan tetapi manusia lah yang harus diselamatkan.

Selamat hari Bumi teman-teman. Apa yang anda lakukan di hari bumi??

~wibisono~

3 thoughts on “Hari Bumi 2010: selamatkan Bumi

  1. meskipun bumi kita injak-injak, kita ludahi setiap hari,dia tetap mengeluarkan berbagai hasil bumi yang dapat kita nikmati (NH Dini)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s