Universitas Sebelas Maret (UNS): New Wave Education For World Class University


Menurut, untuk menjadi UNS yang World Class University setidaknya mahasiswa harus Melek dengan Teknologi.

mengapa saya mengatakan demikian?? Karena ini merupakan era baru pendidikan. It’s a New Wave Education. Ada yang pernah membaca bukunya Hermawan Kertajaya, bapak marketing indonesia yang berjudul New Wave Marketing. Bagi yang belum baca silahkan dibaca ulasan saya mengenai buku tersebut. Karena ini era baru pendidikan, supaya kampus UNS ini tidak tertinggal, apalagi jika ingin menjadi World Class University. Era baru itulah yang disebut dengan era Teknologi.

Kenapa kok teknologi??

Menurut saya, perkembangan teknologi, terutama teknologi informasi telah membuat perilaku masyarakat berubah total. Peran internet dan mobile tecnology juga mempengaruhi perilaku di lingkungan akademis. Peran internet membuat kita memperoleh semua informasi yang ada di dunia, sedangkan peran mobile technology membuat kita bisa ter-update informasi kapan pun dan di mana pun berada. Selain itu kita bisa menjalin relasi, hubungan dan kerjasama dengan orang lain tanpa terpisah dengan jarak dan waktu.

Bayangkan saja jika kita kuliah sebelum teknologi itu ada. Untuk mencari referensi saja kita harus menghabiskan waktu dan tentu saja informasi sangat terbatas. Tidak seperti saat ini yang informasi yang begitu banyaknya tinggal kita bagaimana memanfaatkannya.

New Wave Education

New Wave education merupakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi internet terutama dengan web 2.0. Dengan internet sudah tidak ada lagi batasan waktu dan jarak. Adapun media pembelajarannya bisa melalui E-Learning, Diskusi di Blog, dan pemanfaatan media jejaring sosial untuk sarana pendidikan.

tulisan saya mengenai New Wave education hanya mengadopsi dari buku marketing New Wave Marketingnya Hermawan Kertajaya. Tentu saja itu juga bisa diadopsi untuk kondisi akademis juga. Apalagi yang saya dengar di UNS ini adalah sedang aktif-aktifnya menaikkan peringkat Webometrics. Bagi yang ingin mengetahui perkembangan Webometric saat ini silahkan kunjungi blognya pak tanto.

Kembali ke New Wave, Kenapa kok harus New Wave Education??  Hal ini karena penggunaan internet untuk edukasi antara satu universitas satu dengan universitas yang lain selama memiliki koneksi internet memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing menjadi Sukses. Dalam hal ini menjadi World Class University. Adapun patokan output untuk menjadi World Class University adalah memiliki lulusan universitas yang bisa bersaing secara global. Jika dipikir-pikir, apakah sekarang ini kita sudah siap??

Saya jadi ingin bercerita lagi mengenai buku yang saya baca, Wikinomics, bercerita mengenai seorang mahasiswa dari India yang ingin bersekolah ini  Massachusetts Institute of Technology (MIT), karena keterbatasan biaya, jarak dan waktu dia tidak bisa bersekolah di sana. akhirnya dia bersekolah di Institut di negerinya sendiri. Namun karena adanya internet dia bisa memperoleh ilmu dan berdiskusi mengenai kuliah yang diperoleh dari MIT, dengan dosen-dosen dan pengajar dari MIT juga dan itu dilaksanakan hanya dengan mengakses internet dengan membuka situs pendidikan opencourse yang diselenggarakan oleh MIT.

Sebenarnya kita itu sama jika kita mempunyai niat untuk belajar. Seperti halnya seorang India tersebut. Dan jika kita teringat dengan India, negara yang hampir sama dengan kita. India itu sudah mendahului kita dalam bidang akademis dan teknologi. Lalu kapan kita akan bersaing??

Maju terus UNS, karena UNS membutuhkanmu.

~ Wibisono ~

nb: Tulisan ini saya buat untuk mendukung acara blogfest 2010 untuk mendapat  free tiket blogger conference UNS Blogfest 1.0.

7 thoughts on “Universitas Sebelas Maret (UNS): New Wave Education For World Class University

  1. Ping-balik: AntarBlog.Com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s