Ide Penelitian dan riset


Sebagai seorang mahasiswa dan juga seorang akademis, kita tidak bisa terlepas dari penelitian atau riset. Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta sebagai kampus akademis juga harus mengutamakan penelitian dan riset. Jika anda sebagai dosen, melakukan penelitian dan riset merupakan syarat wajib disamping melakukan kegiatan pengajaran. Namun bagaimana dengan mahasiswa?  Sebenarnya mahasiswa juga harus dituntut untuk melakukan penelitian, misalnya penelititan yang wajib dilakukan yaitu tugas suatu mata kuliah, kerja praktek, dan tugas akhir. Selain itu kita bisa mengajukan penelitian untuk meningkatkan prestasi kita sebagai seorang akademis misalnya melalui PKM Dikti, PKM Mawa, dan lomba-lomba penelitian lainnya.

Ketika kita ingin membuat suatu penelitian dan riset, kita sering mempunyai kendala dalam menciptakan ide dan konsep. Saya rasa itu kendala bagi semua mahasiswa, termasuk saya juga. Kita merasa sering bingung ingin melakukan penelitian tentang sesuatu hal, walaupun kita sudah diberi tema penelitian. Kita merasa takut untuk mengungkapkan suatu ide. Jangan-jangan ide saya ini sudah digunakan untuk penelitian orang lain, jangan-jangan penelitian ini mempunyai banyak kendala ke depannya, jangan-jangan nantinya ide saya ini ditolak. Buang saja ketakutan anda.😀

Bagi yang ingin melakukan penelitian dan riset, ada beberapa langkah yang saya lakukan untuk memunculkan ide sehingga menghasilkan suatu karya penelitian. Biasa yang saya lakukan yaitu :

  1. Buatlah tema atau topik yang anda sukai. Ini merupakan hal yang paling utama karena jika penelitian yang anda lakukan dan anda tidak suka didalamnya pasti banyak mengalami kendala. Selain itu jika anda sudah tidak suka terlebih dahulu maka rasa minat dan keingintahuan anda semakin berkurang.
  2. Perbanyaklah referensi dan wawasan mengenai tema atau topik yang anda buat. Adapun langkahnya bisa melalui membaca jurnal, referensi, membaca ilmu teori dan penunjang lainnya.
  3. Lakukanlah diskusi, brainstorming, Focus grup discussion dengan dosen atau teman anda mengenai topik yang anda buat. Pasti anda akan mendapatkan masukan-masukan yang bermanfaat untuk penelitian anda.
  4. Jika kadang tema  anda sudah banyak yang melakukan penelitian. Buatlah sudut pandang penelitian yang berbeda. Misalnya anda meneliti tentang perancangan sebuah meja komputer, padahal yang meneliti di bidang ini sudah banyak. Anda tinggal membuat sudut pandang penelitian perancangan  meja komputer bagi penyandangan cacat misalnya. Atau tinggal  melakukan memandang dari segi ekonomi, segi biaya dan lain-lain.
  5. Selain itu banyak metode untuk mendapatkan ide penelitian. Misalnya dengan menggunakan metode ATM amati- tiru- modifikasi. Kita bisa melakukan metode penelitian orang lain tapi menggukan contoh kasus yang berbeda. Misalnya di perusahaan lain atau dengan subjek yang lainnya.

Itu beberapa langkah yang saya lakukan untuk mendapatkan ide penelitian. Mungkin anda punya teknik sendiri yang dilakukan untuk menghasilkan ide penelitian.

~wibisono~

4 thoughts on “Ide Penelitian dan riset

  1. wah thx ya..
    keren mas postingan anda tentang memunculkan ide sehingga menghasilkan suatu karya penelitian..
    semoga bermanfaat juga buat yang lain ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s