Bermain Rubik


Saya tidak tahu mengapa senang sekali dengan permainan puzzle yang mengasah otak. Sebut saja Sudoku, minesweeper, game teka-teki, Teka-teki Silang dan yang terakhir ini yang kumainkan adalah Rubik. Sebuah permain balok kubus yang terdiri dari kotak-kotak kecil tersebut. Kotak-kotak kecil tersebut bisa diputar sehingga setiap sisi dari rubik tersebut mempunyai warna yang sama. Permainan ini memang membutuhkan strategi dan teknik khusus untuk menyelesaikan rubik ini.

Saat waktu di Islamic book fair 2010 (11/04/2010), saya juga membeli sebuah rubik yang berukuran 3x3x3. Walaupun harganya murah namun lumayan walau untuk sekedar latihan. Saya ini juga masih termasuk pemula dalam bermain rubik. Hanya bisa menyelesaikan rubik 3x3x3 hanya dengan metode layer by layer. Untuk metode yang lain masih belajar. Apalagi untuk metode yang blindfold (mata tertutup), saya masih belum bisa sama sekali. Maklum harus menghafal semua posisi kotak kecil. Namun bermain rubik ini dapat mengisi waktu luang saya.

Sejarah Kubus Rubik

menurut wikipedia, Kubus Rubik adalah sebuah teka-teki mekanik ditemukan pada 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria Erno Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik terdiri dari 26 kubus kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Kubus ini dibuat kembali pada 1980 dan dipasarkan di dunia Barat pada Mei. Dan dikatakan merupakan mainan paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik dan imitasinya terjual.

Jenis Jenis Rubik

Sekarang ini sudah banyak sekali varian-varian dari rubik mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Namun saya belum pernah mencoba dan mengerjakannya.

*****

Saya sendiri masih belajar, jadi mohon maaf tidak bisa menampilkan tutorial atau panduan. Tapi kita bisa belajar bareng cara menyelesaikan rubik 3x3x3 ini. Pada akhir bulan Maret ini juga ada lomba rubik speedcubing di Solo untuk informasi lebih jelasnya silahkan buka disini. Bagaimana menurut anda ?? apakah anda berminat bermain rubik ??

sumber gambar dari Lautbiru Rubik Shop

4 thoughts on “Bermain Rubik

  1. Ping-balik: [PR dari sahabat Blogger] Fakta Mengenai Saya | Agus Wibisono

  2. Ping-balik: Rubik Kesayanganku | Agus Wibisono

    • baru beberapa koleksiku, tidak seperti gambar diatas.. harganya yang semakin rumit semakin mahal jadi ya harus nabung dulu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s