Dunia Tanpa Kebohongan


Apa yang terjadi ketika dunia ini tanpa mengenal kebohongan?? ketika semua orang selalu berkata jujur dan kebenaran. Walaupun kadang kebenaran itu terasa menyakitkan. Apakah sebaiknya kita sembunyikan kebenaran yang menyakitkan tersebut atau kita berbohong dan menyembunyikan kebenaran tersebut. Cerita ini sesuai dengan film yang kemarin baru saja saya tonton. Judul dari film tersebut yaitu The Invention of Lying.

Secara garis besar film tersebut bercerita tentang dunia dimana orang-orang berkata sebenarnya, sesuai dengan yang ada dipikirannya. orang-orang tidak mengenal kebohongan. Orang tidak merasa marah jika dibilang sesuai dengan kenyataan karena beranggapan bahwa kebenaran itu mutlak. Mungkin kah dunia itu menyenangkan?? Misalnya ketika teman kita dengan jujurnya bilang kepada kita bahwa kita jelek, gendut. hehehe.

Dalam film tersebut ada seorang laki-laki yang dianggap sebagai loser atau pecundang. Hal ini dikarenakan dia sudah ditakdirkan menjadi gendut dan jelek. Akibatnya dalam dunia tanpa kebohongan, permasalahan hidup menimpa laki-laki tersebut.Mulai dari karir, jodoh hingga masalah kehidupannya.ย  Suatu saat karena kondisi kehidupannya jatuh.ย  Suatu saat dia menemukan cara untuk berbohong.

engan kemampuan berbohongnya itu dia gunakan untuk mendapatkan hidupnya kembali dan untuk membuat orang lain menjadi senang. Dia memberi harapan-harapan palsu dengan kebohongannya kepada orang-orang tua yang ada di panti jompo yang sudah tidak punya kemauan untuk hidup lagi. Dia memberikan harapan kepada orang yang mau bunuh diri dengan memberikan kabar bohong. Dia memberikan semangat bagi orang yang tuna wisma yang tidak punya semangat hidup. Dia gunakan kemampuan berbohongnya untuk membantu orang lain. Menjadikan orang lain jadi bahagia dengan kebohongannya.

Film ini sangat menarik, Karena kita dapat belajar mengenai kehidupan. Selain itu ada pesan moral dari film tersebut yang saya tangkap. Yaitu, kadang suatu kebenaran itu bisa menyakitkan. Kita harus belajar untuk menerimanya. Selain itu tidak selamanya jujur itu adalah pilihan yang terbaik. Sedangkan berbohong itu memang dosa. Tapi apa jadinya dunia ini tanpa kebohongan ?? bagaimana menurut anda??

~wibisono~

2 thoughts on “Dunia Tanpa Kebohongan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s