Analisa Keputusan


Salah satu buku yang saya baca di bulan Maret ini. Judulnya Analisa Keputusan – Pendekatan sistem dalam manajemen usaha dan proyek. Buku ini hasil karya dua orang yaitu Dr. Ir. Kuntoro mangkusubroto MSc dari Teknik Industri ITB dan Ir.C. Listiarini Trisnadi.

Hampir setiap saat manusia selalu membuat atau membuat keputusan dan melaksanakannya. Sebuah tindakan sadar percerminan dari pengambilan keputusan dalam pikirannya. Sehingga sebuah keputusan terlihat sudah biasa bagi manusia. Manusia sudah mempunyai pengalaman yang luar biasa dalam melakukan pengambilan keputusan. Suatu masalah keputusan memiliki suatu lingkup yang berbeda dengan masalah lainnya. Perbedaan ini menonjol terutama karena ada masalah harapan dan kenyataan. Dimana keputusan yang dipilih harus sesuai dengan hasil diperoleh. Kadang hasil yang diperoleh dipengaruhi oleh faktor yang bisa kita kendalikan dan faktor yang tidak bisa kita kendalikan.

Misalnya suatu saat kita akan berangkat ke kampus. Ada banyak alternatif rute perjalanan yang bisa ditempuh dari kos ke kampus. Sehingga kita perlu memutuskan rute mana yang dipilih. Beragam pikiran yang dibenak kita saat memikirkan pemilihan rute perjalanan, mulai dari jalanan macet, kondisi jalan rusak dan becek, jalan sempit berlubang dan tentu saya banyak faktor-faktor lain penyebab. Kita mengambil  pemilihan keputusan rute tersebut dengan intuisi atau sekedar feeling saja.  Bila kita sudah sampai kampus dan melakukan evaluasi maka yang terjadi adalah kita merasa tidak puas atau akibat lain dari hasilnya yaitu kita bisa menjadi terlambat.

Namun untuk permasalahan dengan pengambilan keputusan yang kecil memang kita tidak terasa akibatnya. Namun bagaimana jika suatu masalah dengan permasalahan yang dipertanggungjawabkan. Lalu bagaimana untuk suatu keputusan yang membutuhkan tanggung jawab. Apalagi ditambah dengan adanya sebuah audit. Dalam lingkup manajemen terutama menekankan pada manajemen usaha dan proyek , sebuah masalah memang selalu muncul dan permasalahan tersebut merupakan permasalahan yang harus diselesaikan dan dipertanggungjawabkan. Untuk itu permasalahan tersebut perlu penyelesaian. Namun apakah pemilihan tersebut hanya mengandalkan intuisi saja. Tidak semudah itu. Perlu sebuah pendekatan yang sistematis.

Dengan adanya pendekatan yang sistematis, maka keputusan tidak hanya dibuat akan tetapi juga akan diungkap oleh semua pihak. Ini berarti prosedur sistematika-nya jelas, masuk akal dan seluruh tahapannya mengikuti urutan yang benar dan kesimpulan akhirnya berupa hasil konsisten dari seluruh proses. Pendekatan formal ini yang disebut dengan Analisa Keputusan. Misalnya perusahaan berencana untuk mengembangkan sebuah produk. Maka keputusan ini harus jelas. Dengan analisa keputusan kita sudah bisa untuk merencanakan sebuah hasil. Untuk ini banyak sekali metode-metode untuk menentukan sebuah keputusan. Kita bisa menggunakan pemrograman linear, pemrograman dinamis, analisa jaringan, Analytical Hierarchy Process (AHP) dan juga metode-metode yang lain yang disesuaikan dengan permasalahan yang ada. Untuk melakukan analisa keputusan dapat diterapkan untuk masalah yang unik, tidak pasti jangka panjang dan kompleks.

Menurut saya sendiri,  Suatu Analisa keputusan tersebut kadang orang menganggap hanya sekedar teori. Untuk sebuah keputusan manajemen  lebih mementingkan intuisi (Pengalaman) juga.  Tapi tidak semua permasalahan dapat diselesaikan dengan sebuah intuisi. Bagaimana menurut anda??

~wibisono~

One thought on “Analisa Keputusan

  1. Ping-balik: Resensi: Manajemen produksi dan operasi | Agus Wibisono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s