Teh Hijau Kemuning


Beberapa minggu kemarin saya diberi hadiah oleh seorang teman kuliah sekantung plastik Teh hijau Kemuning hasil kunjungannya dari pabrik teh Kemuning, Karanganyar. Hasil kunjungannya bersama dosen dan asisten laboratorium di perusahaan Teh Kemuning. Perusahaan teh tersebut bernama PT. Rumpun Sari Kemuning.  Kita bisa melihat cara pembuatan teh secara langsung disini. Pabrik ini merupakan salah satu Agro wisata yang ada jika berkunjung ke Kemuning. Tentu saja untuk masuk ke pabrik tersebut harus mendapat ijin terlebih dahulu dari pabrik dan dari Pemkab Karanganyar. Pabrik tersebut merupakan pabrik tua peninggalan Belanda dimana kita bisa melihat proses pengilinggan pucuk-pucuk daun Teh  hingga menjadi Teh-Teh kering yang berbentuk serbuk kecil. Teh setengah jadi atau yang disebut dengan Teh Curah. Dari situlah serbuk-serbuk tersebut dijual ke perusahaan Teh yang sudah populer di masyarakat.

Teh merupakan minuman populer di Indonesia. Aroma yang harum dan khas memang membuat minuman ini populer untuk dikonsumsi. Dimana pun dan kapan pun orang selalu memesan Teh. Bahkan ada slogan salah satu iklan teh di Indonesia menyebutkan bahwa apapun makanannya minumnya selalu Teh. Teh yang paling terkenal dan sering di komsumsi adalah teh Melati. Yaitu teh bunga dengan campuran kuncup bunga Melati. Orang indonesia begitu menyebut kata Teh pasti merujuk pada teh Melati tersebut. Namun untuk orang di Asia Timur, Teh Hijau ini memang sangat populer. Teh Hijau sudah menjadi konsumsi sehari-hari penduduk Asia Timur.

Teh Hijau merupakan teh yang terbuat dari daun tanaman teh Camelia Sinensis yang dipetik dan langsung diproses. Setelah mengalami Oksidasi secara minimal. Kemudian langsung dikeringkan dengan pemanasan. Teh Hijau ini ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa. Adapun manfaat dari Teh Hijau ini yaitu :

  1. Dapat mengurangi berat badan. Dengan  mengkonsumsi secara teratur ternyata Teh Hijau ini dapat membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh sehingga Lemak dalam tubuh menjadi berkurang.
  2. Mencegah resiko terjadi Kanker. Teh hijau mempunyai zat Anti Oksidan yang lumayan tinggi. Zat Anti Oksidan tersebut dapat mencegah pertumbuhan sel Kanker dalam tubuh.
  3. Membuat Relaks. Ternyata Teh hijau dapat menjadikan kita menjadi santai dan tenang. Hal ini dikarenakan Teh hijau menstabilkan tekanan darah.
  4. Adapun manfaat lain menurut sumber yaitu dapat melindungi dan menyejukkan kulit, menjadikan awet muda dan menjaga daya ingat Otak.

Ketika diberi Teh Hijau, saya memang tidak tahu cara mengolahnya. Namun cara yang dilakukan Ibu saya untuk mengolahnya yaitu

  1. Air didihkan sampai panas.
  2. Masukkan dua sendok teh dalam cangkir.
  3. Kemudian tuangkan air mendidih tersebut, aduk dan tunggu beberapa menit sampai menjadi hangat.
  4. Kemudian siap diminum

Bagi saya Teh Hijau ini terasa unik rasanya. Tidak seperti teh-teh biasanya. Mungkin saya bukan termasuk pecinta Teh. Saya lebih suka minum Susu.  Saya juga bereksperimen dengan mencampurkan Teh Hijau dengan Susu Coklat. Saya menamakannya Teh Susu. Namun yang terasa malahan menjadi rasa Susu. Bagi anda yang suka menikmati teh ini mungkin lebih tahu cara mengolah dan cara menikmati Teh tersebut. Bagaimana menurut anda ??

~Wibisono~

Sumber dan Referensi :[spoiler]http://www.surya.co.id/2009/01/06/1001-manfaat-teh-hijau.html[/spoiler]

2 thoughts on “Teh Hijau Kemuning

  1. Ping-balik: Menikmati Air Terjun Parang Ijo Karanganyar | Agus Wibisono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s