Nasi Sambal Tumpang


Bagi pecinta kuliner dan makanan, Nasi sambal Tumpang merupakan masakan yang terdiri dari nasi sambal tumpang dan ditambah dengan sayur-mayur sebagai pelengkap. Saya tidak tahu dari mana asal usul masakan ini tapi biasanya nasi tumpang ini merupakan masakan khas sekitar Solo termasuk juga Sragen. Bagi warga Sragen sendiri, Nasi sambal tumpang ini merupakan masakan yang tidak asing. Dari pagi sampai malam itu ada banyak penjual makanan nasi sambal tumpang ini.

Jika dilihat dan dipandang sepintas, Nasi Sambal Tumpang hampir sama dengan Sambal Pecel. Bahkan ada perpaduan antara sambal Tumpang dengan Sambal Pecel. Rasanya juga terasa enak. Bedanya sambal tumpang itu sambalnya terbuat dari tempe bosok (busuk) yang ditumbuk halus.  Tempe bosok memang sengaja dibuat busuk dan dijual. Rasa yang ditimbulkan dari tempe bosok ini yaitu rasa sangit. Namun rasa dari tempe bosok terasa berbeda ketika sudah diolah menjadi dan beberapa bumbu lain seperti kencur, daun jeruk, dll.  Selain itu, di dalam Sambal Tumpang ini juga terdapat tahu yang diolah bersama Sambal Tumpang ini.

Nasi Sambal Tumpang ini biasanya cocok untuk dihidangkan pada pagi hari sebagai menu makan pagi. Apalagi dengan nasi yang masih hangat. Nasi Sambal Tumpang ini cocok dinikmati dengan lauk Telur, Tempe, Bakwan, Rambak, Krupuk, dan Ayam.  Bagi yang berkunjung ke Sragen, banyak sekali penjual masakan Nasi Sambal Tumpang  saat pagi hari. Ada yang paling terkenal di Sragen yang menjual Nasi Sambal Tumpang di pagi hari. Yaitu, di Mbah Jami dekat perempatan Poltas Pasar Bunder Sragen. Harga perbungkus yang dijual sangat murah, hanya 1500 rupiah. Padahal menikmati satu bungkus sudah membuat perut terasa kenyang. Nasi Sambal Tumpang ini juga bisa dinikmati sebagai menu makan malam. Di Sragen warung Nasi Sambal Tumpang terkenal yang menjual pada malam hari yaitu di Mbah Templek. Begitu orang menyebutnya. Harganya juga tidak kalah murah juga.

Bagaimana menurut anda ?? Sudahkah anda mencoba Nasi Sambal Tumpang?? kalau belum sebaiknya anda mencobanya. Selamat berkuliner. 😀

~wibisono~

sumber gambar dari yuliarso

4 thoughts on “Nasi Sambal Tumpang

  1. Ping-balik: Panduan Wisata di Sragen | Agus Wibisono

  2. #eeeeaaaaaa….
    samabal tumpang sarapan ben isuk dari jaman SMA sampe sekarang. Warung Sorsi (Barat Pasar Bunder Sragen) menyajikan menu sambal tumpang yangg saya pikir sampe saat ini saya belum menemukan tandingan kenikmatannya. Tidak hanya murah, harganya pun cukup terjangkau. Warung ini buka ada malam hari hingga dini hari. Penasaran? Silakan sesekali mampir.
    Selamat mencoba…🙂

  3. Join this Group “United against Facebook’s ridiculing Prophet(P.B.U.H)
    Islam & now Holy Quran

    http://millatfacebook.com/group/united-against-facebook-ridiculing-prophet-pbuh-islam-and-now-quran/

    1. I hope you will do this , it takes not more then 2 minutes or 5 minutes if you have very slow internet connection. I think it is a nice idea to have alternative social site for the muslim people.
    This is an excellent effort by Muslims. I will request to all of my friends to join this social site, which is purely our own.
    From
    Raza

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s