Performansi Perguruan tinggi yang didambakan


Perguruan tinggi merupakan suatu media untuk siap dalam melanjutkan karir dalam dunia kerja. Selain itu perguruan tinggi juga menjadi tempat riset dan berkembangnya ilmu pengetahuan. Pada jaman sekarang ini, menimba ilmu di perguruan tinggi adalah suatu keharusan. Untuk mendapatkan kehidupan yang layak (dalam hal ini pekerjaan) maka pendidikan perguruan tinggi diperlukan. Apalagi jumlah pengangguran saat ini sudah mencapai angka yang tinggi di Indonesia.

Bagi saya sendiri, sebuah pendidikan perguruan tinggi yang saya idamkan adalah perguruan tinggi yang memiliki dosen dengan gelar dan jam terbang yang tinggi. Sarana dan prasarana pendukung perkuliahan yang modern dan biaya pendidikan yang murah. Namun untuk mendapat perguruan dengan kriteria tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa perguruan tinggi yang memenuhi tetapi syarat masuk bagi calon mahasiswa harus memenuhi segala syarat yang tinggi.

Untuk mengetahui performansi atau lebih dikenal dengan Key Perform Indikator suatu pendidikan perguruan tinggi melihat dari aspek Quality, Cost, Delivery (QCD).

  • Quality (kualitas) , yaitu mempunyai kualitas yang terjamin baik itu Staff dan dosen pengajar, Sarana dan prasarana penunjang pendidikan, dan Kerja sama perguruan tinggi yang kuat dengan dunia kerja.
  • Cost (biaya), yaitu memiliki harga yang kompetitif bagi calon mahasiswa  mulai dari masuk hingga sampai lulus perguruan tinggi. Selain itu dana hibah dan riset untuk mewadahi bagi riset mahasiswa dan dosen.
  • Delivery, Ini berhubungan dengan waktu. Output (lulusan) yang menghasilkan lulusan yang cepat tapi harus tepat waktu. Jika cepat namun tidak siap dalam dunia kerjaakan menghasilkan lulusan yang percuma. Apalagi pada jaman sekarang ini mahasiswa dituntut softskill juga. Ini lah yang menjadi PR bagi perguruan tinggi. Kalo bisa menghasilkan lulusan yang cepat dan siap bersaing dunia kerja. Apalagi dibekali dengan kemampuan dalam berwirausaha sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Misalnya QCD ini kita terapkan untuk mengetahui performansi universitas islam indonesia (UII).

  • Dilihat dari Quality, UII pernah meraih sebagai berbagai prestasi. Salah satu yang terakhir itu yaitu “universitas  penjaminan mutu internal paling baik pada tahun 2009“. Selain itu banyak dosen-dosen yang berkualitas yang menjadi pengajar di UII. Sarana dan prasaran penunjang pendidikan di perguruan tinggi yang modern.
  • dilihat dari Cost bagi UII mempunyai biaya yang hampir bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.
  • Dilihat dari Delivery bagi UII menghasilkan lulusan mahasiswa dengan waktu lulusan yang tepat.

Begitulah analisa QCD menurut saya bagi Universitas Islam Indonesia (UII). Bagaimana menurut anda?? 😆

Tapi ingat, performansi memang dilihat dari berbagai aspek. Apalagi Output atau sasaran yang dihasilkan adalah menghasilkan lulusan yang siap dalam dunia kerja. Jangan sampai kita salah pilih dalam memasuki sebuah perguruan tinggi. Selain itu, faktor satu lagi yang juga termasuk penting yaitu mahasiswa itu sendiri. Karena faktor keberhasilan lulusan yaitu kemampuan dan kemauan mahasiswa itu sendiri. Sedangkan perguruan tinggi hanyalah sebagai media.

💡  Tulisan yang saya buat ini dalam rangka mengikuti kompetisi blog UII.

~wibisono~

Gambar ilustrasi diambil dari emteika.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s