The Butterfly Effect


Pernahkah anda menonton film  The ButterFly Effect ? Salah satu film favorit saya. Film ini bercerita tentang Evan yang menderita sakit hilang ingatan. Ibunya menyuruh Evan untuk menuliskan semua yang dilakukannya ke dalam buku hariannya. Sampai pada saat dewasa si Evan tidak ingat lagi masa kecilnya. ternyata dengan membaca buku hariannya kembali si Evan mampu kembali ke masa kecilnya. Ternyata setiap kali dia mengubah kehidupan masa kecilnya akan berpengaruh besar terhadap masa dewasanya termasuk juga terhadap teman-temannya. Ternyata kehidupan dewasanya tidak seperti yang diinginkan sehingga si Evan mengulangi kehidupan untuk mengcapai kebahagiaan berkali-kali. Setiap kali keputusan yang dia ambil saat kecil ternyata berpengaruh besar terhadap masa dewasanya. Keputusan apa yang dia ambil saat kecil untuk memperoleh kebahagiaan saat dewasanya ?

*****

FIlm The Butterfly Effect ternyata menggambarkan teori efek kupu-kupu (butterfly Effect) atau yang dikenal dengan teori Chaos yang dikemukakan oleh Edward N Lorenz, seorang ahli Matematika dan Meteorologi di MIT pada tahun 1961. secara Teori, Butterfly Effect menggambarkan bahwa kepakan kupu-kupu dapat menimbulkan badai di belahan bumi lainnya. Misalnya sebuah bola dipuncak sebuah bukit mungkin akan menggelending ke salah satu dari berbagai lembah tergantung posisi awal. Walaupun posisi awalnya berbeda sangat sedikit sekali hasilnya mungkin akan sangat berbeda jatuhnya bola di salah satu lembah.

Menurut Wikipedia, “Teori menjelaskan bahwa  pemikiran  kepakan sayap kupu-kupu  di hutan belantara Brazil dapat menghasilkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian. Kepakan kupu-kupu sedikit dapat mengubah kondisi atmosfir namun dapat mengakibatkan munculnya sebuah badai.

Fenomena ini juga dikenal sebagai sistem yang ketergantungannya sangat peka terhadap kondisi awal. Hanya sedikit perubahan pada kondisi awal, dapat mengubah secara drastis kelakuan sistem pada jangka panjang. Jika suatu sistem dimulai dengan kondisi awal dua maka hasil akhir dari sistem yang sama akan jauh berbeda jika dimulai dengan 2,000001 di mana 0,000001 sangat kecil sekali dan wajar untuk diabaikan. Dengan kata lain: kesalahan yang sangat kecil akan menyebabkan bencana dikemudian hari.”

Begitu juga hidup ini, perubahan kecil yang kita lakukan saat ini atau dulu mengkin akan terasa dan berakibatnya di masa yang akan datang. Perubahan yang kita lakukan, baik yang positif maupun yang negatif akan menuai hasilnya sesuai dengan hukum sebab akibat. Namun apa yang terjadi jika sesuai dengan efek kupu-kupu?? efek yang kita lakukan saat ini mungkin akan terasa besar manfaatnya dimasa yang akan datang. bagaimana menurut saudara??

“Ubah satu hal, ubah semuanya” (“Change one thing, change everything”).

~wibisono~

gambar ilustrasi diambil dari sini [spoiler]

http://monarch-butterfly.info/

[/spoiler]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s