Usia Produktif


di awal 2010 ini saya dipinjami sebuah buku oleh teman saya. Ada yang menarik dari buku yang saya baca ini. Judulnya  “kiat Panjang Umur Penuh Berkah” karya Muhammad Bin Ibrahim Al-Naim. Semoga bisa menjadi renungan saya di awal tahun ini.

*****
Tujuan dari hidup ini tidak sekedar untuk makan dan minum saja.  Sebab tujuan kita sebagai manusia untuk beribadah kepada Allah, mengikuti perintahNya dan menjauhi laranganNya. Sehingga kita selama hidup harus menuai kebaikan sebanyak-banyaknya sebelum ajal menjemput. Kita harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan amal-amal sholih. Satu jam yang kita sia-siakan di dunia akan menjadi penyesalan yang berkepanjangan di Akhirat. Hidup kita di dunia yang benar benar produktif hanya sedikit sekali.
Jika kita menghitungnya dengan perhitungan matematis maka usia produktif kita hanya sebentar.
jika diasumsikan :
umur kita = 60 Tahun.
masa kanak-kanak dan puber dan masa penyesuaian = 15 tahun.
dan kita tidur = 8 jam tiap hari.
keperluan lain (waktu makan, buang hajat, dll) = 2 jam tiap hari.
maka :
waktu tidur total kita = 8/24 x 60 tahun = 20 tahun.
waktu makan,buang hajat dan keperluan lain = 2/24 x 60 tahun = 5 tahun.
maka waktu produktif kita = usia kita – masa kanak kanak – waktu tidur total- waktu kerperluan lain = 60 tahun – 15 tahun – 20 tahun – 5 tahun =20 tahun.
maka dari waktu produktif kita kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya. Kita belum tentu juga diberi umur sampai 60 tahun. Maut bisa menjemput kita kapanpun juga dan dimanapun juga. Atau sebaliknya kita bisa diberi umur yang panjang tapi apakah usia panjang yang kita gunakan itu juga menjadi barokah bagi kita?? atau kah akan menjadi penyesalan kita??
Teringat kisah tentang 6 pertanyaan imam Ghozali. Suatu hari, Imam Al Ghozali berkumpu ldengan murid-muridnya. Lalu Imam Al Ghozali bertanya. Pertama,
“Apa yang paling jauh dengan diri kita di dunia ini?”. Murid- muridnya menjawab “bulan, matahari, “. Imam Ghozali menjelaskan semua jawapan itu BENAR.
“Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?”. Murid- muridnya menjawab “orang tua,guru,kawan,dan sahabatnya”. Imam Ghozali menjelaskan semua jawapan itu BENAR.

Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah “MATI”.

Apakah kita dapat memanfaatkan waktu tersebut?? bagaimana menurut saudara semua??

One thought on “Usia Produktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s