Sragen Technopark


Saat pulang ke Sragen, saya menyempatkan diri untuk melewati Sragen Technopark (STP) tersebut. Sebuah kompleks bangunan yang luas dan megah. Sragen Technopark Ganesha Sukowati adalah nama lengkap komplek bangunan ini. menurut dari situs pemerintah kabupaten (pemkab) Sragen, bangunan Sragen Technopark ini merupakan suatu kompleks bangunan riset yang menghubungkan antara pihak pemerintah, universitas dan lembaga pendidikan dan industri di daerah Sragen. Sragen Technopark ini dibangun untuk tujuan pengembangan dan riset, pengembangan dan kerjasama untuk meningkatkan keahlian tenaga kerja, produk dan pelayanan yang mempunyai nilai jual dan nilai tambah bagi pemerintah dan masyarakat Sragen itu sendiri.

Salah satu pelayanan dari Sragen Technopark itu yaitu balai latihan kerja (BLK). Jenis pelatihan yang ada di technopark diantaranya Kejuruan Otomotif, Kejuruan Teknologi Mekanik Logam, Kejuruan Teknologi Mekanik Las, Kejuruan Listrik, Kejuruan Bangunan, Kejuruan Tata Niaga dan Kejuruan Industri Tekstil. Penyediaan jasa layanan pelatihan berbasis teknologi ini rencananya bisa diakses oleh masyarakat Sragen dengan spesifikasi lulusan setingkat Sekolah Menengah Atas dan sederajat Technopark, selain tempat pelatihan ketrampilan juga akan dijadikan tempat produksi.

Technopark yang berdiri di atas areal milik pemerintah Kabupaten Sragen yang berlokasi di Jalan Dr Sutomo Sragen. Di depan SMK 2 Sragen.  Bangunan ini juga bagus untuk dijadikan lokasi untuk jalan-jalan dan olahraga karena banyak pohon-pohon di kompleks bangunan ini. Namun pada saat saya ke sana kondisinya masih terlihat sepi.  bangunan tersebut sudah menghabiskan dana sebesar Rp 27,65 miliar dari dana APBD sebesar Rp 18,15 miliar dan dana APBN sebesar Rp 9,5 miliar masa anggaran tahun 2007 hingga tahun 2009 ini pun secara arsitektural menyajikan bangunan masa kini dan dilengkapi dengan perlatan teknologi canggih.

menurut saya, dengan adanya Sragen technopark ini merupakan kemajuan bagi Sragen. diharapkan nantinya dapat mengurangi tingkat pengangguran kerja dengan meningkatnya keahlian-keahlian masyarakat Sragen. bagaiman tanggapannya menurut anda??

sumber dan referensi dari : [spoiler]http://www.stp.sragenkab.go.id/[/spoiler]

Technopark yang berdiri di atas areal milik pemerintah Kabupaten Sragen di Jalan Dr Sutomo Sragen

5 thoughts on “Sragen Technopark

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s