Relokasi PKL di belakang kampus UNS


Bulan Desember 2009, terjadi pemindahan besar besaran pedagang kaki lima yang bertempat di belakang kampus UNS. Kebijakan dari universitas membuat daerah yang dulu dijajaki oleh pedagang kaki lima tersebut harus segera dikosongkan pada bulan januari. Semua pedagang kaki lima harus direlokasi lagi ke pasar yang berada di belakang kecamatan, tepatnya di jalan Surya Utama. Nama pasarnya saya tidak tahu.

Sebelumnya pedagang kaki lima yang berada di depan Solo techno park juga dipindahkan ke pasar tersebut. Namun yang dirasakan oleh pedagang setelah dipindahkan yaitu merasakan menurunnya omzet pendapatannya.

Dari pemindahan pedagang kaki lima belakang UNS tersebut. ada beberapa pedagang yang menolak dan enggan untuk dipindahkan ke pasar tersebut. Alasannya pun bermacam-macam, ada yang tidak layak untuk dijadikan tempat jualan, ada yang merasa pasar tersebut sepi, tidak menjual dan bahkan tidak sebanding dengan tempat awal pedagang kaki lima di UNS.  Selain itu jika dilihat kondisi pasar saat itu masih belum tertata rapi. Lokasi-lokasi kios di pasar tersebut masih belum terurutkan berdasarkan jenis usaha dari pedagang tersebut. Bayangkan saja jika bengkel dan foto kopi berada di lantai dua.

Dari pengakuan mahasiswa sendiri, termasuk saya, kondisi pasar saat ini belum dianggap praktis bagi mahasiswa. pelanggan yang hanya ingin melakukan fotokopi beberapa lembar harus parkir dan datang mengunjungi kios fotokopi di situ.

Dari beberapa kios pedagang kaki lima favorit  dan langganan saya, ada yang belum terlacak keberadaannya. Saya tidak tahu lokasi pindahnya berada dimana. Tahu kupat belakang kampus, Bakso dan Mie Ayam pak Larto, serta rental persewaan CD Punokawan. Mungkin saudara dan temen-temen ada yang tahu keberadaannya??

sumber gambar dari : http://news.uns.ac.id

12 thoughts on “Relokasi PKL di belakang kampus UNS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s