Koneksi Internet SMART di Sragen


Sudah hampir satu bulan ini (13/12/09), saya bisa berinternet di rumah yang berada di Sragen. Daerahnya tepatnya di sekitar alun-alun Sragen. Koneksi internet yang saya gunakan yaitu menggunakan koneksi SMART dari provider TELECOM. Sebuah cara alternatif untuk bisa mengakses internet terutama di daerah Sragen. Di samping kita mengakses internet melalui akses hotspot, warnet atau berlangganan Internet Service Provider (ISP) yang lain seperti SPEEDY. Namun dari segi kecepatan penggunaan teknologi CDMA 2000 1x dari SMART hanya mampu mencapai 153 Kbps. Masih kalah dengan koneksi broadband dari ISP lainnya. Bagi saya koneksi seperti itu sudah mencukupi kebutuhan saya untuk blogging dan Social networking. Apalagi penggunaan quota internet yang unlimited sehingga kita bisa mengakses internet sepuasnya. Sinyal yang diperoleh disini bisa sampai penuh (lima bar).

Koneksi internet SMART yang saya gunakan yaitu sebuah Handphone china Haier C700 yang dijadikan modem di laptop dengan sistem operasi Ubuntu 9.10 Karmic Koala kesayangan saya. Saya menguji kecepatan internetnya menggunakan speedtest.net dengan server di Jakarta. Hasilnya kecepatan download 0.07 Mbps dan uploadnya 0.05 Mbps.  Apalagi jaringan internet dari SMART ini yang di Sragen masih baru selesai dibangun sehingga pengguna internet masih jarang yang memakai. Berbeda jauh dengan koneksi internet SMART yang saya pakai di sekitar kampus UNS yang sangat lemot sekali. Apalagi saat penggunaan jam sibuk (sore dan malam hari) sampai tidak bisa digunakan.

Untuk teknologi EVDO (Evolution data only) dari SMART belum bisa digunakan untuk daerah Sragen. Dengan adanya teknologi  ini, kecepatan akses download bisa mencapai 3.1 Mbps. Bandingkan dengan kecepatan CDMA 1x yang hanya mencapai 153 Kbps.

nb: Tulisan ini di posting menggunakan koneksi Smart.

Tinggalkan Balasan

