Jembatan Suramadu


Beberapa hari yang lalu (11/09), saya melakukan kunjungan ke Surabaya. Kota di Jawa Timur yang dijuluki sebagai kota Pahlawan. Kunjungan yang dilakukan oleh  rombongan komunitas blogger dari kota Solo “Bengawan” dalam rangka menghadiri ulang tahun Blogger SurabayaTPC” yang pada saat itu genap berusia dua tahun. Pada hari  kedua di kota tua tersebut yaitu melakukan kunjungan ke berbagai tempat pariwisata Surabaya yaitu museum House of Sampoerna, Tugu Pahlawan dan Jembatan Suramadu. Di antara tiga tempat wisata tersebut yang membuat saya kagum adalah jembatan Suramadu penguhubung antara pulau Jawa (Surabaya) dengan pulau Madura (Bangkalan).

*****

Jembatan Suramadu ini baru saja diresmikan pada tanggal 10 Juni 2009 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.  dengan panjang  jembatan sekitar 5 kilometer. Jembatan ini sekarang menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dengan biaya pembuatannya mencapai 5 Trilliun. Jembatan ini dilalui dengan melewati jalan tol tersebut. Ada pun yang unik dari jembatan ini yaitu sepeda motor juga melalui jalan tol tersebut namun jalurnya dipisah dengan jalur kendaraan roda empat.

Manfaat langsung yang bisa dirasakan dengan berdirinya jembatan Suramadu yaitu meningkatnya arus lalu lintas manusia dan barang.  Dengan adanya lalu lintas barang dan manusia, akibat yang terjadi yaitu terciptanya demand dan supply yang lebih stabil dikarenakan waktu transport ( lead Time)  menjadi semakin sedikit. Aliran Logistik dan Supply Chain jadi semakin lancar antara Surabaya dengan Madura. Jika aliran logistik lancar mengakibatkan perdagangan dan pemenuhan kebutuhan konsumen semakin lancar. Sehingga perekonomian Madura menjadi lebih baik dan meningkatkan daya beli masyarakat. Jika perekonomian suatu kota menjadi baik maka industri-industri dan berbagai jenis usaha akan muncul sebagai peluang bisnis.  Sehingga secara tidak langsung juga meningkat perekonomian dan perdagangan antara Surabaya dengan Madura.

Sedangkan bagi masyarakat Surabaya sendiri, dengan adanya jembatan ini akan meningkatkan sektor pariwisata dan sektor pemukiman dan perumahan. Daerah Madura yang dulu tidak begitu prospek untuk dijadikan daerah hunian akan muncul sebagai daerah hunian yang baru. Selain itu, Investor-investor Surabaya akan tertarik untuk mengembangkan (menanamkan modal) di Madura karena adanya jembatan penghubung itu sendiri.

Bagi saya sendiri, datang dan melihat jembatan Suramadu ini memang membuat kagum. Melihat dari segi konstruksi, arsitek dan desainnya. Suatu kenangan yang menarik bisa berkunjung ke sana. Terima kasih buat TPC atas kesempatannya. Namun saya agak sedikit kecewa harus melihat dari dalam bus.

info lebih jelas mengenai jembatan Suramadu ini bisa dilihat di situs suramadu.com

Sumber  referensi dan gambar [spoiler]

referensi :

photo :

[/spoiler]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s