Rekor Download tercepatku


openworld-green-desktop-computer-thBagi yang sering menggunakan internet, pastilah tidak asing dengan kata download atau dalam bahasa indonesianya disebut unduh. Download merupakan Usaha untuk mengambil dan menyimpan suatu file yang ada di jaringan internet. File tersebut kalo sudah di download bakalan disimpan didalam komputer. Semua file yang ada di internet bisa di download. Biasanya Film, Lagu, Gambar, Program. Namun File file yang kita inginkan bisa kita download juga. Lawannya download yaitu upload, dalam bahasa Indonesianya disebut Unggah. yaitu menyimpan file dari komputer kita kedalam jaringan internet.

Bicara mengenai download suatu file dari internet, kemarin rekor download yang pernah ku lakukan tembus mencapai angka 6 MBps lebih di perusahaan telekomunikasi (PT.Telkom) yang ada di Indonesia. rekorku sebelumnya yaitu 1.5 MBps di kampus. Setiap kali ku download lewat program download manager biasanya selalu aku simpan sreenshotnya biar aku punya datanya. Download yang ku lakukan di situs indowebster.com untuk mendownload film. Situs tersebut merupakan situs lokal indonesia yang masih dalam jaringan IIX.

menyenangkan

Indonesia Internet Exchange atau (IIX) merupakan tempat terhubungnya berbagai ISP(Internet Services Provider), penyedia layanan internet di Indonesia, sebut saja CBN, 3G-Net, Indosat M2, Telkom dan lain-lain. Berdasarkan arti kata exchange berarti pertukaran sedangkan internet adalah kependekan dari Interconnection Networking. Dengan adanya IIX sambungan internet yang ada di Indonesia tidak harus berputar-putar melalui jalur

yang ada di luar negeri dulu, baru kembali lagi ke Indonesia. Konsep penggabungan jalur berbagai ISP ke dalam suatu wadah dalam satu negara yang ada di Indonesia ini, merupakan yang pertama kali di dunia. IIX dibentuk oleh APJII yang awalnya bersifat amal dan sukarela dengan maksud menyatukan lalu lintas antar ISP di Indonesia sehingga tidak perlu transit ke luar negeri. Tujuan IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang memiliki kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan yang ada, untuk digunakan oleh setiap ISP yang memiliki ijin beroperasi di Indonesia( sumber: wikipedia)

berarti jika kita ingin mengetahui berapa bandwith dari suatu ISP maka kita harus mengkonversi dari kecepatan download kita dalam Byte menjadi bit. bita (Bahasa Inggris: byte) adalah istilah yang biasa dipergunakan sebagai satuan dari penyimpanan data dalam komputer. Satu bita terdiri dari delapan bit. Byte itu merupakan ukuran data yang sudah disimpan dalam numerik desimal sedangkan bit masih dalam numerik biner ( 0 dan 1).
jadi downloadnya 6.492 MB maka perhitungan bandwithnya kira-kira :

1 Byte = 8 bit
bandwith (Mbps) = 6.492 x 8 = 51.936 Mbps

jadi bandwith dalam bit rekor ku yaitu 51.936 Mbps. download suatu file 700 MB cuma membutuhkan waktu 4 menit. Suatu bandwith yang tidak sedikit. bandingkan saat kita menggunakan modem GSM atau CDMA yang cuma sampai 115,2 Kbps atau menggunakan speedy yang paket Warnet cuma dapat bandwith 3 Mbps.

22 thoughts on “Rekor Download tercepatku

  1. kalau pingin download cepat pakai..newsleecher.trus ambil data di ftd.nu atau newsgroup ..kecepatan tergantung abonemen internet ..aku di holland punja 35MBps dapet kurang lebih 3 MB (BUKAN mbyte lho).
    data berupa film terbaru ,aplikasi,dvd,HD,dvix,dll dll bisa juga di cari di yabsearch.com , ambil bisa juga di binaries4ever.com atau 1place4nzb.eu.
    info baca binaries4all.com versi english tau belanda.
    kalau pingin info kirim ke email ku ..sinardjaya@orange.,nl

  2. walah… sangar,,,, dadi pengen aku…šŸ˜€ josss… rekorku cuma 1Mbps tok… dadi pengen… kayak ngopi ke flash tok dunk…

  3. haha jangan panggil mas dong
    aku kan masih semeseter 5.

    wow! kok njenengan bisa sampai download di telkom? kerja disana po?

  4. @mas Dhimas : Secepat ngopi film lewat flashdisk… ato kayak ngopi film antar file partisi di komputer.. Kemarin rekornya pecah lagi mas… download sampai 10 MBps… besarnya bandwith disini g tau.. pas download sampai 80 Mbps..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s