Solo Batik Fashion 2009


img_0559Solo batik Fashion (SBF) 2009 merupakan kelanjutan dari Solo batik Carnival yang bertujuan menjadikan Batik sebagai icon kota Solo. Peragaan busana batik ini telah diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, Jumat-Minggu pada tanggal 10-12 Juli 2009 di halaman Pasar Windu Jenar Ngarsopuro Kota Solo. Acara yang ditampilkan selama tiga hari berturut-turut yaitu fashion Show batik dari desainer-desainer terkenal. Selain itu juga diadakan pasar kerajinan tangan di acara tersebut.
Solo Batik Fashion (SBF) 2009 dibuka Wali Kota Solo Joko Widodo, ditandai dengan menggoreskan canting ke sketsa yang dibuat perancang Jongko Raharjo. Tarian dari sanggar tari Soerjo Soemirat membuka kegiatan tersebut. Namun kita (aku dan syahrul) tidak bisa menikmati acara pada hari pertama karena ada kesibukan masing-masing, Tugas kuliah masih belum selesai. Namun dari sumber (solopos). Selanjutnya penampilan model anak-anak yang berbusana batik lengkap dengan sepatu boots yang terbuat dari bahan batik mengawali peragaan busana dari batik. Diiringi lagu anak-anak seperti Pelangi-Pelangi dengan iringan musik lesung model anak berlenggak lenggok di atas panggung. Perancang Rory Wardana menampilkan karya busana untuk remaja dengan nuansa batik, disusul karya kebaya batik dari perancang Joko SSP, dan busana etnik dari perancang Alan.Joko Widiarto menampilkan busana eksotis, yang digabung dengan kesenian debus. Pertengahan peragaan busana diisi dengan penampilan beberapa peserta Solo Batik Carnival yang tampil dengan karya-karya bertema panji. Sesi peragaan busana terakhir menampilkan karya desainer Nita Ashar dengan busana-busana glomour dan seksi. Hari pertama SBF ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Pemerintah Kota Solo kepada peserta SBF 2009.

solo1


Pada hari kedua, kita melihat secara langsung acara tersebut ada kendala ditengah jalan. Ban motor bocor. huhu. Namun hal tersebut tidak mengurungkan niat kita untuk menonton acara tersebut. Akhirnya, Setelah menemui tambal ban sampailah kita walaupun agak telat. Untuk acara kedua ini menampilkan persembahan Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman dipadu proses batik tulisnya. Sebanyak 50 model akan tampil memeragakan busana dari kedua kampung batik tersebut. Setelah acara tersebut aku tidak lupa menyempatkan waktu sedikit untuk membeli cinderamata.

solo2

Pada hari ketiga sekaligus hari penutupan, Kita datang lebih awal. Hari ketiga  diisi dengan persembahan karya batik Rumah Batik Danar Hadi, Batik Semar, Batik Gunawan Setiawan, serta Bilqis.

solo11
Semoga bisa menjadi event tahunan yang akan meningkatkan pariwisata di kota Solo tercinta.

2 thoughts on “Solo Batik Fashion 2009

  1. Bukannya udah selesai Son Solo Batik Fashionnya?
    Kok tulisannya “akan dilangsungkan tanggal 10-12 Juli 2009”?

    @wibisono: iya udah diralat kok..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s