Kirab Solo Batik Carnival 2


dsc07150Minggu, Tepat tanggal 28 Juni 2009 bertepatan di Surakarta, di sepanjang  jalan Slamet Riyadi, Jalan Protokol di Solo. Sebuah Event tahunan yang diadakan oleh pemerintah kota solo. Tema Solo batik Carnival untuk tahun ini mengangkat tema topeng sebagai wujud dari ikon solo yaitu topeng kayu. Carnival ini dilaksanakan oleh 300 Peserta yang akan dikirab (diarak) sepanjang Slamet Riyadi. Untuk pada hari minggu itu rencananya dilaksanakan pada pukul 3 sore. Namun sesuai dengan kenyataannya acara di mulai pada pukul 4 sore dan kirabnya sampai di depan rumah di dinas bupati pada pukul 6 sore.

Untuk acaranya sendiri berlangsung dengan meriah dan dengan antusiame warga Solo yang begitu besar. Hal itu terbukti dengan penuhnya penonton sepanjang  jalan  yang saling bertumpah ruah menunggu datangnya kirab. Padahal mulai dari pagi lalu lintas transportasi jalan masih dibuka dan hanya sesaat saja pada waktu kirab baru di tutup.

dsc07128Kita dari anak-anak Industri memang berencana untuk menonton dan meriahkan acara ini. Kami rombongan dengan beranggotakan lebih dari 12 orang datang ke TKP (tempat tujuan) pada pukul 13.00 WIB. Kita tidak tahu kapan acaranya berlangsung. yang penting kemeriahan saat bersamaan teman-teman.

Sebenarnya kita juga agak kecewa dengan molornya acara. Bayangkan sudah dari siang kita menunggu. Selain itu informasi untuk kapan jelasnya acara kirab juga tidak jelas. Huhu. Namun dengan waktu tunggu yang lama tersebut, kita bisa memanfaatkan untuk hunting foto dan jalan-jalan sambil cara kuliner. Makan pepes ikan dan es teh duh mahalnya minta ampun.. haha..  dari pada mati kelaparan ya.. ya sudah lah, memang sebenarnya kirabnya sudah dari awal tapi berhubung kita di gladak di bagian hilir maka ya dapat giliran terakhir..

dsc07125

Untuk yang berada di Gladak, Dekat Galabo ada juga stan batik dan pernak-perniknya juga. Selain itu masyarakat sekitar juga dihibur dengan tampilnya hiburan musik akustikan. Lumayan juga dari pada bengong nunggu. Dan juga ada Stan yang menjual batik dan segala pernak-pernik yang  berhubungan dengan batik..

Untuk awal datangnya kirab SBC 2 ini, disambut oleh pak Walikota dengan naik kuda. wah keren banget. Selain itu, beberapa rombongan kereta kuda menambah serunya suasana. Kemudian baru disusul rombongan dengan aneka haisan yang menggunakan batik. Dan Kreasi batik nya beraneka ragam. Warna-warni, motif, pernak-pernik, hiasan dan bahkan keanggunan dan gaya dari peserta SBC 2.

p

One thought on “Kirab Solo Batik Carnival 2

  1. Akhirnya batik diakui juga sebagai milik Indonesia oleh UNESCO. Dengan pengukuhan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia tgl 2 Oktober kemarin, jelas memberikan dampak yang baik bagi industri batik di Indonesia, tetapi hal ini juga perlu diikuti gerakan-gerakan lain dari masyarakat yang sifatnya mendukung keberadaan batik itu sendiri.

    Kirab ‘Solo Membatik Dunia’ yang diadakan setelah Kirab Solo Batik Carnival 2 adalah salah satu wujud kebanggaan Bangsa Indonesia, terutama di Kota Solo. Antusiasme terlihat pada setiap warga Solo yang memenuhi Jalan Slamet Riyadi waktu itu. Mudah-mudahan ini benar-benar merupakan titik awal munculnya kebanggaan Bangsa Indonesia pada batik secara menyeluruh, tanpa memandang usia, tingkat, dan jabatan. Semangat Batik dari Solo untuk Dunia..!! =)
    Iklan Baris Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s