Solo Batik Carnival 2009


Solo, Warta Kota

Pelesir ke Solo pada liburan kali ini, jangan lewatkan Solo Batik Carnival (SBC) II yang akan digelar mulai 28 Juni 2009.

Wali Kota Solo, Joko Widodo mengatakan, SBC  memiliki nilai jual bagi Kota Solo. “Nilai jual tersebut berpotensi menjadikan Kota Solo memiliki nilai tambah dalam bidang pariwisata, yakni kota pertunjukan dan kota karnaval,” katanya pada Rabu (24/6).
Dia mengatakan, melalui proses yang cukup lama diharapkan acara tersebut dapat memberikan kesan yang bagus bagi masyarakat dan wisatawan yang menyaksikannya, terutama bagi wisatawan asing.
“Kesan bagus juga dapat mengundang duta besar yang ada di Indonesia, seperti Amerika Serikat, Australia, Jepang, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan dengan harapan mampu memajukan sektor pariwisata di Kota Solo,” katanya.
Dampak positif lainnya SBC II mampu membangun ekonomi kerakyatan, antara lain menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan penjualan batik yang banyak dijual pedagang kecil karena pamor batik terangkat dalam kegiatan tersebut.
“Melalui kesan positif yang dibentuk terhadap batik pada acara ini akhirnya masyarakat memahami batik dapat dirancang, tidak hanya pada acara-acara resmi, tetapi juga pakaian sehari-hari maupun untuk seni pertunjukan seperti yang ada di SBC II,” kata Joko.
Dia mengatakan, dalam penyelenggaraan SBC berikutnya pemerintah akan mengurangi lagi anggaran yang diberikan.
“Pada akhirnya acara SBC ini akan mandiri tanpa harus bergantung kepada pemerintah, seperti yang terjadi pada karnaval-karnaval di negara-negara lain di dunia,” katanya.

One thought on “Solo Batik Carnival 2009

  1. Ping-balik: Jogya Java Carnival 2011 | Agus Wibisono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s