Resensi Film: Shawshank Redemption (1994)


shawshank-redemptionKemarin lihat film ini di idmb dan di Indowebster ratingnya ternyata tinggi sekali. Karena penasaran akhirnya download deh film ini. Film ini bagus banget ceritanya. Setelah menontonnya film ini bagus banget (8/10). Ending yang terjadi pun diluar dugaan dan indah. Film ini merupakan film pada tahun 1994.

Film ini berlatar pada tahun 1930-an. Film yang menceritakan kehidupan seorang bankir, Andy Dufresne  (Tim Robbins) di penjara karena menjadi tersangka atas pembunuhan istrinya sendiri. Andy yang merasa bahwa orang yang berada dipenjara adalah orang-orang yang tidak bersalah. Dan ia selalu berusaha mencari celah untuk mendapatkan kebebasannya. Dia adalah orang yang sudah memikirkan kebebasan saat dipenjara.

Sebuah film yang brilian karena akting yang mengagumkan dari Morgan Freeman yang berperan sebagai Red. la dinominasikan dalam Oscar untuk aktor terbaik pada tahun 1995 tetapi tidak berhasil menang. (Tom Hanks memenangkannya dalam film Forest Gump.) Freeman bermain begitu menawan dalam setiap adegan yang diperankannya ia menghilangkan kebosanan dan olok-olokan dalam benak kita semua. Dan juga kita dapat melihat kekuatan dan soul dalam film ini yang sangat berbeda dengan film lainnya. Red ini merupakan temen andy saat dipenjara. Dia selalu terkesan dengan tingkah dan pemikiran andy yang luar biasa.

shawshankredemptionmovieposter Tetapi Freeman juga tidak sendiri. Tim Robbins yang merupakan pahlawan, pemeran utama dalam film ini, bankir Andy Dufresne yang menjadi narapidana atas pembunuhan istrinya sendiri. Robbins mempunyai kualitas yang unik sebagai seorang aktor ia memberikan sentuhan yang mengagumkan pada karakter yang diperankannya. Dan mungkin ini adalah akting terbaik selama karirnya dalam perfilman. Hal itu dapat dibandingkan dengan film “The Player” (1992) sebuah film lain yang luar biasa, Mystic River (2003) ketika ia mendapatkan Oscar sebagai Best Supporting Actor.

Cinematography dari Roger Deakins yang luar biasa. Hampir tidak ada kesalahan kecil dalam film ini secara keseluruhan. Mungkin perbedaan yang sangat mencolok antara protagonis (Andy, Red, Brooks, dll) dan antagonis (The Warden, The Guards, dll) sangat mencolok terlihat. Selain itu akting Andy yang terlalu heroik dan jauh dari realitas. Dan mungkin “Redemption” merupakan suatu keajaiban. Tetapi itu bukan masalah yang besar.

11 thoughts on “Resensi Film: Shawshank Redemption (1994)

  1. film ini begitu kuat dari sisi narasi atau story-nya. Kita sulit menebak apa yang terjadi selanjutnya dan disitulah asiknya nonton felem ini. Ending yg begitu bagus… walaupun sedikit klise.
    Satu yang paling kusuka dari film ini… tentang memaknai sebuah “harapan”

    PS: Find me on flixster: arespendil

  2. numpang ‘ngoment’ bang,..
    setttuuujuuuu….I’ve watched dis muvi…ai luv it..luv it..luv it…Hope can set yu free…

  3. takPikir film baru…ternyata lama yah..hehe..tapi lumayan buat referensi 😀

    @wibisono:iya mas film lama tapi bagus banget dan bagi kita mungkin film itu terlupakan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s