Kuliah tamu Manajemen Produk PT.Tiga Pilar Sejahtera


kuliah tamu ini dilaksanakan tanggal 12 juli 2009 di ruang seminar utama (RSU) fakultas teknik UNS. Kuliah ini umum tetapi hanya terbatas untuk mahasiswa teknik industri. Penyelenggara kuliah ini dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa teknik Industri (HMTI) dan Mahasiswa angkatan 2005.

PT. Tiga Pilar Sejahtera

tiga_pilar_logo

PT. Tiga Pilar Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan. Produk yang dihasilkan yaitu berupa basic food (egg noodle, dried noodle, vermicelli) dan Consumer food ( instant noodle, instant rice vermicelli, biscuit and sneak, candy). Perusahaan ini sudah berkembang menjadi perusahaan yang besar dan sekarang sudah berusia lebih dari 50 tahun. Pada kuliah tamu kali ini pembicara dari bagian RND (research and Development) yaitu bu Utari dan HRD (Human Resource Development) yaitu bu Tantri.

Manajemen Produk

Kuliah tamu yang dilaksanakan dalam rangka bagian dari mata kuliah manajeman produk. Adapun Kuliah ini berisikan tentang Bagimana membangun dan mengatur produk mula dari tahap ide pengembangan hingga menjadi produk yang jadi.

Mengapa manajemen produk inti Penting ?

Yang pertama adalah karena ini bisnis besar. Lebih dari ratusan juta dolar dihabiskan tiap tahunnya untuk pembuatan teknologi baru. Riilnya adalah ribuan produk baru terjual tiap tahunnya, dengan websitenya. Dan satu website mampu menjual ratusan produk. Dan ratusan dari ribuan orang bekerja untuk membuat dan memasarkan produk baru. Namun, alasan sebenarnya adalah ’produk baru’ merupakan jawaban bagi masalah besar sebagian besar organisasi. Karena, pesaing akan masuk ketika:

  • terlalu sedikit variasi produk yang memiliki harga terjangkau,
  • mereka memiliki produk baru dan kita tidak.

Keuntungan akan hilang ketika harga tidak bisa menutup biaya produksi, yaitu saat :

  • pesaing datang dengan harga yang rendah
  • pembeli tidak memilih produk kita
  • peraturan tidak mengijinkan adanya produk baru dan memberi alternatif barnag
  • teknologi kurang bersaing dan kualitas kurang diperhatikan.

Apakah Produk Baru ?

Produk baru, dibagi menjadi 5 kategori, yaitu:

  1. New to the world produk, produk ini benar-benar baru. Contoh: mobil pertama, kamera polaroid pertama, dll.
  2. New category entries, produk pendatang baru. Artinya produk ini baru bagi perusahaan tapi tidak baru di dunia. Contoh: shampo pertama dari P&G.
  3. Additions to product line, produk yang sudah ada dan merupakan pasar pertama bagi pasar. Contoh: detergen cair, dll.
  4. Product improvements, produk baru yang lebih baik sebagai pengembangan produk yang sudah ada.
  5. Repositioning, produk yang ditargetkan untuk penggunaan dan aplikasi yang baru.

Ciri-ciri pengembangan produk baru ini adalah:untitled1

  1. Operasi dan keputusan yang rumit,
  2. Semua inovasi produk akan ditekankan, karena untuk melakukan hal baru/perubahan membutuhkan keberanian.
  3. Permasalahan dari semua kebutuhan manajemen harus ketemu. Maksudnya semua harus sesuai antara manufakturing, biaya, waktu, nilai tambah, kualitas.

Untuk membuat produk yang pertama tidak langsung membuat berdasarkan keinginan produsen tetapi juga harus mempertimbangkan beberapa tahap. Adapun beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu :

  1. Opportunity identification and selection. Fase I merupakan suatu strategi yang berjalan secara alami dan sulit untuk dijelaskan atau didefinisikan. Pendekatan terbaik adalah melihat kondisi aktual bisnis dan hasil arahan strategi bagi perusahaan.
  2. Concept generation. Memilih peluang yang paling potensial, kemudian melibatkan keinginan konsumen. Dalam beberapa keadaan mengidentifikasi peluang adalah mengungkapkan apa yang diinginkan konsumen. Kemudian mengumpulkan konsep-konsep produk baru yang sesuai dengan peluang yang ada untuk diwujudkan menjadi produk baru.
  3. Concept / Project evaluation. Sebelum pengembangan pekerjaan dapat diterapkan dalam ide baru, ide tersebut perlu dievaluasi dan disaring. Aktivitas ini disebut sreening. Mengevaluasi konsep-konsep produk secara teknis, marketing, dan finansial. Kemudian diurutkan dan dipilih dua atau tiga yang terbaik.
  4. development. Secara teknis. Menentukan proses pengembangan secara keseluruhan. Mendesain prototype, menguji dan memvalidasi prototype, merancang dan memvalidasi proses produksi yang menghasilkan prototype yang terbaik, menentukan kebutuhan skala produksi untuk pengujian produk itu sendiri dan pengujian marketingnya. Secara marketing. Menyiapkan strategi, taktik, dan segala detail peluncuran produk. Menyiapka rencana bisnis dan memperoleh persetujuannya, serta menyiapkan berbagai nilai tambah atas suatu produk, seperti service, pengemasan, branding, dsb.
  5. launch. Peluncuran atau komersialisasi diartikan sebagai waktu atau keputusan dimana perusahaan memutuskan untuk memasarkan sebuah produk (jadi/tidak jadi). Peluncuran dimulai dengan market test di mana akan ditemukan masalah-masalah atau diharapkan ditemukan masalah-masalah untuk kemudian dapat diselesaikan.Market test dapat berlangsung sebentar atau bertahun-tahun.
  6. untitled11

pada kuliah tamu ini dijelaskan panjang lebar terjadinya sebuah produk. Mula dari awal ide sampai hingga produk dilempar ke pasar. Bahkan produk yang baik itu juga harus mengurusi pasca penjualan juga.

untuk Materi powerpointnya bisa di download disini :

  1. Powerpoint perusahaan Tiga pilar Sejahtera
  2. powerpoint manajemen produk dari bu Utari TPS

5 thoughts on “Kuliah tamu Manajemen Produk PT.Tiga Pilar Sejahtera

  1. Sebenarnya Daku kurang puas,s o n.
    Cos, materinya udah di presentasikan oleh anak-anak waktu kuliah. Seharusnya, lebih ke Case Study-nya. Case Study-nya menurut saya masih kurang.

    @wibisono: itu kan dari sudut pandang perusahaan tiga pilar. Kalo lebih jelas harusnya dua pembicara dari perusahaan yang berbeda..

  2. umm.. hujjann.. tiw males ngampus.. jadi ndak ikutan deh.. huuuhuuu

    >

    @wibisono: mmm.. wah gak datang ya.. padahal acaranya menarik lho…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s