Test Magang COOP Telkom 2009


telkomBismillah. Alhamdulillah kemarin rabu tanggal 29 April 2009 telah mengikuti test program COOP PT.Telkom. Test ini diselenggarakan di bidang Kemahasiswaan UNS ( mawa ). Test magang COOP ini adalah program CSR (Corporate Sosial Responsibility) dari PT. Telkom Indonesia yang bertujuan untuk mengkolaborasikan dari Mahasiswa, Universitas dan dari Dunia usaha yaitu dari PT.Telkom. Program COOP ini telah bekerjasama dengan 64 universitas di Indonesia.

Peserta kemarin dihadiri oleh 17 pendaftar. sebenarnya ada 20 orang pendaftar cuma yang 3 orang itu tidak hadir.ย  Peserta tes ini cumas dari tiga jurusan /program study yaitu Teknik industri, Manajemen dan Akuntasi. Tes ini dilaksanakan pukul 08.00. Tapi si penulis datang terlambat karena harus mengisi perut terlebih dahulu ( lebih penting). Tapi dengan kebaikan hati panitia akhirnya boleh diijinkan. hehe. sebelum tes memang di beri presentasi mengenai seluk beluk telkom mulai dari produk hingga ke perusahaannya. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi mengenai program telkom yang Cooperative Academic Education mengenai hak dan kewajiban peserta magang dll.

Setelah presentasi panjang lebar dan tinggi akhirnya ujian tertulis dilaksanakan. mmm.. cukup deg-degan juga. Tes yang pertama ini bersifat sistem gugur. jadi ya harus bener bener menjawabnya. Tes ini berisi tentang pengetahuan umum telkom dan tes bahasa inggris. tes bahasa inggris.ย  Tesnya kayaknya ambil dari soal soal TOEFL. wah untung paginya sempat belajar soal soal TOEFL jadi agak terbantu. waktu yang diberikan untuk menjawab cuma 15 menit.ย  Untuk selanjutnya yaitu Tes pengetahuan umum telkom ini berisi tentang tes seluk beluk telkom, produk dan layanannya, bahkan sampai ada soal tentang produk dan informasi dari perusahaan pesaing. Ya tesnya agak tegang gitu soalnya cuma dikasih waktu 13 menit untuk mengerjakan. Usai ujian peserta tes magang harus menunggu limabelas menit untuk mengetahui hasilnya. menit menit yang mendebarkan. dan hasilnya ??

Pengumuman dalam bentuk selembar kertas pun sudah datang. Siap siap dipasang didekat pintu masuk Mawa. Semua penasaran bakalan lolos gaknya tes pertama?? mmm.. mengintip sedikit demi sedikit. dari atas ke bawah. dan Alhamdulillah. walaupun nomor dua dari bawah.. oo.. bukan di rangking ternyata tapi sesuai dengan jurusannya. dari tujuhbelas peserta yang lolos cuma sebelas orang. Segera setelah itu tes wawancara dilaksanakan. Wah bakalan apalagi yang terjadi nih.. Tapi sebelum tes.. Makan lagi. maklum penulis ini suka sekali sama hal yang berbau makanan.

Dari ruangan tersebut ada tiga penguji wawancara. Namun yang dipanggil cuma dua orang-dua orang yang masing masing menghadap satu pengawas. berhubung ku nomor dua dari bawah makanya tesku agak belakang. akhirnya tiba giliranku. deg-degan juga. Para pengujinya dari ahli-ahli telkom. Rada grogi juga. Eh, ternyata saat wawancara yang dibahas cuma seputar blog. Berhubung hobiku ngeblog. Selain itu juga yang dibahas Kuliner. haha. Dari beberapa wawancara peserta ujian ternyata diriku yang paling lama. mmm. karena itu tadi yang diobrolkan.

Untuk Tes terakhir ini memang tes yang tersulit dan terlama. Psikotest. Test ini terdiri banyak rangkaian. Testnya seperti test psikotest biasa.. disini tidak akan saya bahas karena penulis mengalami pusing pusing berkepanjangan setelah tersebut. Apalagi yang harus menjumlahkan deret deret angka yang berukuran kertas A3 penuh bolak-balik. Pusing!!

30 thoughts on “Test Magang COOP Telkom 2009

  1. saya mau tanya untuk membuat page baru pada senayan gimana caranya?

    misalnya :
    buka senayan
    muncul kategori
    belajar
    setelah itu di klik
    muncul kategori fisika
    setelah fisika di klik baru muncul tampilan buku
    fisika kelas bera
    dan ebook itu bisa di download
    tolong ya ?

  2. @john…ditugasinnya di telkomsel mana???kalo untuk keperluan kampus bisa izin ke supervisornya,,kalo spv ga ngasih,bisa lapor ke koordinator masing2 regional..

  3. ikutan nimbrung..

    congratulation!!!!!!!!
    nama q jg ada di list.wondering what will happen next.magangnya ngapain yah???
    udah ada yg lapor diri blum??
    mw lapor diri,tp di semarang ujan tiada henti niy…

    ntar share crita2 magang yah..

    @wibisono: oke… kalo ada pemberitahuan dan pencerahan ku juga dikabari ya….

  4. alhamdulilah wa syukurillah dari ratusan nama yang lulus COOP telkom 2009 ternyata namaku juga ada, alhamdulillah…
    makasih untuk Telkom..
    makasih untuk FE Univ Jambi
    makasih untuk temen2 semuaaa..

    untuk temen2 yang lulus juga selamet yah..
    mudah2an kelulusan test ini membawa berkah bagi kita semua,amiiieenn..

    bagi yang belum lulus, sabar aj,
    masih banyak kok jalan lain,
    taun depan masih ada,hehe

    subhanallah..
    alhamdulillah..

  5. Alhamdulillah wasyukrulillah nama sy jg ternyata nyelip di pengumuman…!!!

    terimakasih atas semuanya….

  6. sy juga diterima nih, tp di telkomsel.
    ngmg2 kerjaannya nanti tuh ngapain ya? ada yg tau?
    soalnya saya masih mengerjakan skripsi, bisa gak kita minta waktu tiap minggu untuk bimbingan ke kampus.

  7. buat temen2 yg blm tau informasi co-op telkom hari ini udah ada pengumuman resmi di web telkom,,semoga temen2 semua lulus terima kasih

  8. mungkin di confirmasi dulu ma pihak telkomnya mas,,lalu diumumkan melalui web ato kampus masing2 menyusul, sebernya telkom sudah menghubungi peserta dr kmaren, adik angkatan sy juga dihubungi telkom kmaren sore,,sy pikir sy ga lulus, eh ternyata tadi pagi telkom nelpon memberi kabar bahwa saya lulus..tunggu aja,semoga mas wibisono juga lulus ya….

    @wibisono: ya.. mas.. temen2 yang lain juga belum ada konfirmasi juga.. harusnya pengumumannya awal bulan ini. Amin. semoga diterima. hehe..
    o iya mas.. magangnya mulainya kapan??

  9. slamat pagi temen2 td saya di telpon ma pihak telkom,,alhamdulilah keterima tapi di telkomsel,,tp saya tes di bdg ditugasinnya dilempar ke karawang..
    bwt temen2 yg sedang menunggu pengumuman berdoa aja semoga keterima dan ditempatin di kota asal..kita satu angkatan co-op.

    @wibisono: selamat ya mas… ni juga nunggu pengumumannya.. emang pengumumannya lewat telpon to??

  10. kalo ada pengumuman, q kasih tau ya..
    thanx
    @wibisono: iya, tadi ada komen kalo pengumumanya lewat telpon.. tapi sampai sekarang kok belum ada pengumumannya.. semangat ya!!!

  11. kalo dah da pengumuman co-op 2009 kasih tahu q y….!!!!thank..

    @wibisono: oke…ni ku juga nunggu juga… semangat ya..

  12. waduw lama juga ya pengumumannya…mas wibisono tau ga sbenernya syarat co-op telkom tuh untuk mahasiswa yg sedang menunggu wisuda ato yg telah menyelesaikan tugas akhir???soalnya sy jd bingung ni..alhamdulilah skripsi sy mgu kmaren di acc udah beres,,tinggal sidang,,nah takutnya untk mahasiswa yg udah sidang ga boleh ikut program ini gt..jd bingung nunda sidang ato sidang aja ya… gmana ya ada yg punya saran???

    @wibisono : kemarin pas waktu tes ada mahasiswa juga yang udah skripsi selesai tinggal wisuda. tapi demi mendapat kesempatan magang rela mengundur waktu wisudanya. kalo cari pengalaman sebelum kerja mending ikut aja.. keep spirit…

  13. asslmkum..Numpang Ngisi y..

    Aq akbaR Mahasiswa Universitas Negeri Jambi. Bulan 3 KemareN Aq ikutan Tes jg..
    Asli SEru ABis Tes nya..Ada Rasa SEnang, Takut, Deg-Degkan, yang trakhir Pusing, he3. yg paling TOP psikotesny euy..Tarik Mank..He3.Emang otak Kt Di Ajak Bergoyang SmPe Pagi waktu ngitung Angka2 yang tak pernah habisnya.
    Sekrang lg Ngguin Pengumuman nie.. DOain y moga LULUS. Amin ya ALLAH.
    Buat TEmen2 Seperjuangan yg ikut Test..TEtap SemanGat, mg kita LULUs SEmua.AMin

    @wibisono: Semangat juga ya mas Akbar.. kita satu perjuangan.. semoga diterima.. doakan saya juga ya…

  14. perkenalkan saya david dari universitas widyatama bandung,,kmaren saya juga tes co-op telkom bener tuh yg hitung2ang di kertas A3 bikin puyeng,,makin lama malah makin lemot ni otak buat diajak ngitung,,,haha,, mudah2an lolos..buat temen2 yg akan test co-op smangat aja deh,,slamat berjuang,,,

    @wibisono: Memang bikin pusing kepayang tuh tes ngitung.. Semangat dan selamat berjuang juga…

    Keep Spirit..

  15. kira2 berapa soal mas,, pengetahuan telekomunikasi ma bhasa inggrisnya.. iya terimaksih info & motivasinya,, saya ikut coop di bandung..

  16. mas, tesnya pilihan ganda apa essyai… c0z tgl 18 mo nyobain ikut co-op hehehe

    @wibisono: tesnya bersifat pilihan ganda.. menurutku tes pertama itu yang menentukan soalnya bersifat sistem gugur..
    semangat ya..

  17. Mas, sy jg ikut test ny utk wilayah JOGJA,
    lagi nunggu pengumumn akhir nie….
    taw gk mas kapan pengumumany?
    emg via sms doank ya?
    sukses yea mas…..

  18. ..

    kapan cerita itungan tes psikologina..

    tak tunggu ……

    >
    @wibisono: ya tes yang psikologi tuh di bagi menjadi beberapa bagian: yang pertama tes pehamanan kata-kata. trus ada tes matematika dasar, ada tes mencocokkan gambar, ada juga tes menggambar, yang ini tesnya seru suruh melanjutkan pola dengan hasil gambaran sendiri, ada juga yang menggambar pohon. Tes ingatan juga ada. suruh menghafal dalam waktu kurang dari 3 menit. dan yang terakhir tes bernaulli. yaitu tes bilangan acak dan disuruh menjumlahkan angka terdekat..

  19. Asslm. Slm kenal yah..

    Alhamdulillah sminggu yg lalu gw jg udah tes coop d kmpuz gw universitas jambi,
    Tesny lumayan melelahkan,
    Apalagi wkt tes deret angka,fyiuh..capek euy,

    Tp yg jelas kmaren ud brusaha smaksimal mungkin,skrg tgl berd0a aj mudah2an msuk,amin.

    Sukses yah..

    @wibisono: oke.. sukses juga ya… memang bikin capek kok…

  20. Halo bro..
    wah trnyata blogger to kw.. siph..

    Ajari itung2an bro haha, kw ki cpt bgt, yg laen ga’ nambah, cm drimu thok yg nambah,, hebat bro..

    Mga ditrima yak..

    Taqur. mnjm 05

    @wibisono: bukan blogger kok.. cuma hobby nulis. hehe. amin..
    wah garapnya cuma seperti biasa.. tak kirain yang lain bisa lebih kayak gitu. hehe

  21. kapan pengumunan lagi??

    aku bantu lewat doa aja yiaaa.hihihi..
    sukses mas…
    semangat!!!!!!!!!!!!

    @wibisono: amin .. semangat juga…

  22. HEBAT !!

    MOGA LOLOS MAS .

    UDAH PUSING GITU .

    WAA.. KAYAKNYA TES ANGKANA PERLU DICERITAKAN NIE..

    SERU DAN MENANTANG IA ..

    JADI PENGEN TAHU !

    @wibisono:Amin. kayaknya tahun depan tiwi harus mencoba.

    HEEE. . TAHU..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s