my Ubuntu 9.04 ( Jaunty Jackalope) is Ready


alhamdulillah. akhirnya sudah selesai menginstall ubuntu 9.04 yang terbaru. setelah di downloadkan teman, mumpung ada waktu menganggur. ku coba aja menginstall ubuntu terbaru tersebut. memang ada yang berbeda dari sebelumnya. mulai dari tampilan pada saat booting. tampilannya lebih futuristik. Selain itu tampilannya agak sama dengan sebelumnya cuma yang hampir beda yaitu pada wallpapernya.

ubuntu-9-4-boot-splashpada ubuntu 9.04 wireless yang aku gunakan langsung terpasang pada saat penginstalan ( disertakan pada CD). Wireless yang aku gunakan Broadcom. ada menu yang baru dari Ubuntu seri ini yaitu ada widget disisi kanan atas di tray yang menunjukkan wireless dan sound.

EXT4

ada sebuah revolusi dari sebelumnya yaitu penggunaan file system EXT4. Menurut dari sumber penggunaan EXT4 akan menjadi lebih cepat dan stabil. Waktu booting pun juga akan menjadi lebih cepat. dan terbukti.

untuk bundel pada ubuntu ini sudah disertakan open office 3 dan gimp versi 2.6. pada versi sebelumnya masih menggunakan open office 2.4. open office 3 sudah bisa membaca format dari office 2007.

screenshot

untuk tutorial instalasinya menyusul. untuk mengupdate dari repositorynya masih lama. maklum pakai koneksi kampus di sore hari. kalo malam hari cepat. hehe.

.

8 thoughts on “my Ubuntu 9.04 ( Jaunty Jackalope) is Ready

  1. Baru mau kapanye linuk di kantor, program os tanpa virus, mohon doa restu dan dukungan, juga untuk wonogiri, pengen jadi kota LINUX.

    @wibisono… iya.. mari kita majukan penggunaan open source di indonesia… nanti kalo sudah menggunakan linux di kantor, bapak eko bisa membuat ulasan di situs KPLI (komunitas pecinta linux indonesia) solo..
    http://solo.linux.or.id/

  2. Ubuntu. Jalan Buntu kali ya?

    Tahu nama linux sejak masih di UNS dulu. Menginstal dan menggunakan Ubuntu 8.04 LTS (Hardy Heron) tahun 2008 lalu. Saat ini punya beberapa koleksi keluarga ubuntu mulai dari Ubuntu, Kubuntu, Edubuntu, Xubnutu, UbuntuStudio, dan ‘anaknya’ Ubuntu yatiu BlankOn 4.0 – Meuligoe.

    Yang pernah kucoba adalah Ubuntu, Kubuntu, dan BlankOn. Tampilan Kubuntu konon bagus agak mirip Windows, tapi bagi saya saya lebih tertarik menggunakan Ubuntu dan BlankOn (bhs. Indonesia).

    Sebetulnya Ubuntu 8.04 LTS (Long Term Support) itu adalah seri stable yang paling akhir. Dalam artian dukungan update panjang. Bahkan melebihi yang versi 9.04 (Jaunty Jackapole):
    1. Ubuntu 8.04 LTS Desktop: Released April 2008 and maintained until April 2011 – ideal for large deployments
    2. Ubuntu 9.04 Desktop (the latest version): Includes the latest enhancements and is maintained until 2010

    Mari mulai menggunakan Linux murah dan legal. Agar kita tidak selalu tergantung dengan Microsoft. Kalau terbiasa menggunakan Linux maka akan lebih nyaman, mudah. Untuk urusan internet, Mengetik, analysis data, prseentasi, dan segala kebutuhan office ada di Linux. Bahkan hampir persis dan dapat membuka dokumen Ms Office. Yang ajaib nih Excel2003 gak bisa buka Excel2007. Padahal OpenOffice.Org yang diinstal di Ubuntu dapat membuka Excel2003 maupun Excel 2007. Kalau saat ini kita asing mungkin hanya kurang biasa saja.

    Kepolisian Perancis saja migrasi ke Ubuntu. Mengapa kita tidak?

    @wibisono: wah bagus sekali mas,, ubuntu bukan jalan buntu tapi Kubantu.. hehe.. saling membantu dalam dunia IT untuk kepentingan bersama..
    untuk kompabilitasnya memang sudah bagus kok.. semua sudah ada di dalam bundel linux tersebut.

    sudah saatnya kita bermigrasi untuk menggunakan linux. sbenarnya kita bisa.. tinggal kita mau atau enggak??

  3. update dari intrepid iso ga yo,mas?

    @wibisono: bisa mas kalo dari versi sebelumnya ( 8.04).. klik aja dimenu update manager. nanti ada update yang ke ubuntu 9.04

  4. ah gak mudeng u buntu mas..

    ajarin yg Lain aj ia..

    kapan kita ambiL sertifikat?

    >

    @bzon: ya ntar kalo g mudeng di coba aja pakai ubuntu. ayo kapan ambil sertifikatnya.. jalan kaki ke puskom.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s