Mengoptimalkan Pengunaan Baterai Laptop di Windows


Ketika kita sedang menggunakan laptop dalam baterai mode kita sering mengalami waktu penggunaan yang sedikit. Tanpa kita sadari ternyata penggunaan baterai listrik itu sebanding dengan berat proses dari komputer yang digunakan. Laptop yang digunakan yaitu Acer 4520 dan bisa mencapai ketahanan lebih dari 3 jam. Ada beberapa cara untuk menghemat.

untitled

Pertama, Hilangkan semua startup yang tidak perlu. jalankan di menu run terus masuk ke msconfig lalu centang segala aplikasi yang tidak perlu. ini sangat membantu sekali untuk proses booting dengan cepat.

3

4

kedua, Redupkan layar dan matikan beberapa perangkat seperti bluetooth dan audio. Penggunaan Audio dapat berpengaruh di kinerja Laptop. semakin besar suara semakin boros baterai. demikian juga untuk bluetooth.

ketiga, ternyata penggunaan xp yang sp3 itu tidak cocok untuk laptop. pernah saya coba dan digunakan ternyata penggunaan baterai tidak sampai dua jam. ada beberapa service yang tidak berguna yang di pasang di XP SP3. sedangkan untuk sp yang saya gunakan yaitu sp2 terutama yang black edition. untuk ketahan yang lebih lama lagi gunakan linux. saya memakai ubuntu bisa mencapai 3 jam lebih juga.

keempat, install aplikasi yang diperlukan saja di windows. Penggunaan laptop berbeda dengan penggunaan komputer desktop. Untuk penggunaan laptop install aplikasi yang diperlukan saja. kalo saya cuma install office sama photoshop.

Kelima, ganti tampilan dengan tampilan yang ringan. gunakan tampilan yang sederhana. hilangkan kesadaran untuk penggunaan tampilan laptop. yang penting kinerja bung. hehe. ganti tampilan yang klassik aja trus masuk ke system properties trus di advance di klik setting ganti yang best performance.

2

keenam, at last but not least, untuk penggunaan baterai cocok untuk mode internetan (cuma sekedar browsing). untuk penggunaan desain grafis (photoshop dan corel, dll)  dan office (word, excel,dll) usahakan pakai listrik aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s