akhirnya aku nyontreng


pemilihan umum (pesta demokrasi) rakyat Indonesia yang berlangsung di indonesia kembali berlangsung pada tahun 2009. tepatnya tanggal 9 April 2009. Semua warga indonesia ikut berpartisipasi tidak kecuali diriku ini. TPS 11. itulah tempatku melakukan pemilihan. cuma seratus meter dari rumah tempat tinggalku. jam 10 tepat masih di rumah melakukan aktivitas biasa. belum beranjak untuk pergi dari rumah apalagi menconteng.tidak tahu kenapa, masih malas aja keluar, apalagi kondisi cuaca siang yang panas. Inilah yang ku lakukan saat di rumah. kalo dikampus sih, malah jarang di kos. biasanya sering di kampus (out of topic).

memakai sandal jepit kesayangan. langsung menuju ke TKP (tempat kegiatan Pemilu). tempatnya dilaksanakan di halaman depan salah satu rumah di warga. Kartu undangan pemilih merupakan syarat wajib yang harus di bawa saat pemilihan. antrian untuk memilih pun masih panjang. kurang lebih sampai 20 orang antrian padahal waktu sudah menunjukkan pukul sebelas lebih. salah satu panitia bilang bahwa peserta yang datang baru setengah dari jumlah total yang ada di daftar pemilih tetap.

setelah antri lama (30 menit) inilah giliranku memilih. sudah siapkah aku ? Panitia memberi pengarahan untuk memilih di bilik satu. empat kertas pun diserahkan kepadaku dari panitia. bilik untuk memilih sangat kecil. tidak sebanding dengan ukuran kertas suara. sebelumnya ada beberapa orang yang kesulitan untuk memilih dan melipat suara. waktu yang diperlukan untuk memilih dan melipat kertas memerlukan waktu minimal 3 menit. cukup lama juga ya. Any way, masing masing kertas sudah aku pilih dan Bismillah semoga pilihan yang ku lakukan tepat.

memang pemilihan ini dirasakan persiapan yang belum cukup. sangat disayangkan sekali bahwa masih banyak orang yang menyatakan untuk menjadi golput (golongan putih)-tidak nyoblos. padahal dari negara setiap pemilih tetap wajib untuk memilih, suara yang di pilih nantinya yang akan menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan. salah satu warga sempat bilang kalo banyak warga luar yang tidak memilih di daerah asalnya karena untuk pulang memerlukan biaya yang tinggi yaitu yang berada di sumatra. laporan di televisi juga menunjukkan bahwa pasien dan staf rumah sakit tidak ikut memilih karena sakit dan kewajiban kerja di rumah sakit.

ya begitulah kondisi pemilihan di Indonesia. pemilihan di indonesia merupakan pemilihan yang paling rumit di dunia. haha. berapa ya anggaran yang diperlukan untuk pesta demokrasi lima tahunan ini. yang paling saya tidak suka adalah penggunaan kertas suara, kampanye dan spanduk yang dapat menyebabkan pemborosan dan kerusakan lingkungan.

3 thoughts on “akhirnya aku nyontreng

  1. 3kali Pemilu, 12 kali pilbup sukoharjo dan magelang dan 1 kali pilgub jateng ditambah 2 kali pilkades saya belum pernah ikut ya… (doh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s