PUSAT PERGUDANGAN PEDARINGAN (PDP) SURAKARTA


Pusat Pergudangan Pedaringan (PGP) merupakan penyedia jasa pergudangan barang milik Pemerintah Kota Surakarta yang berlokasi di Kentingan Jebres.Pedaringan didirikan tanggal 22 Oktober 1984 berdasarkan Perda No.4 tahun 1984. Pedaringan ini didirikan dari hutang yang berasal dari Departemen Keuangan. Pada saat awal pendirian, pedaringan ini dikelola oleh BUMN, yaitu PT Bagaraksa sampai tahun 1999. Kemudian, dari tahun 1999 – 2006, pedaringan dikelola oleh Pemerintah Kota Surakarta. Setelah tahun 2006, pedaringan diubah menjadi perusahaan daerah yang pengelolaannya berada di bawah pengawasan Pemerintah Kota Surakarta.

Pedaringan merupakan sebuah perusahaan yang berfungsi untuk menopang aktivitas pergudangan masyarakat Solo. Perusahaan ini didirikan untuk menghindari banyaknya jalan yang rusak akibat dilalui truck-truck besar.

Pada awal berdiri, pedaringan memiliki luas 28 Ha. Namun seiring berjalannya waktu, area dari pedaringan diambil dan dimanfaatkan untuk fasilitas lain, yaitu kantor pemadam kebakaran, kantor kecamatan, dan terakhir untuk technopark. Pedaringan sekarang memiliki luas 9,2 Ha yang dibagi ke dalam 2 wilayah. Kedua wilayah ini adalah wilayah atas yang dikontrak oleh pengembang sampai tahun 2011 serta wilayah bawah. Dari wilayah tersebut, pedaringan memiliki 9 gudang penyimpanan, mulai dari gudang A sampai I. Masing-masing gudang tersebut memiliki fungsi penyimpanan yang berbeda-beda, tergantung dari barang-barang yang dititipkan untuk disimpan. Barang-barang yang sering disimpan dapat berupa bahan mentah, bahan setengan jadi, dan barang jadi, diantaranya bahan industri tekstil, bibit, biji plastik, semen, dan triplek dari bubur kayu. Namun, tidak semua wilayah dimanfaatkan untuk gudang, ada wilayah yang dimanfaatkan untuk fasilitas parkir dan bongkar muat barang.

Pembangunan PGP dimaksudkan untuk menopang kebutuhan dinamisasi perekonomian di Surakarta di mana jasa pergudangan memegang peranan penting di dalamnya. Sebelum PGP didirikan, kegiatan pergudangan di Surakarta tersebar secara sporadis di beberapa titik dengan kapasitas serta fasilitas pergudangan yang terbatas. Untuk menertibkan serta meningkatkan layanan dan fasilitas pergudangan di Surakarta, maka pada tahun 2001 Pemkot Surakarta berinisiatif membangun PGP dengan bantuan biaya utang dari Departemen Keuangan.

Pengeloaan PGP dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama pengelolaan PGP di bawah status BUMN dengan menunjuk PT. Bandaraksa sebagai pengelola dan telah selesai pada tahun 2006. Tahap kedua (2006) pengelolaan diambil alih oleh Pemkot Surakarta yang pada saat penelitian status badan usaha PGP belum berbadan hukum, namun diarahkan pada status perusahaan daerah.

PGP menyediakan jasa penyimpanan atau pergudangan berbagai jenis barang, jasa parkir kendaraan angkutan logistik, jasa bongkar muat barang (pekerja dan peralatan bantu) dan jasa angkutan. PGP didukung oleh fasilitas 5 bangunan untuk gudang penyimpanan, area parkir truk pengangkutan yang luas, serta alat bantu forklift.

2 thoughts on “PUSAT PERGUDANGAN PEDARINGAN (PDP) SURAKARTA

  1. eh, ada fotonya pak hisyam dan pak danu….salam ya buat mereka (Bapak-bapak guru yang saya hormati..)…he he :-P..amanah lho bos, harus disampaikan tuh 😀

    btw, tapi pergudangan di pedaringan masih kelihatan “semrawut”, kira-kira kenapa ya mas Bison….ato emang “budaya”nya kayak gitu???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s