PUSAT PERGUDANGAN PEDARINGAN (PDP) SURAKARTA DAN KE BULOG JATEN KARANGANYAR


Kunjungan industri dilaksanakan tanggal berapa ya?? Wah ku lupa yang pasti bulan desember. Wah telat posting harusnya udah kemarin. Kunjungan ini dalam rangka tugas mata kuliah sistem logistik. Tujuannya untuk melihat dan meneliti kondisi logistik (gudang, warehouse, transportasi, aliran barang). Kunjungan pertama dilaksanakan di Pusat pergudangan Pedaringan Pedaringan yang terletak di belakang kampus UNS. Sedangkan kunjungan yang kedua dilaksanakan di Badan Urusan Logistik (BULOG) jaten Karanganyar.

Yang menarik dari kunjungan ini adalah perjalanannya. Hal ini dikarenakan untuk mencapai ke pedaringan belakang kampus harus menyewa bus perjalanan padahal jarak antara kampus dengan pedaringan cuma kurang dari satu kilometer apalagi kosku yang berada di STSI.Kembali ke topik.

Kunjungan yang dilakukan pertama di Pedaringan. Di tempat ini merupakan transit truk-truk pengangkutan baik untuk transit memindahkan barang ke pengangkutan yang lain maupun untuk menaruh barang di gudang pedaringan. Terdapat gudang yang digunakan untuk menempatkan produk sementara. Tujuannya pedaringan di buat agar memusatkan seluruh aktivitas pergudangan di Surakarta. Sehingga sarana infrastruktur (jalan raya) tidak rusak oleh kendaraan berat. Selain itu dari pergudangan ini pemerintah daerah bisa mendapatkan pemasukan. Barang yang terdapat di sini yaitu bijih jagung, asbes, semen dan lain-lain.

Kunjungan pertama selesai lalu kembali ke kampus untuk ishoma. Setelah itu dilanjutkan ke bulog karangnyar. Kunjungan yang kedua ini menarik karena barang yang disimpan adalah bahan sembako. Untuk posting yang profil sembako menyusulnya maklum belum dibuat.hehe. balik lagi ke inti permasalahan. Disini kita mengamati (distribusi, penyimpanan dan aliran barang hingga sampai ke pasar). Selain itu dengan keramahan kepala bulog jaten kita di beri tahu cara menetukan beras yang baik, di ijinkan mengendarai fork-lift truk, dapat sneak. Namun di sayangkan sekali kita pulang tidak boleh membawa beras satu karung. Hehe. O iya ternyata membeli eceran di bulog tidak boleh to?? Hehe. Maklum anak kos. Untuk urusan makan banyak idenya.

Dari hasil kedua kunjungan tersebut harus membuat karya tulis masing masing kelompok. Serta meneliti masalah masalah yang ada logistik, dan pergudangan. Nah itu yang berat. Namun akhirnya sampai tulisan ini diturunkan penulis sudah menyelesaikannya walaupun mepet dan mendadak.

Nb: ada kesamaan antara pedaringan dan gudang bulog yaitu sama sama ditempati binatang ternak (sapi, kambing).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s