Catatan Perjalanan: Pendakian Gunung Lawu


Pos 4 gunung lawu

Jika ingin melakukan pendakian gunung yang ringan dengan pemandangan yang indah. Silahkan mencoba mendaki gunung lawu.

Sebenarnya pendakian gunung lawu ini sudah ke beberapa kali. Namun baru kali ini saya update beberapa hasil perjalanan saya ke gunung Lawu. Sudah dari SMA saya mendaki dan menikmati pemandangan dari gunung ini.

Gunung Lawu merupakan gunung yang paling dekat dengan daerah saya di Solo. Gunung  ini terletak diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yang berada di kabupaten Karanganyar dan Magetan. Gunung Lawu ini memiliki ketinggian 3.265 M dari permukaan air laut. Terakhir saya ke sana bersama beberapa personal dari #gengapapun yang suka jalan-jalan.

Rute pendakian gunung lawu cemoro sewu cemoro kandang

Rute pendakian gunung lawu cemoro sewu cemoro kandang

Kita melakukan pendakian berangkat dari kampus UNS jam 10 Pagi. Dengan menumpang bus Solo-Tawangmangu turun di pemberhentian terakhir sampai Sebelas siang. Kemudian untuk menuju ke Cemoro Sewu pintu masuk pendakian maka kita harus naik angkutan kecil namanya omprengan  sejenis mobil L300. Baru sampai Cemoro Sewu pukul 11.30.

Rencana kita mendaki mendaki dengan rute naik melalui Cemoro Sewu dan turun dari Puncak Lawu melalui cemoro Kandang.Pendakian melalui Cemoro Sewu memiliki 5 pos. Cemoro sewu berada pada ketinggian 1805 dari permukaan laut. Padahal puncak lawu berada di ketinggian 3.265 dari permukaan air laut.

perjalanan indah di gunung lawu

perjalanan indah di gunung lawu

 Rencana kita akan mendaki mulai Jam dua siang. Melakukan pendakian santai dengan lebih banyak ngemil jajanan dan banyak istirahatnya. Namun kita harus target untuk ngecampnya berada di sendang Drajat habis pos 5 untuk membuat camp. Namun karena pada malas dan pengen santai akhirnya nginepnya di Sendang drajat di warung mbok Yem dekat puncak lawu dengan fasilitas listrik, didalam rumah, nonton TV, tinggal beli makan dan minum dengan gampang :D. Kita melakukan pendakian jam dua siang baru sampai Ngecamp sekitar jam delapan malam.

Pendakian gunung Lawu

Pendakian gunung Lawu

 Paginya Shubuh yang begitu dingin sekitar jam 5 kita bersiap siap untuk melakukan perjalanan ke puncak gunung Lawu yang tertinggi yaitu Puncaknya bernama Hargo Dumilah. Jarak yang ditempuh dari tempat kita membuat camp yaitu sekitar 30 Menit dengan medan yang terjal.
Perjalanan ke gunung lawu

Perjalanan ke gunung lawu

Untuk melihat pemandangan yang bagus dari puncak sebaiknya mendaki antara sunrise hingga hampir sebelum jam 9 pagi, sebelum kabut datang. Cuaca sangat berubah-ubah. Jadi melihat sunrise dengan keindahan pemandangan yang ada itu merupakan sebuah keberuntungan.

Puncak gunung lawu tugu

Puncak gunung lawu tugu hargo dumilah

Pemandangan indah gunung lawu

perjalanan turun ke puncak gunung lawu

Selang sejam berada di puncak kita melanjutkan perjalanan turun. Tidak lupa masak mie rebus dan minuman hangat di puncak. Kita turun melalui cemoro kandang. dengan tujuan turun dengan santai dan tidak melalui jalan yang terjal. walaupun melalui cemoro kandang jarak yang ditempuh semakin jauh. Hampir 5 jam kita melakukan perjalanan turun dari puncak. Begitu turun sudah ada transportasi yang membawa sampai pasar tawangmangu. alternatif kendaraan lain yaitu kita bisa menyewa mobil angkut untuk membawa kita sampai solo langsung dengan kapasitas 12 orang. Lumayan murah.

Foto-foto yang lain:

About these ads

143 thoughts on “Catatan Perjalanan: Pendakian Gunung Lawu

  1. Inshaa Allah akhir desember rencana mau ke gunung lawu, tapi mengingat usia sdh di atas 40 thn, kayaknya saya perlu porter utk bawa makanan dan tenda ke atas puncak.. Boleh minta infonya ttg porter utk ke puncak lawu. makasih mas.

  2. Insya Allah besok sabtu tgl 14 juni 2014 saya beserta temen2 5 orang berangkat dr semarang ingin mendaki lawu.. Terpaksa melewatkan prtandingan pembuka piala dunia..
    Semoga terbalas dengan pemandangan indah lawu..
    Amin
    Salam gunung ✌️

  3. bang saya dari jogja,tapi sendiri, pinginnya k’lawu sendiri, apa bannyak yang ndaki, n apa bisa ikut ndaki sama mererka?

      • Alhamdulillah walaupun cuaca lagi enggak mendukung ketika kita melakukan pendakian dan sampai puncak di Hargo Dumilah gunung Lawu on 19 May 2014 enggak kena hujan yang parah.
        Terima kasih atas ridlo dan barakah dari Allah swt., amin.

        Wassalam,
        ONY TJAHJONO
        KEO International Consultants
        Doha, State of Qatar

  4. Pingback: [Catatan Perjalanan 2013] Pendakian Gunung Lawu Lewat Jalur candi Cetho | @Aguswibisono

  5. kami dari PALAWIJA bekasi ,, insya Allah tgl 28 – 31 kami akan melakukan petualangan ke Solo ,, kami juga akan melihat matahari pertama tahun 2014 di Puncak Lawu ,, doakan kami semoga semuanya dilancarkan ya ,, aamiin :)

    salam Lestari
    PALAWIJA bekasi

    • bang boleh bareng gak kita sama2 dari bekasi nih
      kira2 bawa budget berapa buat kesana nih bang?

      maaf bang mohon informasinya kalau bisa abang sms ke nomor saya ya bang, (0896 3730 0692)
      terima kasih bang
      salam lestari

  6. Pingback: [Catatan Perjalanan] Pendakian Gunung Semeru jalur Ranu Pani 2013 | @Aguswibisono

  7. Pingback: Ranu Kumbolo : Bagian yang menarik dari gunung Semeru | @Aguswibisono

  8. Pingback: Ranu Pani : Telaga sumber air di kaki gunung Semeru | @Aguswibisono

  9. Pingback: Telaga air Sarangan : Telaga dibawah kaki gunung Lawu | @Aguswibisono

    • kalo belum pernah, mending coba dulu saja. setidaknya sekali seumur hidur. biar bisa menjadi pengalaman berharga.. Lawu mendakinya enak. dibikin santai saja. :D

  10. mau tnya nh pak, kalo dr purworejo, jawa tengah, kalo mau ke lawu transportasinya pke krta gmna ya?
    mksh ats jwbanya,, :-D

    • naik pramek dari purworejo trus turun di jebres.. naik bis tawangmangu. trus naik omprengan sampai cemoro sewu. naik bis juga bisa dari purworejo turun terminal tirtonadi ntar naik bis tawangmanguan

      • mksh ats jwbannya,, :-)
        mau tnnya jga, pantangan slama ada di sna apa aja ya? mksh ^_^

  11. salam kenal kang,.., mau tanya, kalau awal februari kira” pendakian dri cmoro 1000 masih dibuka nggak ya?
    trus kalau misal berangkat dri basecamp jam 11 siang kira” sampai di warung mbok yem jam berapa nggih??(pendaki pemula)
    .matur nuwun. :)

    • maaf baru bales. Pendakian gunung lawu masih dibuka terus. berangkat dari basecamp siang kalo jalannya santai paling jam 7 malam dah sampai mbok yem.

  12. Beruntung mas, menikmati alam Lawu yg indah. Jadi pingin juga aku kesana. Selagi SMA hiking gn Gede,Salak, Tangkuban prahu dan Papandayan, semua di Jabar. Skr aku udah 48 th, masih ingin ke Puncak Lawu. Kuharap masih bisa. Thx ya mas sharing nya. Sukses.

  13. Pingback: 2013 !!!! « @Aguswibisono

  14. Pingback: Page not found « @Aguswibisono

  15. Pingback: Cave Tubing di Kali Suci Gunung Kidul : Menyusuri gua dan sungai dengan menggunakan pelampung ban « @Aguswibisono

  16. bang kira-kira 22-24 desember 2012 diperbolehkan pendakian ke lawu g?
    liburan ini pengin daki gunung tapi yg pmandangannya bgus,.eh karena liat blog ini jadi pengen ksana,.

  17. Mas broo mau tanya kalo rencananya mau pendakian star dari magetan trus turun nya di tawang mangu kira kira ada medannya gak mas bro dan apa aja yang harus disiapkan trimakasih jwbnya sebelumnya

    • gak terlalu bro. berarti dari cemoro sewu turunnya cemoro kandang trus ambil jalur warga sekitar ke arah tawangmangu. sekitar pos 3 dari jalur cemoro kandang.

  18. ikut nimbrung kang, saya dari surabaya dan idul adha besok baru pertama kali “njajal” gunung lawu, doakan selamat ya kang, karena kami belum pernah ada yang menyempatkan diri kesana, trimakasih banyak infonya kang wibisono :)

  19. Ciprut pernah ke Lawu sekali doang, tidur di mbok Yem dan ndak bawa sleeping bag… adeeeeeemmm.
    Sekarang pengen kesana lagi.

  20. om, salam kenal sebeleumnya.
    saya dari boyolali cuma skrg di jkt, dan baru tau dan ada keinginan naik lawu setelah jauh dr solo.

    saya mau tanya om, kalo pendakian paling rame setiap hari apa???
    kemungkinan dari jakarta saya mau sendiri. atau memungkinkan gak kalo mendaki sendiri ke puncak lawu???

    • ramai setiap akhir pekan. apalagi bertepatan dengan malam suro atau 17an atau tahun baru. Pasti ramai dan banyak yang jualan makanan di setiap pos pendakian.
      kalo mau mendaki sendiri siapkan mental dan peralatan om. Kalo tidak mau mendaki sendiri mending pas ke sana ikut sama rombongan yang ada disana.

      • wah mantap.
        ya pengene dari jkt sendiri om hehehe, kalo di lawu ada barengan ya alhamdulillah.
        kalo peralatan alhamdulillah minimalnya sudah dapat meskipun belum lkp bgt. mental ini sedang melatih mental untuk traveling sendiri :)

        terima kasih banyak infonya om :D

    • mas bro aku jg mo ke lawu dari jogja, tapi belum tau jalur masuknya. boleh gabung tgl 25-27 itu, apa jalur pndakian udah buka, kabarx kbakaran? HP. 02141719009, FB. search Abdu Rajab.

      • ikut nimbrung kang, saya dari surabaya juga mau berangkat tanggal 26 Okt 2012 ke gunung lawu, sampai jumpa disana kang :)

  21. Wah menarik sekali ceritax gan.. .
    Rncna mw ke puncak gunung lawu dlm bulan nie.. .
    Mw tny, Pemandangan Alam G. Lawu sma Gunung Wilerang bagusan mna gan.. .
    Salam kenal anak PA dari Lamongan.. .

  22. saya pernah mendaki tapi cuma sampai sendang derajat, nah saya mau kesana lagi samapai hargo dumilah, jalan dari sendang derajat ke hargo dumilah apakah tetep 1 jalur dan tidak membingungkan?? soalnya kata temen saya yang naik ke hargo dumilah jalan jadi terpencar pencar.
    salam kenal Yan Patra dari Solo

    • memang sedikit membingungkan mas. tapi ada penunjuk jalannya. soalnya pas mau ke hargo dumilah pertemuan semua rute dari cemoro kandang, cemoro sewu dan jalur cetho. Kalo ragu mending ngikut dengan pendaki lain mas. :D

  23. Ass, saya mau tanya lagi, untuk cemoro sewu dan kandang, jalannya kan sudah setapak jelas, kemungkinan pendaki bisa tersasar tidak lewat jalur kedua tersebut, rencana kita naik lewat cemoro sewu turun cemoro kandang, bagaimana bisa bantuan jawabannya

    • kalo resiko kesasar masih ada kalo kita tidak hati2 dan mawas diri. tapi Kemungkinan besar tidak, kalo bisa membaca arah dan petunjuk.
      kalo masih ragu bisa ikut gabung dengan pendaki yang lain.
      Jalur cemoro sewu masih enak dengan jalan setapak. tapi kalo cemoro kandang ikuti jalur yang ada jangan ikut jalur pintas dan jalur terobos karena kadang bisa salah. pernah teman saya nyasar sampai tawangmangu.

  24. Ass, rencana saya dan temen2 kapela 12 naik ke lawu tanggal 24 Agustus, saya bingung lewat mana mana, cemoro sewu atau kandang, yang lebih aman sekalipun lama sampai

    • waalaikumsalam.. Naik Cemoro Sewu Saja. Lebih enak dan Santai. Sudah ada jalur setapak dan jalurnya ramai. jadi sering ketemu pendaki lainnya.

      • bisa mas. tapi kalo mau turun di candi cetho tanya dulu di pos pendakian.bisa gak turun lewat situ. dulu aku sudah lewat jalur candi cetho. kayaknya sih sekarang masih bisa.

  25. Halo salam kenal saya filo dari jakarta, rencananya mau ke puncak lawu H+1 liburan lebaran tgl 20 Agustus, karena baru pertama ke sana, apakah ada yang bisa nemani? atau ada info di mana bisa mendapatkan porter sekaligus penunjuk jalan? Oh ya kami berdua saja untuk pendakian kali ini. Kepingin banget turun lewat candi cetho. Mas Wibi ada saran?
    salam
    Filo
    0816804325

  26. Pingback: Muntilan Magelang Pasca Letusan Merapi 2010 | Agus Wibisono

  27. Pingback: Catatan Perjalanan : Pendakian Gunung Merapi | Agus Wibisono

  28. Keren banget.. Ane seminggu lagi insyaAllah mau kesana.
    Boleh tau ga agan dari pos 1 ke pos 2 berapa jam, dari pos 2 ke pos 3 berapa jam dst.? Ane perlu mengira2 waktu untuk manajemen perjalanan ane gan hehe

    • jarak antar posnya dekat. antara setengah jam sampai 1 jam perjalanan kalo lewat cemoro sewu. Sumber airnya adanya di Pos 5 dan pintu masuk cemoro sewu.

  29. sama kang, saya juga gak pernah bosan naek ke Lawu, walopun udah lebih dari 7 x, hehe :D

    salam kenal kang, saya juga dari Solo… ditunggu kunjungan baliknya :)

    • ayo diniatkan dan dilaksanakan. Mendaki gunung lawu lebih enak mbak. lebih sejuk, sumber air ada dan jalan sudah tertata dengan baik. :D

  30. om kayaknya seru, mo tanya kalo untuk pendaki pemula rutenya lawu ribet ga kalo saya naik sendiri tanpa guide ato temen, pengen naik lawu tapi sendiri, trus kira2 waktu paling pas buat naik lawu bulan apa ya bos?? thanks, salam kenal

    • bulan bulan ini sampai bulan agustus. soalnya cuacanya cerah dan gak banyak hujan.
      kalo naik sendiri mending pas waktu suro atau tujuh belasan. soalnya banyak warung makan sepanjang perjalanan, jadi gak bakalan kelaparan dan gak bikin nyasar.
      mending lwat jalur cemoro sewu. banyak petunjuk jalan dan jalan sudah tertata rapi. :D

  31. kayaknya seru deh, om kalo buat pendaki pemula tanpa guide ato temen yg pernah naik lawu kesulitan ga dengan rutenya?? pengen naik tapi sendiri aja…

    • bulan bulan ini sampai bulan agustus. soalnya cuacanya cerah dan gak banyak hujan.
      kalo naik sendiri mending pas waktu suro atau tujuh belasan. soalnya banyak warung makan sepanjang perjalanan, jadi gak bakalan kelaparan dan gak bikin nyasar.
      mending lwat jalur cemoro sewu. banyak petunjuk jalan dan jalan sudah tertata rapi.

  32. slalu memikat hati dan ikut berkelana dalam ruang nyata..selamat bro….kapan waktu pingin kesana……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s