Nikolai Tesla


Nikolai TeslaDia salah satu Engineering dan penemu favorit saya. Dia adalah Nikolai Tesla.  Penemuan penemuan sangat banyak dan telah dipatenkan. Tesla dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan merupakan salah seorang engineering terbesar dalam akhir abad ke-19 dan abad ke-20. Tesla merupakan seorang perintis elektromekanik, tanpa kabel, dan daya listrik.  Salah satu penemuannya yang bermanfaat sampai saat ini adalah penemuan arus Alternate Current (AC).

Nikola Tesla dilahirkan di Smiljan,Croatia pada tanggal 10 Juli 1856. Dia menjadi warga negara Amerika Serikat pada 1891 selagi bekerja di negara tersebut. Tesla merupakan orang yang genius. Dia mampu  memvisualisasikan Pikirannya dengan detail tanpa bantuan suatu blueprint dan perhitungan. Tesla belajar Teknik Universitas di Graz, Austria, dan University of Prague. Selain itu dia adalah orang yang penuh ide, bahkan untuk mewujudkanya dia tak jarang begadang, sampai usia lanjut waktu Tesla rata2 tidur hanya sekitar 2-3 jam, dan mayoritas dia tidur di sofa.

Alternate Current

Ia melihat program pembangkit listrik yang dioperasikan sebagai generator ketika prinsip ini dibalik, maka akan menjadi prinsip dari motor listrik, dan dari pengamatan ini ia berpikir cara menggunakan arus bolak-balik atau alternating current (AC). Berkat penemuannya kita bisa menikmati listrik yang digunakan setiap saat dan setiap waktu. Arus AC ini memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan arus DC.

Untuk mendapatkan pasokan listrik dari sumber arus AC maka Tesla juga membuat pembangkit listrik dari air terjun Niagara. Proyek mahal ini didanai oleh banyak orang tajir pada masa itu. Ketika November 16, 1896, Pembangkit dari Niagara ini mampu menyalakan listrik dari Buffalo sampai lampu jalan di New York.

Tesla Coil
Dia mendapat ide tentang High Frequency Electricity, dia mulai bereksperimen dengan bola lampu. yang menurut pikirannya bisa lebih terang dan reliable daripada lampunya edison yang cuman mengunakan 5 persen dari energi yg disupply. Eksperimennya menghasilkan apa yang kita kenal sebagai Tesla Coil.
Lampu Photorontgent
Dia juga menemukan lampu Photorontgent, lampu yang dipakai untuk X-Ray. dan dia mengambil fotonya sendiri dengan lampu itu untuk percobaannya.
Siapakah Penemu Radio Sebenarnya??
Penemuan Tesla coil, membuat hasil bahwa sinyal elektrik pada frekuensi sama bisa ditangkap dan dilipatgandakan. dan pengiriman Sinyal listrik melalui resonansi bisa dilakukan. Pada awal 1895, Tesla berhasil mengirimkan sinyal radio sampai pada jarak 50 mil. tapi saat sedang meneliti lebih lanjut potensi tersebut kecelakaan laboratorium membuat laboratoriumnya terbakar beserta temuanya. Di Inggris Seorang Itali Guglielmo Marconi meneliti tentang Wireless Telegraphy. 1896 temuannya dipatenkan di London.
Alatnya yang cuma mengunakan 2 sirkuit dengan jarak transmisi yang sangat dekat sekali. Sangat jauh bila dibandingkan dengan temaun Tesla. Setelah itu dia menyempurnakan penemuanya memakai Tesla oscillator, untuk mengirim sinyal menyebrangi selat Channel. Tesla sendiri menyelesaikan penemuanya pada 1897, dan baru diterima pihak paten pada 1900. dan paten Marconi masuk pada 10 Nov 1900 dan ditolak oleh pihak AS. kantor paten AS menyatakan radio adalah temuan Marconi. Ketika Marconi mendapat Nobel pada 1911, Tesla marah dan menuntut Marconi. Tapi kekurangan duit membuat kasus ini dimenangkan oleh Marconi. Tapi Marconi kemudian menuntut pemerintah AS karena memakai Radio tanpa izin selama Perang dunia ke 1. pemerintah USA lalu memprioritaskan penemuan Tesla terhadap Radio, dan menyatakan Marconi plagiat. sayangnya hal ini terjadi pada 1943, 4 bulan setelah Tesla meninggal.
Remote Control
1898, di Madison Square garden, Tesla mendemonstrasikan Penemuanya. Sebuah perahu yang mengapung diatas sebuah aquarium besar yang dia bilang digerakan  memakai sinyal radio melalui sebuah remote control dari kayu. Ini merupakan dasar dari Robotik, remote control dan pengendali missile. Banyak orang takjub pada penemuannya. Apalagi dia mengendalikan tanpa menggunakan kabel.
Tesla Cosmos
Di colorado Springs malam hari, Tesla mendapati transmisi di transmiternya. Dia bilang ini sepertinya dari Luar angkasa dan dia mengirim balasan yang diarahkan ke planet Mars. Pada 1899 para ilmuwan tidak mempercayainya Tapi frekuensi yang diterima tesla sekitar 1610.6 Mega Hertz. merupakan frekuensi yang dipancarkan semua material kosmis diatas suhu -459 derajat Farenheit.
*****
Itulah dia ilmuan, engineer dan penemu favorit saya. Banyak sekali penemuannya yang lain. Bagaimana menurut anda??




Sumber dan referensi
About these ads

20 thoughts on “Nikolai Tesla

  1. Pingback: 5 Fakta Salah Yang Diajarkan Disekolah « nig4nku

  2. Wah…baru tau ada nie ilmuan…
    gara2 browsing cari artikel “prinsip tesla coil” buat nguatin sinyal hp gsm yg lemah..

    @ ts..nice artikel gan
    ^_^

  3. wogh,ternyata itu idolamu..:), dunia maya seperti sinyal hape,internet,frekuensi radio adalah penemuan yg berhasil membuat peradaban baru. yakni dunia maya,bahkan kita sering lupa bahwa sehari2 kita hidup berdampingan dengan mereka,ada sinyal bertebaran dimana2 :)..IMHO

  4. di sini sy belajar bhw ternyata penemu2 dulu itu ternyata sudah terbiasa untuk mempatenkan karyanya

    kupikir selama ini mereka itu murni share for human being.

    kira2, apa keluarga thomas edison, tesla dan penemu2 lainnya itu smpai skrg masih menerima duit atas paten nya g ya??

    • saya tidak tahu itu.. tapi rata rata penemu dulu menurutku murni untuk ilmu pengetahuan.. Tapi juga butuh modal untuk melakukan penelitian itu. salah satunya melalui paten..

  5. Wah, mantab ya… cuma, nama Tesla tidak setenar para penemu di bidang science dasar, seperti Pak Eisntein dan kawan2. Padahal tdk kalah fenomenal ya.

  6. Join this Group “United against Facebook’s ridiculing Prophet(P.B.U.H)
    Islam & now Holy Quran

    http://millatfacebook.com/group/united-against-facebook-ridiculing-prophet-pbuh-islam-and-now-quran/

    1. I hope you will do this , it takes not more then 2 minutes or 5 minutes if you have very slow internet connection. I think it is a nice idea to have alternative social site for the muslim people.
    This is an excellent effort by Muslims. I will request to all of my friends to join this social site, which is purely our own.
    From
    Raza

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s