Kamus Besar Bahasa Indonesia


Pernah dengarkah anda mengenai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)?? Terutama anda yang dari kalangan akademis dan sastra pasti kamus ini menjadi acuan untuk penulisan kata-kata baku. Selain itu dari kamus tersebut kita bisa mengetahui makna dan arti dari sebuah kata berbahasa Indonesia. Kamus ini yang menjadi pedoman yang paling tinggi berbahasa Indonesia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI ini pertama kali terbit saat 28 Oktober 1988 saat Pembukaan Kongres V Bahasa Indonesia yang disusun oleh yang disusun oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Sampai saat ini (2010), KBBI sudah mengalami empat kali revisi  yaitu pada tahun 1988, 1991, 2005, dan 2008. Yang sekarang sudah memuat sampai 90.000 daftar.

Selama masa tugas akhir saya dalam menempuh gelar S1 Teknik Industri, skema penulisan dan tata bahasa saya juga harus mengacu pada kamus besar tersebut. Mungkin anda yang bergerak di bidang lain juga masih bergantung pada kamus tersebut.

KBBI Online

KBBI yang berbentuk buku kamus memang begitu tebal. Halaman yang terdapat dalam buku tersebut bisa mencapai ribuan lembar.  Bayangkan jika kita harus membawanya kemana-mana. Pasti berat. Seiring dengan perkembangan teknologi, KBBI ini juga mengalami evolusi. KBBI bisa diakses dengan internet. Hasilnya pun menjadi praktis. Kita tinggal memasukkan kata pencarian.

Adapun alamat untuk KBBI online ini bisa diakses di :

1. KBBI DARING —-> KBBI online resmi dari DIKNAS.

2. KAMUS BAHASA INDONESIA.ORG —-> KBBI versi tidak resminya.

KBBI Offline

Bagi yang jarang online dan koneksi intenet yang terbatas, Anda juga masih bisa menggunakan KBBI secara online di komputer anda. Program ini merupakan program opensource bernama StarDict. Adapun seorang programmer Indonesia telah membuat database versi offline-nya dari situs KBBI Online. Saya juga sudah menggunakannya dan bermanfaat dalam mengerjakan tugas akhir saya. Bagi yang ingin meng-install-nya bisa mencobanya di sini

Seringkah anda menggunakan kamus ini?? Bagaimana menurut anda??

~Wibisono~

About these ads

One thought on “Kamus Besar Bahasa Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s