Telaga Sarangan


Suasana pegunungan yang sejuk. Udara yang bersih dan jarang dari polusi. Sebuah telaga yang berada di lereng gunung Lawu. Lebih tepatnya berada di daerah Plaosan, Magetan. Sebuah telaga yang tenang. Di kelilingi oleh indahnya pemandangan pegunungan. Tidak hanya itu air danau yang tenang, pantulan panorama gunung yang terpantul di permukaan telaga Sarangan dan kabut yang seketika datang membuat hati terasa sejuk ketika berkunjung ke telaga Sarangan.

Ini kedua kalinya saya berwisata ke telaga Sarangan. Kunjungan pertama saya saat itu backpackeran menuju Sarangan. Wisata saya yang kedua ini menunjukkan tidak ada yang berubah sama sekali di Sarangan.  Baik suasana maupun kondisinya. Namun kunjungan saya yang kedua ini merupakan undangan gratis dari dosen pada setelah menjadi panitia Sertifikasi pengadaan barang dan jasa.  Kunjungan saya kali ini menginap di sebuah villa selama dua hari satu malam.

Telaga Sarangan ini terletak di Plaosan, Magetan. Anda bisa menuju telaga Sarangan dengan melalui Tawangmangu, Karanganyar atau bisa melalui jalur dari Magetan. Telaga ini berjarak 16 kilometer dari arah barat Magetan. Pemandangan di perjalanan menuju Sarangan ini juga bagus. Anda juga bisa menikmati obyek wisata air terjun yang tidak jauh dari lokasi telaga Sarangan. Pintu masuk air terjun ini berada di dekat tugu bekas pesawat terbang.

Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar. Jarak yang diperlukan untuk mengelilingi telaga ini sekitar 2 kilometer lebih. Tidak disarankan bagi yang ingin mengitari dengan jalan kaki. Namun jalan kaki juga mempunyai  kenikmatan tersendiri. Alternatif lain yang ingin mengeliling telaga Sarangan bisa menaiki Speed boat atau naik Kuda. Tarifnya jika naik speedboat sekali putar yaitu sekitar Rp40.000 dan naik Kuda sekitar Rp30.000. Setelah anda puas berkeliling anda bisa memesan sate Kelinci dengan harga Rp7.000. Makanan lain yang bisa diperoleh yaitu nasi Pecel. Namun saya tidak tahu berapa harganya.

Di sekitar telaga Sarangan anda bisa membeli sayur-mayur khas Sarangan dengan harga yang murah, seperti Wortel, Alpukat, Ubi, bawang dan lain-lain. Souvenir khas Sarangan banyak terdapat disini. Anda bisa membeli sebagai oleh-oleh. Namun pada saat saya di situ tidak membeli apa-apa untuk oleh-oleh.

About these ads

2 thoughts on “Telaga Sarangan

  1. Pingback: Telaga air Sarangan : Telaga dibawah kaki gunung Lawu | @Aguswibisono

  2. Pingback: Catatan Perjalanan : Pendakian Gunung Merapi | Agus Wibisono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s